Sukses

Aksi Seminggu Berbagi, Ajak Masyarakat Peduli Masalah Sosial dalam 7 Minggu Terakhir 2020

Menggandeng 10 komunitas sosial dan tiga donatur utama, program ini dimulai pada momentum 11.11 melalui aplikasi Campaign #ForChange.

Liputan6.com, Jakarta - Tepat di momentum 11.11, tak hanya berbelanja, Campaign.com juga ingin mengingatkan masyarakat untuk tidak lupa saling berbagi dan membantu sesama yang membutuhkan. Menjelang berakhirnya 2020, mereka merilis program “Aksi Seminggu Berbagi” untuk mendukung komunitas terpilih lewat aksi masyarakat dan donatur.

Campaign.com merupakan sebuah platform yang berperan menghubungkan individu, komunitas, dan sponsor yang sama-sama peduli terhadap isu sosial dalam masyarakat. Kali ini, mereka mengajak masyarakat terutama anak muda untuk bersama-sama memaknai tujuh minggu terakhir pada 2020 dengan berpartisipasi dalam aksi sosial guna mengaktifkan gerakan donasi bagi 10 komunitas sosial tergabung.

Bukan dalam bentuk materi, partisipan dapat bergabung dengan mengikuti berbagai tantangan yang dihadirkan dalam aplikasi Campaign #ForChange. Hanya dengan menyelesaikan beragam tantangan yang ada dalam aplikasi, nantinya aksi tersebut akan dikonversikan menjadi donasi sebesar Rp10 ribu hingga Rp20 ribu per program yang terselesaikan.

"Pandemi Covid-19 telah memengaruhi banyak aspek, termasuk para komunitas sosial ini. Kami memikirkan cara lain untuk membantu komunitas, yakni bagaimana aksi sosial online bisa lebih diperhitungkan dan dihargai oleh para donatur. Kelemahan aksi online adalah sistem tracking-nya, itulah mengapa kami membuat aplikaso Campaing #For Change dengan konsep social tracker," papar William Gondokusumo, CEO Campaign.com, dalam acara Kick-off Aksi Seminggu Berbagi, Rabu, 11 November 2020.

Ia mengungkapkan bahwa aplikasi tersebut dapat membantu penggunanya untuk mengukur dampak sosialnya. Selain itu, para donatur juga dapat melihat seberapa besar dampak sosial yang dihasilkan setiap program, termasuk “Aksi Seminggu Berbagi” ini. Inisiatif ini dilengkapi dengan satu minggu edukasi tentang isu sosial melalui Instagram Live Campaign_id bersama 10 komunitas sosial tergabung.

Komunitas sosial yang tergabung terdiri dari SOS Children’s Village, #ISmile4You, BINE, Dissoilogoi.id, dan juga Family Farm LINTAU. Ada pula komunitas Garis Hitam Project, Life Learner, Teruntuk Project, Thirst Project Indonesia, serta AMSA Indonesia. Semua komunitas tergabung ini juga berasal dari latar belakang isu sosial yang berbeda-beda pula.

Fokus isu yang diusung tersebut, misalnya tentang hak anak, HAM, toleransi, kesehatan reproduksi, hak-hak penyandang disabilitas, kesehatan mental, dan lain sebagainya. Selain menyertakan 10 komunitas sosial sebagai target donasi, program ini juga tak luput dari dukungan para donatur lembaga swasta, seperti Danpac Pharma, Sensitif Vivi, dan Musim Mas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersama Wujudkan Misi Sosial

Novi Tandjung, Deputy Director of Fund Development & Communications SOS Children’s Village, juga menyambut baik kerja sama mereka dengan Campaign.com tahun ini guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebutuhan sesamanya yang membutuhkan. Hingga saat ini, mereka telah mendampingi 5.500 anak dan 2.400 keluarga rentan, serta 60 komunitas dampingan yang tersebar di 11 kota dari Aceh, Palu, hingga Flores.

"Lewat kampanye ini, kami ingin mengajak lebih banyak lagi publik untuk peduli, kemudian tentunya mereka tahu dan menyadari tentang pentingnya dukungan bagi pendidikan dan kesehatan anak-anak. Mudah-mudahan nantinya juga bisa ikut berdonasi dalam program ini," imbuhnya.

Novi mengatakan bahwa aksi sosial secara daring lewat aplikasi Campaign #ForChange dapat sangat membantu komunitas mereka menebar kebaikan, yang mana melibatkan banyak anak muda melalui aksi sederhana yang nantinya dikonversikan menjadi donasi. Hasil donasi yang terkumpul kemudian akan digunakan untuk menunjang akses kesehatan dan pendidikan yang memadai, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona, serta mendukung kesehatan mental dan psikososial anak.

Yoevan Wiraatmaja, CEO Danpac Pharma, menambahkan bahwa penting bagi semua sektor swasta ikut bergerak aktif dalam misi sosial. "Saya rasa sektor swasta harus memiliki misi sosial, tidak hanya komersil. Kami sendiri punya semangat mendukung komunitas lokal, sesuai misi kami untuk menghadirkan alat-alat kesehatan produksi lokal," katanya.

Baginya, kehadiran Campaign.com dengan program “Aksi Seminggu Berbagi” ini dapat menjadi jembatan antara sektor swasta dengan komunitas yang memiliki misi dan misi yang saling bersinggungan. Misalnya, secara khusus pada inisiatif ini, Danpac Pharma mendukung AMSA Indonesia terkait edukasi mengenai HIV/AIDS.

"Kami juga ingin menginspirasi sektor swasta lain untuk memberikan dampak sosial yang lebih luas melalui kolaborasi seperti ini," tutupnya. (Brigitta Valencia Bellion)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.