Sukses

Perjuangan Alicia Keys Atasi Kecanduan Pakai Makeup

Alicia Keys sudah empat tahun terakhir tak lagi memakai makeup, baik untuk pekerjaan maupun keseharian.

Liputan6.com, Jakarta - Sulit rasanya melepaskan keterkaitan makeup dengan industri hiburan dunia. Namun, penyanyi Alicia Keys mampu mendobraknya. Pelantun If I Ain't Got You ini terhitung telah empat tahun lamanya berhenti memakai makeup.

Dilansir dari laman Today, Senin (16/11/2020), Alicia memilih istirahat setelah menyadari menjadi ketergantungan pada makeup untuk membuatnya merasa percaya diri. Hal ini ia ungkapkan lewat sebuah wawancara teranyar dengan Glamour UK.

"Riasan adalah hal yang penting bagi saya. Saya telah memakainya sejak berusia 16 tahun," kata Alicia.

Perempuan berusia 39 tahun itu melanjutkan, ketika ia terjun ke dunia musik, mengenakan makeup adalah hal yang ia lakukan setiap hari untuk tampil di televisi atau syuting. Alicia melakukannya karena ia pikir hal itulah yang harus dilakukan.

"Dan saya menyadari saya menjadi kecanduan. Saya tidak merasa nyaman tanpanya (makeup)" lanjut penyanyi dan penulis lagu kelahiran New York ini.

Sebelumnya, Alicia mengejutkan penggemar setelah ia berhenti memakai makeup pada 2016 lalu. Di tahun yang sama, ibu dua anak ini juga memulai kampanye bertajuk 'No Makeup' di media sosial.

Alicia memiliki alasan tersendiri atas keputusan besar yang ia buat. Kepada Today pada 2016, Alicia mengambarkan pilihan untuk berhenti memakai makeup sebagai opsi yang memberdayakan dan membebaskan.

"Kami menempatkan begitu banyak batasan pada diri kami sendiri. Kami membatasi satu sama lain. Masyarakat membatasi kita. Dan dalam banyak hal, saya muak. Sejujurnya, saya sudah mengatasinya," kata Alicia.

Terlepas dari keputusannya, Alicia menyebut menyukai makeup. "Saya suka makeup! Saya suka lip gloss saya, saya suka blush on saya, saya suka eyeliner saya. Bukan tentang itu," jelasnya.

"Pada saat yang sama, saya tidak ingin merasa terikat harus melakukannya," tambah Alicia Keys.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kekuatan Alicia

Kepada Glamour UK, Alicia menyebut, tekanan untuk mencoba membuatnya mengenakan hal-hal yang lebih bergaya yang sebenarnya bukan dirinya dan tidak akan pernah jadi bagian dalam dirinya. "Bahkan saat saya tumbuh sekarang, dan dapat benar-benar merasa nyaman dalam berbagai cara dan gaya, saya tetaplah diri saya. Jadi, saya senang karena saya cukup kuat sejak awal," jelasnya.

Sementara, dalam waktu dekat, istri Swizz Beatz ini akan meluncurkan brand kecantikan dan gaya hidup miliknya bernama Keys Soulcare. Ia menyebut pada Glamour UK akan selalu menyukai perawatan kulit.

"Saya selalu memiliki waktu yang menantang dengan kulit saya dan harus memikirkan cara mengelolanya, dan menjadi sorotan," tutur Alicia.

Ia tidak ingin terus menerus ada di dalam siklus untuk memakai makeup untuk menutupi benjolan dan bekas luka. "Karena saya memakai makeup di bawah lampu yang panas, ada lebih banyak benjolan dan bekas luka. Saya merasa seperti harus menyembunyikan semuanya dan saya merasa sangat sadar diri," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.