Sukses

Indahnya Berbagi ala Mantan Driver Ojek Online yang Kini Punya 3 Outlet Makanan

Sebelum jadi pengusaha makanan, Dodi tahu betul bagaimana suka duka saat menjadi driver ojek oline.

Liputan6.com, Jakarta - Kisah sukses nan menginspirasi banyak terlahir dari mereka, para pejuang di dunia usaha yang tak lelah berupaya. Industri kuliner satu di antaranya, yang coba dijajal oleh seorang mantan driver ojek online di Bandung, Jawa Barat, bernama Dodi Sandra.

Pemilik Pempek Pistel Kiarin ini tergabung sebagai salah satu merchant UMKM di aplikasi antar-makanan daring, GoFood. Buah manis dari usaha Dodi, begitu ia akrab disapa, tidak lepas dari dukungan Gojek yang memfasilitasinya untuk memulai langkah dalam menjalankan bisnis kuliner ini.

Semua bermula pada 2017 lalu, saat Dodi menjadi seorang mitra driver GoRide. Dua tahun kemudian, tepatnya di akhir 2019, ia mendapat kesempatan mengikuti pelatihan kewirausahaan GoFood.

Tak berhenti sampai di sana, pada hari itu juga dikatakan Dodi, ia mendapat merchant GoFood secara gratis dan diberi modal tanpa harus menyicil secara cuma-cuma. Setelah tiga bulan beroperasi, tak dapat dipungkiri Dodi bahwa ia mengaku sempat kebingungan untuk menjalankan usaha ini.

"Sampai saya menemukan Komunitas Partner GoFood (Kompag), sana saya mendapatkan banyak sekali ilmu yang bermanfaat buat kemajuan outlet saya. Di sana saya bisa belajar fotografi, belajar promosi," kata Dodi dalam bincang secara virtual, Rabu (11/11/2020).

Masih masa tiga bulan setelah membuka usaha, pandemi corona Covid-19 melanda Indonesia. Di masa krisis ini pula, Dodi tergerak untuk berbagi kepada para driver ojek online, mengingat ia tahu betul bagaimana suka duka kala menjadi salah seorang mitra driver pada 2017 lalu.

"Mungkin background saya sebagai mitra driver, saya sangat tahu kondisi di jalan kayak gimana, suka dan dukanya seperti apa. Saya terpikir menyediakan kopi secara gratis, air mineral gratis," ungkap Dodi.

Dikatakannya, hal tersebut dibagikan kepada para driver ojek online yang datang ke outlet makanannya. "Mau mereka bawa pulang, mau minum di sana, itu gratis. Sekecil apapun yang kita beri itu sangat berarti buat driver apalagi pas masa pandemi," lanjutnya.

Sebelumnya, di Kota Kembang sempat ada pembatasan wilayah yang membuat layanan GoRide tidak dapat beroperasi untuk sementara waktu. Hal ini turut berimbas pada penghasilan para driver ojek online yang otomatis menurun.

"Tidak bisa menarik GoRide, cuma bisa GoFood otomatis penghasil berkurang. Saya mencoba sedikit membantu jadi bagi-bagi masker, makanan, nasi boks di sana juga," tambah mantan driver ojek online itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buka 3 Outlet Makanan

Meski menjalankan usaha di masa pandemi, Dodi mampu membuktikan ia tak hanya bertahan, tetapi dapat mengembangkan usaha kulinernya. Dalam waktu kurang dari setahun, ia telah membuka tiga outlet makanan.

Pertama adalah dibukanya restoran Pempek Pistel Kiarin, di sana ia menambahkan menu yang sekiranya diminati oleh pelanggan, seperti cireng isi dan juga ayam. Bak gayung bersambut, ternyata pasar merespons positif.

Outlet makanan kedua yang dibuka Dodi adalah Ayam Black Sweet. Nama ini dipilih sebagai nama yang unik dan juga dapat melekat di hati pelanggan. Menu utama di restoran ini adalah ayam kecap kacang.

Lalu outlet ketiga adalah Cireng Isi Mercon yang berawal dari merchant ayam yang kemudian turut ditambahkan menu cireng isi dan pelanggan banyak yang menyukai menu tersebut. Cireng yang dihadirkan juga beragam, dari cireng isi ayam pedas, original, sampai cireng keju.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.