Sukses

5 Cara Seru Ajak Anak Sikat Gigi, Ada yang Pernah Anda Coba?

Sederet kiat menyenangkan ini dapat Anda terapkan untuk mengajak si kecil sikat gigi.

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit orangtua yang kesulitan mengajak buah hati untuk sikat gigi. Meski jadi tantangan tersendiri, penting memberi kenyamanan dan sentuhan berbeda pada si kecil dalam aktivitas ini sehari-hari.

Untuk mempermudah mengajak anak sikat gigi, para orangtua dapat menyiasati dengan cara menyenangkan. Langkah ini setidaknya dapat menghadirkan pengalaman seru pada anak.

Seperti apa cara-cara seru tersebut? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari laman Times of India, Rabu, 28 Oktober 2020.

1. Pasta gigi dengan rasa

Membiarkan anak memilih pasta gigi dan sikat gigi adalah cara terbaik untuk menarik minat mereka. Ketika Anda membiarkan mereka memilih, hal ini memicu minat pada anak-anak yang tak suka sikat gigi.

Pasta gigi bayi tersedia dalam berbagai warna dan rasa. Cukup periksa apakah ini bebas fluorida, sehingga meski mereka menelannya secara tidak sengaja, Anda tidak perlu khawatir.

2. Tambahkan musik

Anak-anak tidak perlu sikat gigi lebih dari dua menit. Tapi, sulit untuk membuat mereka melakukannya, bahkan selama 30 detik. Memainkan lagu favorit mereka adalah cara efektif untuk membuat anak menyikat gigi, sambil menari mengikuti irama lagu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Mainkan games sikat gigi

Jika memasukkan games dalam aktivitas apa pun, itu jadi menyenangkan. Membiarkan anak berlatih menyikat gigi pada mainan mereka dan menceritakan kisah menyenangkan soal melawan kuman dapat jadi strategi games yang baik untuk membuat anak menyikat gigi.

4. Beri pujian atau hadiah

Ketika anak-anak diberi pujian atau hadiah untuk sesuatu, mereka bakal melakukannya lebih sering. Jika Anda memberi penghargaan pada anak Anda saat ia menyikat gigi dengan baik, itu akan meningkatkan kepercayaan dirinya. Memuji seorang anak atas usaha mereka adalah cara terbaik untuk turut menyemangati.

5. Beri contoh

Anak-anak suka meniru orangtua mereka. Jika Anda rutin menyikat gigi di depan anak, otomatis mereka akan terdorong melakukannya. Waktu menyikat gigi keluarga bisa jadi aktivitas menyenangkan bagi si kecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.