Intip Rahasia Cokelat Belgia yang Bikin Kamu Terkejut

Oleh Gilar Ramdhani pada 25 Nov 2020, 00:00 WIB
Diperbarui 25 Nov 2020, 18:54 WIB
Intip Rahasia Kesehatan Dibalik Cokelat Belgia yang Kamu Nikmati
Perbesar
Credit: Shutterstock.

Liputan6.com, Jakarta Predikat cokelat sebagai cemilan terbaik yang ampuh mengusir bad mood dan bikin orang lebih happy nggak perlu diragukan lagi. Apalagi kalau ngomongin cokelat Belgia, banyak sekali orang yang memfavoritkan jenis cokelat ini.

Salah satu hal yang membuat coklat Belgia menjadi juara internasional adalah coklat Belgia masih menggunakan 100 persen cocoa butter. Produsen cokelat lain kerap mengganti lemak kakao dengan lemak nabati jenis lain, sehingga penggantian tersebut mempengaruhi rasa cokelat dan menurunkan kualitas produk secara keseluruhan. Namun tersebut tidak terjadi pada coklat asli dari Belgia.

Di balik rasa manis dan pahit yang memikat lidah, cokelat Belgia ternyata baik untuk kesehatan lho! Cokelatnya kaya akan mineral, seperti zat besi, magnesium, dan seng. Kakao yang ada dalam cokelat hitam juga mengandung flavonoid yang menawarkan banyak manfaat kesehatan.  

Berikut deretan fakta menarik cokelat Belgia seperti dikutip laman Get Help Care Tips berikut ini:

1. Turunkan Kolesterol Jahat

Dalam cokelat Belgia, terdapat senyawa tertentu, seperti theobromine, dan polifenol yang membantu menurunkan kadar low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

2. Turunkan Tekanan Darah

Flavonoid yang ada dalam cokelat Belgia merangsang produksi oksida nitrat yang kemudian menyebabkan pelebaran pembuluh darah, atau membuatnya melebar dan meningkatkan aliran darah dengan menurunkan tekanan darah.

3. Efek Anti Inflamasi

Ketika tubuh merespons kuman dan agen berbahaya lainnya, maka hal itu dapat menyebabkan peradangan. Peradangan kronis dapat merusak sel dan meningkatkan risiko penyakit, seperti diabetes, radang sendi, dan juga kanker. Kandungan flavonoid di dalamnya cokelat Belgia dapat diandalkan sebagai makanan anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi peradangan.

4. Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Kandungan flavonoid (epicatechin, catechin, dan procyanidins) dalam cokelat terbukti mengurangi penyumbatan aliran darah ke otot jantung sehingga mengonsumsi cokelat berperan untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Kandungan Antioksidan

Cokelat Belgia terdiri dari beberapa elemen yang memiliki sifat antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol. Antioksidan membantu menetralkan radikal bebas yang menghasilkan pencegahan stres oksidatif. Stres oksidatif bisa terjadi karena adanya ketidakseimbangan radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan.

6. Baik untuk Fungsi Otak

Makan coklat Belgia juga membantu dalam meningkatkan otak dengan melawan situasi neurodegeneratif, kondisi seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2018 menunjukkan adanya flavonoid dalam cokelat hitam dan meningkatkan neuroplastisitas, yang menunjukkan kemampuan otak untuk menyusun kembali respons terhadap penyakit dan cedera.

Manfaat mengonsumsi Cokelat Belgia semakin besar karena dapat meningkatkan kognisi, mencegah kehilangan memori dan meningkatkan mood Anda.

Menikmati cokelat belgia juga bisa dari berbagai bentuk yakni mengonsumsi cokelat batangan, cokelat selai, coklat cair, dan juga cokelat bubuk. Salah satu minuman coklat bubuk dengan rasa Belgian Chocolate di Indonesia yang rasanya enak adalah Chocodrink.

 

ChocoDrink
Perbesar
ChocoDrink Belgian Chocolate Taste.

Chocodrink memiliki keistimewaan aroma cokelat yang khas dan rasanya nikmat. Dapat disajikan dingin atau panas sesuai dengan mood Anda saat itu. Minuman Chocodrink ini ampuh meningkatkan bad mood menjadi good mood, bahkan dari good mood menjadi better lho!

Minuman coklat memang terkenal paling tepat dimanfaatkan sebagai “short getaway” Anda dari aktivitas seharian yang padat maupun karena sudah stress di rumah. Chocodrink dengan coklat asli belgianya menjadi pilihan yang pas karena dari hasil survei, 9 dari 10 anak muda setuju bahwa Chocodrink dari Wings Food rasa cokelatnya lebih terasa dan manisnya pas. Cokelat Belgianya meleleh di mulut.

Chocodrink bisa didapatkan di toko terdekat dan Tokopedia Wings Official Store yah. Ikuti juga akun Chocodrink di Instagram @chocodrink.id atau klik di sini untuk tau fakta-fakta seputar cokelat lainnya.

Demikian fakta-fakta kesehatan soal Cokelat Belgia yang ternyata sangat berpengaruh bagi kesehatan baik tubuh maupun mental manusia dan wajib kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

 

(*)