Sukses

Ada Nasi Goreng Sampah di Malang, Seperti Apa Rasanya?

Warung tenda di Malang ini bisa membuat 80 porsi nasi goreng sampah dalam sekali masak.

Liputan6.com, Jakarta -  Indonesia punya banyak kuliner unik, menarik dan lezat tentunya. Salah satunya di Malang, Jawa Timur. Kalau Anda berkunjung ke Malang, coba mampir ke Nasi Goreng Resek Kasin.

Kata 'resek' sendiri memiliki arti sampah. Tapi tenang dulu, nasi goreng ini dikenal sangat enak. Nasi Goreng Resek Kasin dulunya berjualan di dekat tempat sampah.

Itulah kenapa banyak orang menyebutnya "nasi goreng resek" atau nasi goreng sampah. Hal itu juga jadi latar belakang nama Nasi Goreng Resek Kasin sampai sekarang. Meski namanya tak menggugah selera, jangan salah sangka dulu.

Menurut food vlogger Nex Carlos, bau harum nasi goreng sudah tercium meski dari luar tenda. Penggunaan arang untuk memasak menghasilkan aroma sedap dari nasi goreng.

Nex Carlos membagikan pengalamannya di kanal YouTube miliknya, pada 30 Oktober 2020.  Nasi Goreng Resek Kasin ini hanya menjual menu nasi goreng.

Kita bisa memilih isian dari nasi gorengnya, mulai dari telur, rempela, usus, ayam suwir, sayap ayam hingga kepala ayam. Nasi Goreng Resek Kasin berlokasi di Jalan Brigjend Katamso, Malang, dan sudah berjualan sejak 1959.

Nasi Goreng Resek Kasin tak pernah pindah dan tidak membuka cabang. Salah seorang pemilik yang akrab disapa Pak Man mengaku tak punya resep khusus dalam meracik nasi goreng miliknya yang sebelumnya dijalankan oleh orangtuanya.

Meski begitu, nasi goreng buatan Pak Man tak pernah mengecewakan. Uniknya lagi, warung tenda ini bisa memasak 80 porsi sekaligus dalam satu kali masak. Harga yang ditawarkan juga bisa dibilang cukup murah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hanya Buka Kurang dari 4 Jam

Nasi Goreng Resek Kasin dibanderol mulai dari Rp10 ribu sampai dengan Rp20 ribu saja, tergantung dari pilihan menunya. Berbeda dari nasi goreng kaki lima pada umumnya, warna Nasi Goreng Resek Kasin tak terlalu gelap.

Menurut Carlos, warnanya mirip dengan nasi goreng ala Hongkong, tapi tetap menggunakan kecap. Porsinya pun cukup banyak dan isiannya melimpah. Ada sedikit mi juga yang dicampurkan ke dalam nasi goreng.

Carlos mengatakan, tambahan lauk yang dipadukan dengan sayuran, mi, dan nasi yang diolah sedemikian rupa menciptakan rasa gurih yang sangat nikmat.

Nasi Goreng Resek Kasin buka mulai pukul 17.30 sampai dengan 21.00 WIB. Tempat ini hanya buka kurang dari empat jam, jadi kalau ingin berkunjung ke sini, pastikan datang sebelum warung nasi goreng sampah ini tutup.

Unggahan video Nex Carlos tentang nasi goreng sampah di Malang sudah ditonton lebih dari 1,3 juta kali. Ia juga mengunggah cuplikan video tersebut di Instagram pada 30 Oktober 2020 dan sampai berita ini ditulis sudah ditonton lebih dari 106 ribu kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.