Sukses

Semangat Kolaborasi di Pergelaran Malang Fashion Week 2020

Bakal ada karya 51 desainer dalam pergeralan Malang Fashion Week 2020 secara virtual pada 6--8 November 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Bertajuk "Enigmatic," Malang Fashion Week (MFW) 2020 siap digelar dalam format vrtual. Selama penyelenggaraan, yakni 6--8 November 2020, tak kurang dari 51 desainer akan memamerkan koleksi karya mereka.

"Enigmatic sendiri berarti sesuatu yang sulit dimengerti dan sebuah ketidakpastian," kata Founder dan Project Director Malang Fashion Week, Agus Sunandar, saat konferensi pers virtual, Kamis, 5 November 2020.

Makna di atas dijelaskan bakal memberi semangat untuk terus bertahan dan bangkit dengan menerapkan prinsip fesyen berkelanjutan. Agus menjelaskan, core MFW 2020 adalah sebagai wadah pelaku industri kreatif untuk berkolaborasi.

 

"Bagaimana menjembatani desainer lokal dengan nasional. Nantinya, masing-masing desainer akan memperlihatkan lima looks," imbuhnya. Juga, membangun kolaborasi dengan perajin maupun UMKM, juga desainer senior dan muda.

Soal praktik konsep fesyen berkelanjutan, Agus menjelaskan, pendekatannya bisa lewat berbagai cara. Penerapannya dijelaskan tak hanya untuk Malang Fashion Week 2020, namun juga produksi secara umum. 

Mulai dari menggunakan material premium dengan harapan memperpanjang masa pakai, memanfaatkan bahan ramah lingkungan, sampai menerapkan model bisnis yang adil, semua dilakukan. Juga, dilanggengkannya konsep upcycle.

"Ada juga desainer yang menerapkan restyling dan membuat busana jadi sebuah look baru. Dengan begitu, semoga bisa mengurangi sampah tekstil," katanya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Ditonton di Mana?

Pergelaran busana yang sebelumnya sudah direkam di Hotel Tugu Malang dan beberapa lokasi heritage lain di Kota Bunga ini bisa disaksikan virtual di kanal YouTube Malang Fashion Week. "Setiap pukul 13.00 sampai 15.00 (WIB) selama penyelenggaraan," kata Agus.

Hari pertama, Jumat (6/11/2020), bakal mengusung tema Modest Wear. Disusul di hari ke-2, Sabtu, 7 November 2020 yang akan memperlihatkan koleksi Evening Wear, dan ditutup pada Minggu, 8 November 2020 lewat koleksi Urban.

Selain fashion show, ada juga webinar pada Jumat (6/11/2020) bertajuk "Fashion in New Normal Era" yang menghadirkan tiga pembicara. Mereka adalah Andien Aisyah, Anne Avantie, dan Ali Charisma.

Juga, telah terselenggara pula Fashion Talk lewat Instagram Live dengan para desainer pada 25 Oktober--5 November 2020. Lomba fashion illustration dan lomba Face Icon pun sudah dilaksanakan.

Nama-nama desainer maupun label yang terlibat dalam MFW 2020 antara lain Andy Sugix, Sanet, Ajeng Cahya, Farhan A Daffa, Kiki Mahendra, Meysuga, RIMA, SAMSUGA, Yeti Topiah, dan Feby Ayusta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.