Sukses

Warganet Bekasi Buka Warung Makan Gratis di Tengah Pandemi

Garasi rumah diubah menjadi warung makan dadakan di masa pandemi ini.

Liputan6.com, Jakarta -  Pandemi corona Covid-19 memang berdampak dengan maraknya PHK dan membuat perekonomian semakin sulit. Di satu sisi, ada sejumlah orang yang rela memberikan donasi dan membantu sesama.

Ada yang memberikan bantuan dana, sembako, peralatan medis dan masih banyak lagi.  Ada juga yang menyediakan makanan gratis. Baru-baru ini, sebuah video viral karena seorang warganet membuka warung makan gratis untuk orang tak mampu di tengah pandemi.

Dibagikan oleh akun TikTok @theswitaa pada 31 Oktober, pemilik akun mengunggah video yang merekam warung makan sederhana yang dibuat di rumahnya. Garasi rumah diubah menjadi warung makan "dadakan" yang diperuntukkan khusus bagi kaum duafa, anak yatim, orang umum, dan orang-orang tak mampu.

Dalam spanduk yang terpasang di garasi tersebut, sang warganet memperbolehkan para kaum duafa, anak yatim, dan masyarakat umum untuk membayar seikhlasnya. Sementara bagi orang-orang tak mampu, pemilik rumah memberikan makanan secara gratis.

"Warung makan. Du'afa anak yatim dan umum bayar seikhlasnya. Bagi yang tidak mampu gratis. Silakan datang ke Taman Flora Blok F2 No. 2 dekat Danau Marakas," tulis spanduk tersebut. Danau Marakas sendiri terletak di Babelan, Bekasi, Jawa Barat dan merupakan salah satu tempat wisata unggulan di sana.

"Guys selama pandemi papaku buka makan gratis di rumah. Alhamdulillah banyak yang ke sini. Dibantuin mertuaku juga. Bantu share yaa guys," sambung sang pemilik akun dalam keterangan pada videonya.

Bukan hanya memberikan makanan, warganet tersebut juga menyediakan meja dan kursi untuk yang ingin makan di tempat. Tak hanya itu, sang warganet juga menyiapkan etalase untuk meletakkan beberapa wadah berisi makanan agar mereka yang datang dapat melihat dan memilih langsung menu makanan yang disediakan.

Warung makan itu mulai buka pukul 11 siang. Namun untuk hari Jumat, dibuka mulai pukul 1 siang. Pengguna TikTok itu mengatakan ia membeli bahan-bahan masakan mereka dengan uang pribadi. Namun, sejak videonya viral, banyak orang yang ikut membantu. Ada yang menyumbangkan bahan masakan, air minum, minyak,, beras, dan bahkan sejumlah uang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membantu Sesama

Unggahan tersebut menuai beragam komentar dari warganet. Tak sedikit yang merasa terharu dengan upaya yang dilakukan untuk membantu sesama di tengah pandemi.

"Baik banget papanya, semoga rezekinya lancar yaa," tulis pemilik akun @rzzainn. "Ini menginspirasi banget. Semoga diberikan kesehatan dan kebahagiaan buat keluarganya," komentar akun @isma_rm8.

Video tersebut sudah ditonton sebanyak lebih dari 390 ribu kali dan disukai sebanyak lebih dari 43 ribu kali. Selain di Bekasi, di Surabaya juga ada yang membagikan makanan gratis di masa pandemi ini.

Dalam video yang diunggah akun TikTok @rayanrizky22, pada 22 Oktober 2020, terlihat sebuah keluarga membagikan makanan gratis untuk siapapun. Mereka rutin membagikan makanan setiap Senin sampai Jumat pukul 11.00 WIB selama masa pandemi ini.

Dalam sehari, mereka bisa membagikan sekitar 100 porsi makanan. Orang-orang bisa cepat mengetahui karena ada spanduk "makanan untuk semua orang" di depan lokasi mereka membuka tempat makanan di sebuah gerobak kecil yang ditarik oleh motor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.