Sukses

7 Kunci Turunkan Berat Badan Tanpa Puasa dan Olahraga Berat

Beberapa kunci guna menurunkan berat badan ada di pola dan cara makan. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Diet dan olahraga menjadi solusi utama yang dapat dilakukan guna mendapatkan tubuh bugar. Upaya menurunkan berat badan tak jarang hadir dengan langkah yang sangat membatasi dan melelahkan.

Kendati demikian, ada beberapa kiat guna menurunkan berat badan dapat terasa lebih mudah. Sebut saja dengan tanpa berpuasa dan menjalani olahraga yang berat, namun lebih berfokus pada pola dan cara makan.

Lantas, apa saja tipsnya? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari laman Times of India, Rabu, 11 November 2020 berikut ini.

1. Kunyah makanan dengan baik

Satu aturan sederhana dalam menyantap makanan Anda, terutama jika bertujuan untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengunyah makanan dengan baik. Mengunyah membutuhkan waktu dan karena itu juga membuat Anda makan dengan

Selain itu, saat melakukannya, Anda juga memberi waktu pada tubuh untuk mencatat bahwa Anda baru saja makan, membuat Anda merasa kenyang dan kenyang. Hal ini pada gilirannya menghentikan makan berlebihan, yang adalah salah satu masalah utama penambahan berat badan.

2. Gunakan piring kecil

Saat berbicara soal makanan, memeriksa ukuran porsi sangat penting. Meski Anda mungkin tidak sedang diet, beralih ke piring kecil dapat menghasilkan keajaiban. Selain mengurangi asupan makanan, juga akan membuat Anda merasa kenyang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

3. Minum banyak air sebelum makan

Saat Anda lapar dan merasa bisa makan apa saja, itulah saatnya Anda harus waspada dan menghindari makan berlebihan. Saat itulah Anda dapat mencoba peretasan penurunan berat badan yang mudah ini.

Yang perlu dilakukan hanyalah minum banyak air sebelum makan. Hal ini tidak hanya akan mengurangi keinginan Anda, tetapi juga membuat Anda merasa kenyang, itulah sebabnya Anda akan makan lebih sedikit.

3 dari 6 halaman

4. Jangan makan berlebihan

Begitu Anda mulai mengawasi semua waktu Anda makan berlebihan, Anda akan menyadari berapa banyak kalori yang telah Anda konsumsi selain dari makanan biasa. Karena itu, kurangi makan berlebihan dan Anda akan melihat perubahan positif dalam waktu singkat.

4 dari 6 halaman

5. Katakan tidak untuk stres

Stres dan kecemasan dapat menjadi pemicu aktif untuk makan berlebihan dan tidak teratur, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan. Hal ini melepaskan hormon yang disebut kortisol yang memiliki kecenderungan untuk meningkatkan nafsu makan dan dapat membuat Anda makan berlebihan, terutama makanan yang tinggi kalori.

Maka dari itu, jika Anda merasa berat badan Anda naik banyak akhir-akhir ini, perhatikan tingkat stres Anda. Lalu, lakukan aktivitas positif yang akan meringankan suasana hati.

5 dari 6 halaman

6. Tidur yang cukup

Kurang tidur tak jarang dapat menyebabkan penambahan berat badan. Terbukti, jika menyangkut obesitas dan kenaikan berat badan yang tidak dapat dijelaskan lainnya, ini berkaitan erat dengan ketidakseimbangan hormon yang dapat dipicu oleh kurang tidur. Karena itu, berikan diri Anda istirahat dan tidur yang cukup.

6 dari 6 halaman

7. Saat lapar, makanlah camilan sehat

Ada banyak alternatif untuk makan atau ngemil. Jika Anda adalah seseorang yang suka makan sesuatu secara berkala, Anda dapat menggunakan camilan sehat seperti buncis, kacang tawar, buah-buahan beku, dan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.