Sukses

Cerita Tentara Berpangkat Letkol yang Tak Gengsi Jualan Tahu Goreng

Perwira TNI ini meracik tahu goreng pedasnya sendiri, mulai dari membuat adonan tepung sampai menggorengnya.

Liputan6.com, Jakarta -  Ada banyak cara untuk mendapatkan rejeki tambahan. Selama halal, tentu hal ini sah-sah saja. Begitu juga dengan seorang anggota TNI (Tentara Nasional Indonesia) berpangkat Letnan Kolonel dan menarik perhatian karena tidak gengsi berjualan tahu goreng pedas di pinggir jalan.

Perwira menengah TNI bernama Letkol Yudi ini sedang ramai diperbincangkan oleh warganet. Ia berjualan tahu pedas selepas bertugas. Hal itu diketahui setelah beredar video tentang dirinya yang dibagikan oleh channel YouTube Oki Baper.

Video tersebut sebenarnya telah diunggah pada 13 Juli 2020, namun belakangan kembali ramai diperbincangkan setelah diunggah lagi di akun Instagram @infokomando pada 23 Oktober 2020. "Mimin salut dengan beliau, meski berpangkat Perwira Menengah (Pamen), Letkol Yudi tidak merasa harga dirinya turun hanya karena menjual gorengan dipinggir jalan," tulis akun Instagam @infokomando dalam keterangan foto.

Letkol Yudi ternyata telah berjualan tahu goreng pedas di pinggir jalan sejak delapan tahun lalu. Meski berjualan dengan gerobak dan masih bertugas sebagai tentara, ia sama sekali tak malu.

Tahu pedas yang dijual oleh perwira TNI ini bernama Tahu Pedas Barokah dan berlokasi di Pasar Sumur, Batu Kemayoran, Jakarta Pusat. Saat ditanya, apakah tidak malu berjualan tahu pedas di pinggir jalan? Letkol Yudi menjawab tanpa pikir panjang, "malu itu kalau maling," ucapnya.

Menurut Letkol Yudi, kalau memiliki usaha kita harus terjun langsung, sehingga ia tidak mempekerjakan karyawan sejak awal merintis usahanya ini. Ia juga meracik tahu goreng pedasnya sendiri, mulai dari membuat adonan tepung sampai menggorengnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Lupa Bersedekah

Bagi Letkol Yudi, berdagang adalah cara mendapatkan rejeki halal, karena prinsip hidupnya adalah memberikan nafkah pada keluarga dengan cara halal. "Kita harus pulang bawa rejeki yang barokah," ucapnya. 

Letkol Yudi pun mengingatkan agar kita jangan lupa bersedekah, karena dari hasil yang kita dapatkan ada hak orang lain di dalamnya. Unggahan tentang Letkol Yudi ini banyak mendapat respons positif dari warganet.

Sejak diunggah di Instagram pada 23 Oktober 2020, video tersebut sudah disaksikan lebih dari 58 ribu kali dan mendapat ratusan komentar. "Saya pernah beli, namun saya tidak tahu beliau tentara berpangkat letkol karena kesederhanaannya," komentar salah seorang warganet 

"Karena berdagang adalah salah satu pintu rejeki , Mohon Ijin semoga selalu di beri kesehatan dan Keberkahan untuk Komandan dan keluarga," tulis warganet lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.