Sukses

Menggali Ide Kreatif dan Inovasi di Masa Pandemi Lewat IdeaFest 2020

IdeaFest 2020 mengajak para kreator untuk bisa bertahan dan memulai kembali kreativitasnya berkarya di tengah keterbatasan.

Liputan6.com, Jakarta -  Pandemi corona Covid-19 bukan halangan ajang festival kreatif tahunan IdeaFest kembali digelar. Ajang yang pertama kali dihelat pada 2011 ini, di 2020 akan digelar dengan tema 'Restart' dan dilaksanakan secara virtual.

IdeaFest 2020 menghadirkan berbagai program meliputi Talks & Conference, IdeaSpark Forum, Virtual Experience Expo, Music, dan F&B. Bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), ajang ini akan digelar pada 5-15 November 2020.

Pelaksanaan ini untuk mendukung pertumbuhan industri kreatif dan kewirausahaan dengan melibatkan generasi muda untuk mewujudkan perubahan positif bagi Indonesia. Seperti temanya, 'Restart', acara ini mengajak para kreator untuk bisa bertahan dan memulai kembali kreativitasnya berkarya di tengah keterbatasan, sehingga mampu melihat peluang saat pandemi ataupun setelah pandemi berlalu.

"Salah satu cara untuk dapat bertahan melewati masa pandemi ini adalah dengan tetap produktif, kreatif, dan inovatif. Produktivitas di tengah pandemi ini melahirkan banyak wirausaha ekonomi baru," terang Ben Soebiakto, CEO, Samara Media & Entertainment dalam konferensi pers virtual IdeaFest 2020, Selasa, 27 Oktober 2020.

"Lewat kerja sama dengan Kemenparekraf, kita mendukung pengembangan 17 subsektor ekonomi kreatif, untuk itu IdeaFest menyediakan akses informasi dengan beragam konten dan program yang bisa menginspirasi masyarakat. Harapannya, kegiatan ini dapat mendorong dan memberikan dampak ekonomi, termasuk keterlibatan generasi muda dalam komunitas kreatif di Indonesia," lanjutnya.

Menurut Ben cara untuk bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19 adalah tidak pernah berhenti belajar, tetap produktif, kreatif, dan inovatif. Belajar salah satunya bisa didapat dengan menyimak pakar dan ahli di bidangnya, belajar dari pengalaman mereka dan mempraktikkannya.

Ia pun tidak khawatir antusiasme masyarakat akan berkurang karena IdeaFest tahun ini digelar secara virtual. Ben bahkan meyakini ada banyak pelajaran berharga yang bisa dipetik dari pandemi, terutama bagi mereka yang menekuni berbagai bidang usaha.

"Pandemi ini mungkin menyadarkan kita kalau ternyata usaha atau bisnis kita kurang inovatif dan masih punya banyak keterbatasan. Kita jadi lebih berusaha dan berinovasi untuk bisa memajukan usaha kita, misalnya dengan bantuan teknologi," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

110 Tokoh dan 6 Program

IdeaFest 2020 akan menampilkan lebih dari 110 tokoh dan enam program yang relevan dengan tren industri kreatif saat ini, sehingga diharapkan 2020 dapat menjadi referensi terkini bagi insan kreatif dan kolaborasi lintas industri. Deretan figur inspiratif yang ikut hadir dalam acara ini antara lain Baim Wong, Raisa Andriana, Najla Bisyir, Tantri Namirah, Faye Simanjuntak, Jonathan Sudharta, Elora Hardy, Keenan Pearce, Marissa Anita dan Lizzie Parra.

Untuk mengakses semua konten IdeaFest 2020, pengunjung bisamembeli tiket dalam dua kategori: Live (Rp. 200.000), dan Live and Rewind (Rp. 450.000) di mana pengunjung dapat menyaksikan kembali berbagai program dari IdeaFest sampai dengan 31 Desember 2020.

Selain akses berbayar, beberapa program IdeaFest 2020, seperti IdeaSpark Forum, program musik, experiential expo, F&B, dan beberapa sesi IdeaTalks dapat dinikmati secara gratis. IdeaFest 2020 dapat disaksikan dengan cara mengunjungi www.ideafest.id atau melalui platform streaming Vidio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.