Sukses

6 Destinasi Wisata Favorit di Turki yang Memesona Wisatawan

Selain warisan sejarah, Turki juga memiliki beragam destinasi wisata favorit. Berikut enam di antaranya.

Liputan6.com, Jakarta - Pandangan dunia mengarah ke Turki saat gempa mengguncang negara itu pada Jumat, 30 Oktober 2020. Masyarakat dunia ikut berduka atas gempa tersebut.

Terlepas dari bencana alam itu, dalam peta sejarah Islam, Turki pernah menjadi pusat kekuasaan dunia Islam yang tak terkalahkan selama delapan abad dan sangat disegani Eropa. Hal itu tertulis dalam buku Islam dan Perkembangan Politik di Turki.

Jatuhnya kota Konstantinopel pada 1453 yang kemudian beralih menjadi kota Istanbul adalah saksi sejarah akan kebesaran Dinasti Utsmani (Ottoman). Keunikan lain Turki lain adalah letak geografisnya yang menghubungkan dengan daratan Eropa dan Asia.

Selat dan jembatannya sangat terkenal di dunia itu adalah Bosphorus. Selat tersebut yang membuat orang Turki sering disebut Eropa, dan di sisi lain disebut Asia.

Selain menyimpan warisan sejarah yang sangat kaya, Turki juga memiliki sejumlah destinasi wisata yang mencuri perhatian. Tak sedikit wisatawn dari berbagai negara mengunjungi Turki, termasuk wisatawan Indonesia. Berikut beberapa destinasi favorit di Turki.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Hagia Sophia

Pada 24 Juli 2020, ribuan orang menunaikan ibadah salat Jumat pertama di Hagia Sophia. Sebelumnya, bangunan tersebut merupakan museum. Pengembalian fungsi Hagia Sophia menjadi masjid ternyata berhasil mendatangkan wisatawan dan turis ke Turki. 

Hagia Sophia berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun hingga penaklukan Istanbul, dan masjid dari 1453 hingga 1934 dan yang terbaru sebagai museum selama 86 tahun. Pada 1985, Hagia Sophia dimasukkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO. 

2. Topkapi Palace

Istana ini terletak di pertemuan Selat Bosporus, Tanjung Tanduk Emas, dan Laut Marmara. Istana Topkapi mulai dibangun pada 1453, didirikan di atas tanah seluas 700 ribu meter persegi.

Istana ini menjadi museum Istanbul dan merupakan warisan kerajaan Turki Utsmani. Istana ini juga menjadi pusat pemerintahan Turki pada masa lalu.

 
3 dari 4 halaman

3. Cappadocia

Cappadocia terletak di Nevehir di kawasan Anatolia Tengah sekitar 200 mil di selatan Ankara, ibukota Turki. Tempat ini adalah daerah di mana seluruh kota merupakan batu yang dipahat. Bangunan bebatuan sedimen ini merupakan peninggalan Bangsa Het ribuan tahun lalu dan masuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

4. Pamukkale

Ini adalah kota kecil di Turki sebelah barat yang juga banyak dikunjungi wisatawan. Di sana ada sumber air panas yang kaya mineral.

Wisatawan bisa menikmati pemandian air panas yang dikenal Hierapolos dengan pemandangan yang indah. Kolamnya berbentuk terasering yaang tercipta secara alami, airnya dipercaya mampu mengobati penyakit asma, rematik, dan penyakit kulit. 

4 dari 4 halaman

5. Jembatan Bosphorus

Jembatan Bosphorus (Bosphorus Bridge) adalah jembatan ini menghubungkan antara dua budaya yakni Istanbul Eropa dan Istanbul Asia. Pembangunan jembatan dimulai pada Februari 1970 dan dirancang oleh dua arsitek asal Inggris, Sir Gilbert Roberts dan William Brown. Jembatan ini dibuka untuk umum saat peringatan 50 tahun Turki. 

6. Konya

Di kawasan ini terdapat Mevlana Museum yang di dalamnya terdapat peninggalan dan juga makam sufi sekaligus sastrawan Jalaluddin Rumi. Biasanya tiap Desember selalu diadakan Festival Seb-i Arus untuk mengenang karya-karyanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.