6 Manfaat Daun Kelor yang Jarang Diketahui Publik

Oleh Komarudin pada 06 Nov 2020, 05:03 WIB
Diperbarui 06 Nov 2020, 05:03 WIB
Ilustrasi sayur bening daun kelor | @bunda_didi dari Instagram
Perbesar
Ilustrasi sayur bening daun kelor | @bunda_didi dari Instagram

Liputan6.com, Jakarta - Di antara banyak tanaman, kelor salah satu yang sering dikaitkan dengan mitos. Tanaman itu sering disebut sebagai pengusir makhluk halus, bahkan jin.

Di luar mitos tersebut, daun kelor dikonsumsi banyak orang, seperti warga di Jeneponto, Sulawesi Selatan. Daun kelor sering jadi salah satu bahan untuk membuat sayur sejak lama. 

"Hampir semua kita ini orang Jeneponto sangat gemar makan sayur daun kelor. Itu sudah jadi kebiasaan turun-temurun dari nenek-nenek kami," ujar Herman, seperti dikutip dari kanal Regional Liputan6.com.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut sejumlah khasiat mengonsumsi daun kelor. Selain mengandung vitamin A, daun kelor juga sarat vitamin E yang berguna untuk kesehatan kulit.

1. Cegah Kulit Kering dan Bersisik

Daun kelor dapat membantu mencegah kulit kering dan bersisik. Hal itu terjadi karena vitamin E yang terdapat di dalam daun kelor membantu melembapkan kulit.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


2. Mengatasi Jerawat

ilustrasi begadang menyebabkan jerawat/freepik
Perbesar
ilustrasi begadang menyebabkan jerawat/freepik

Daun kelor bisa digunakan sebagai masker untuk mendinginkan kulit yang mengalami jerawat meradang. Hal itu karena kelor memiliki sifat antiinlamasi.

3. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Berkat kandungan antioksidannya, daun kelor dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Kandungan antioksidan itu pula yang membuat daun dan kulit batang kelor diyakini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

4. Mengatasi Diabetes

Konsumsi  ekstrak daun kelor secara rutin untuk mengatasi penyakit diabetes. Asam klorogenik yang terdapat di dalam daun kelor sangat baik untuk menjadikan gula darah stabil.


5. Menjaga Kesehatan Jantung

Gambar Ilustrasi Serangan Jantung
Perbesar
Sumber: Freepik

Mengonsumsi daun kelor dapat menangkal kolesterol jahat dan inflamasi yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada jantung.

6. Menjaga Kesehatan Ginjal

Manfaat daun kelor yang lain adalah membantu menjaga kesehatan ginjal. Beragam penyakit yang menyerang ginjal bisa dicegah dengan daun kelor.

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya