Sukses

Bantu Penanganan COVID-19, Grup MahaDasha Salurkan Ribuan APD

Peran Puskesmas sangat vital dalam penanggulangan penyebaran COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta – Penanggulangan pandemi COVID-19 yang masih terus berlangsung hingga saat ini membutuhkan dukungan dan peran serta aktif dari semua pihak guna memutus rantai penyebaran COVID-19. Karena itu, Grup MahaDasha turut terpanggil untuk berkontribusi mendukung langkah Pemerintah dalam menanggulangi penyebaran pandemi COVID-19 melalui penyaluran donasi bantuan APD (Alat Pelindung Diri) Medis.

“Grup MahaDasha mendonasikan 2000 Masker N95 dan 1100 alat pelindung diri Hazmat Suit kepada Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu. Kami berharap donasi ini dapat mendukung dan memastikan keselamatan para tenaga medis saat bertugas sebagai garda terdepan penanganan COVID-19,” ujar Rani Hartanti - Corporate Communications Manager Grup MahaDasha.

Hal itu dikatakannya kepada media usai penyerahan secara simbolis donasi APD MahaDasha di Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu, di Jalan Kebagusan Raya, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat, 6 November 2020. Rani melanjutkan, Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu dipilih sebagai penerima manfaat dalam kegiatan ini karena Perusahaan melihat peran Puskesmas yang vital dalam penanggulangan penyebaran COVID-19, khususnya dalam perannya sebagai fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama pemerintah.

Selain itu, Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu berlokasi tidak jauh dari kantor pusat Grup MahaDasha yang terletak di Gedung TMT, Cilandak. “Donasi ini merupakan wujud komitmen kepedulian Grup MahaDasha terhadap keselamatan dan kesehatan masyarakat di sekitar wilayah operasional kami berada, khususnya para tenaga medis yang tak kenal lelah menjalankan misi mulianya dalam penanggulangan penyebaran COVID-19,” jelas Rani.

Adapun dr. Sri Rejeki Amalia Kepala Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu menyatakan, pihaknya menyambut baik donasi APD Grup MahaDasha yang datang di waktu yang sangat tepat. “Donasi APD dari Grup MahaDasha ini sangat baik dan sangat bermanfaat. Tentunya dengan keterbatasan logistik APD kami, pemberian donasi APD ini sangat membantu kami dalam melakukan pelayanan kesehatan di Puskesmas,” terang dr. Sri Rejeki Amalia dalam keterangannya.

Sri menuturkan, APD sangat dibutuhkan tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu yang selama masa pandemi ini terus melakukan passive dan active case finding untuk memutus mata rantai penularan COVID-19.

“Untuk di dalam gedung, nakes kami melakukan screening COVID-19 kepada pasien-pasien yang datang berobat dengan keluhan demam disertai batuk pilek. Jika terdapat dugaan infeksi COVID-19, maka pasien diarahkan untuk pemeriksaan Swab. Bila hasilnya positif, maka pasien akan dirujuk ke rumah sakit rujukan atau isolasi mandiri di tempat yang sudah ditentukan,” papar Sri.

Sri lebih lanjut berharap donasi APD yang diberikan MahaDasha bisa berkelanjutan karena sangat bermanfaat untuk pihaknya. “Selain itu, kami mengharapkan juga ke depannya bisa menjalin kerja sama dengan MahaDasha tidak hanya dalam masa pandemi COVID-19 ini. Kerja sama tersebut bisa dalam bentuk program CSR lainnya, seperti dalam hal pemberdayaan masyarakat dan lain-lain,” harap Sri.

Rani Hartanti turut menambahkan, bahwa kegiatan donasi APD kali ini merupakan penyerahan donasi yang kedua dari Grup MahaDasha kepada Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu. Sebelumnya, perusahaan mendonasikan 500 Hazmat Suit, Face Shield dan Goggles pada Juni 2020. Grup MahaDasha juga berharap melalui penyerahan donasi ini dapat mendorong berbagai pihak untuk dapat berkolaborasi bersama dalam menanggulangi COVID-19.

MahaDasha yang merupakan bagian dari Grup Tiara Marga Trakindo (TMT) sendiri dipercaya untuk memfokuskan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan pada Pilar Kesehatan dari empat pilar utama yang telah ditetapkan oleh TMT sebagai induk perusahaan, yakni Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan dan Bantuan Kemanusiaan (compassionate relief).

“Sesuai amanah yang telah diberikan oleh TMT, MahaDasha secara berkelanjutan terus memastikan setiap orang memiliki akses yang sama terhadap fasilitas sanitasi dan air bersih yang layak, sekaligus mengedukasi masyarakat akan pentingnya Kesehatan.

MahaDasha menilai bahwa kesehatan merupakan salah satu prasyarat dasar dari pembangunan dan pengembangan masyarakat. Sebuah semangat yang sejalan dengan misi kami sebagai bagian dari Grup TMT yang ingin secara aktif terlibat dalam masyarakat sebagai warga korporat yang baik,” ungkap Rani.

MahaDasha sendiri telah secara rutin menyelenggarakan kegiatan Tanggung Jawab Sosialnya dari tahun ke tahun. Adapun sejak tahun 2014, MahaDasha memfokuskan diri dalam menyediakan akses terhadap air bersih dan fasilitas sanitasi bagi sejumlah wilayah yang membutuhkan.

Hal ini berangkat dari data Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan RI pada tahun 2013 yang menyatakan bahwa 40,2% populasi di Indonesia memiliki akses yang terbatas ke air bersih dan fasilitas sanitasi yang layak.

“Menjawab kebutuhan ini, pada tahun 2014 MahaDasha kemudian mulai melaksanakan program “Air untuk Kehidupan” guna memberikan akses terhadap air bersih layak konsumsi serta fasilitas sanitasi yang layak bagi masyarakat yang membutuhkan serta mengedukasi masyarakat mengenai Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” tutup Rani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini