Sukses

Anjing yang Pernah Bertugas untuk Presiden ke-41 AS Dibuatkan Patung Perunggu

Anjing bernama Sully setia menemani Presiden ke-41 AS George H. W. Bush hingga akhir hayatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan anjing pelayan Presiden ke-41 Amerika Serikat George H. W. Bush bernama Sully, dibuatkan sebuah patung. Adapun peresmian patung tersebut dilaksanakan pada Selasa, 10 November 2020 untuk menghormati Hari Veteran.

Dilansir dari laman People, Kamis, 12 November 2020, karya seni ini terbuat dari perunggu hasil karya pematung ternama Susan Bahary. Patung Sully tersebut ditempatkan di luar kampus America's VetDogs di Smithtown, New York.

America's VetDogs adalah sebuah organisasi nirlaba yang membiakkan, melatih dan menempatkan anjing pelayan dengan veteran secara gratis. Organisasi ini melatih Sully dan mencocokkannya dengan sang mantan presiden pada Juni 2018 lalu.

Sully dan Presiden ke-41 AS menjalin persahabatan yang erat selama enam bulan. Atas pengabdiannya, Sully tetap jadi sorotan bahkan setelah Bush meninggal dunia pada akhir November 2018.

Patung Sully di America's VetDogs adalah yang kedua. Bahary membuat bagian serupa dari anjing pelayan untuk Perpustakaan dan Museum Kepresidenan George Bush di College Station, Texas, yang memakan waktu tiga bulan untuk menyelesaikannya.

Sang pematung turut hadir dalam acara peresmian patung baru tersebut. Patung menampilkan Sully dalam posisi duduk sembari mengigit tali di mulutnya dan mengenakan rompi anjing dinas resmi America's VetDogs, termasuk Lambang Negara AS di bagian belakang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Reuni Manis

Saat acara peresmian berlangsung, Sully juga turut hadir dan sabar berpose di sebelah patung perunggunya untuk berfoto. Selain itu, Sully kini memiliki pekerjaan sebagai facility dog di Walter Reed National Medical Center di Bethesda, Maryland.

Dalam posisi ini, bertugas menghibur para veteran dan keluarga saat berada di pusat medis. Meski memiliki tugas baru, Sully tak melupakan waktu bersama keluarga Bush.

Pada Hari Veteran, sang anjing video call dengan Jenna Bush Hager dan putrinya, Poppy Louise dan Mila. "Halo anjing kecil, aku ingin memelukmu," kata Poppy secara virtual.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.