Sukses

Chef WillGoz Bocorkan Resep Sukses Bikin Pancake

Pancake itu resep sederhana yang butuh trik agar bisa sukses.

Liputan6.com, Jakarta - Pancake, salah satu menu sarapan yang sebenarnya simpel dibuat. Tapi, tak sedikit yang gagal mengolahnya lantaran tak tahu triknya.

Chef William Gozali yang akrab disapa WillGoz itu membocorkan rahasia membuat pancake anti-gagal. Hal itu dimulai dari membuat adonan.

Pilihlah tepung terigu protein sedang. Kenapa? "Tepung terigu ada tiga jenis, yang protein rendah, sedang, dan tinggi. Pengaplikasiannya, kalau rendah untuk dapatkan tekstur crumbly seperti buat biskuit. Sedangkan, tepung terigu sedang itu pas untuk beragam gorengan, mau gorengan kering maupun basah, termasuk pancake," ujarnya dalam jumpa pers virtual #BermulaDariNutella, Kamis, 19 November 2020.

Saat membuat adonan pancake, tambahkan susu sedikit-sedikit ke dalam terigu yang sudah dicampur bersama telur dan baking soda-baking powder. Tujuannya agar mendapat konsistensi yang pas. Jangan terlalu cair karena jatuhnya akan membuat adonan crepes.

"Kalau bisa bentuk angka delapan, itu berarti sudah pas," terang WillGoz.

Berikutnya, adonan yang hampir jadi ditambahkan minyak. Minyak apa pun boleh, takarannya cukup satu sendok makan. Setelah itu, adonan siap untuk diolah di atas wajan teflon. "Teflonnya wajib, supaya enggak lengket," kata dia.

WillGoz mengingatkan, agar tidak menuangkan minyak ataupun mentega di atas teflon. Itu rahasia agar permukaan pancake terlihat bagus. "Kita enggak mau ada noda sedikit pun. (Kalau pakai minyak) surface pancake enggak bagus, enggak kaya di restoran. Spot-nya cokelat-cokelat gitu," sambungnya.

Terakhir, api yang digunakan jangan terlalu panas. "Kalau terlalu panas, permukannya jadi terlalu cokelat, tetapi di dalamnya belum matang," jelasnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buah Pendamping

Meski enak dimakan langsung, pancake tetap kurang lengkap tanpa topping. WillGoz kali ini memadukan selai kacang dengan sejumlah buah-buahan.

Buah pertama adalah pisang. Ia mengatakan pisang dan selai kacang adalah pasangan yang tak akan bisa dipisahkan. Saling melengkapi satu sama lain.

Berikutnya adalah buah yang bercita rasa asam manis. "Ini untuk balance rasa Nutella yang hazelnut banget," ujarnya.

Seperti apa bahan-bahan membuat pancake?

-200 gram terigu protein sedang

-1 telur

-1 sdt baking soda

-1/2 sdt baking powder

-150 ml susu

-Stroberi

-Pisang

-Hazelnut

-Nutella

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.