Sukses

Ini Langkah Tepat Memandikan Kucing Biar Bersih

Berikut cara memandikan kucing dengan benar.

Liputan6.com, Jakarta Merawat kucing merupakan tantangan tersendiri bagi seseorang. Apalagi bagi mereka yang baru pertama kali pelihara hewan imut tersebut. Salah satu perawatan agar kucing bersih dan sehat ialah rutin memandikannya. Selain agar bersih, rutin memandikan kucing bisa membuat bulu lebih lebat dan harum.

Langkah ini bisa dibilang sangat susah bagi mereka yang baru pertama kali pelihara hewan tersebut. Tak sedikit, saat kucing dimandikan hewan tersebut berontak dan tak mau kena air. Alhasil, mereka akan kabur atau mencakar tangan Anda. Solusinya, Anda harus memandikannya di petshop.

Padahal, jika kamu cermati, memandikan kucing itu mudah lho. Dilansir Liputan6, berikut cara memandikan kucing dengan benar.

Pilih waktu yang tepat

Sebelum memandikannya, kamu perlu mengetahui modd sang kucing, jika sedang senang karena habis makan, kamu bisa melakukan proses memandikannya.

Ada baiknya, kamu memandikan kucing seminggu sekali. Tetapi, apabila kucing kamu nampak kotor dan terlihat banyak kutu ditubuhnya segeralah dimandikan agar kucing tidak kutuan.

Pakai sampo kucing

Saat dimandikan, gunakan sampo khusus kucing yang bisa kamu dapatkan di toko petshop. Sebelumnya, kamu bisa basuh kucing dengan air hangat. Selain itu, pastikan bahwa sampo yang kamu gunakan harum ya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Oleskan sedikit sampo ke tubuh kucing

Setelah kamu basuh dengan air hangat, berikan sampo secukupnya saja. Ingat, jangan terlalu kebanyakan. Gosokkan busa ke tubuh kucing sampai ke ekor. Jangan lupa bagian bawah dan leher, seperti kaki kucing.

Layaknya, manusia, jangan sampai sampo terkena mata kucing kesayanganmu. Saat memandikan kucing diusahakan jangan sampai mengenai telinga kucing, karena kucing sangat tidak suka ada air atau benda masuk ke telinganya. Setelah itu, kamu bisa bilas air hangat dan keringkan.

Gosok kucing kamu dari kepala hingga kaki dengan handuk yang lembut. Setelah itu, keringkan kucing kamu di ruangan yang hangat dan jangan biarkan dia keluar sampai dia benar-benar kering.

Agar lebih cepat, kamu bisa menggunakan blower pengering rambut untuk kucing. Keringkan ke semua bagian tubuh kucing, agar tubuhnya hangat dan tidak lembab.

Kalau sudah begitu, kamu tinggal memberinya makanan yang sehat dan bergizi. Agar tumbuh kembang si kucing lebih bagus lagi.

Bicara makanan, kamu bisa memberikan Muezza, selain sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand, makanan kucing ini memiliki pilihan rasa yang lezat dan penuh nutrisi dari Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

 

(*)

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.