Terbuai 9 Pesona Alam Malang Raya, dari Sejuk Pegunungan sampai Cantiknya Pesisir

Oleh Asnida Riani pada 23 Okt 2020, 07:02 WIB
Diperbarui 23 Okt 2020, 07:02 WIB
Omah Kayu
Perbesar
Omah Kayu, salah satu objek wisata baru di Jawa Timur. / foto: Zainul Arifin

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya ragam kuliner menggugah selera yang bisa mendefinisikan pesona Malang Raya. Terselip di antara petualangan ledakan cita rasa di lidah, terdapat pula sambung-menyambung pesona alam, seolah tiada akhir.

Ya, sejak beberapa tahun belakangan, Malang Raya termasuk produktif dalam membuka sederet destinasi wisata. Ditambah udara sejuk nan khas, wajar bila wilayah ini masih jadi pilihan tak sedikit pelancong.

Nuansa yang ditawarkan pun jauh dari kata monoton. Anda bisa terpukau cantik panorama dari atas bukit, terbuai gradasi air laut di lepas pantai, sampai terbius air terjun nan menawan. Dari sekian banyak, berikut beberapa di antaranya yang telah dirangkumkan tiket.com.

1. Menikmati Sejuk Udara Pegunungan di Omah Kayu

Di salah satu lokasi wisata andalan kota Batu ini Anda bisa menikmati panorama sekaligus merasakan sejuk udara pegunungan khas Malang Raya. Menghabiskan waktu di rumah pohon yang jadi daya tarik utama adalah agenda wajib.

Dengan pengaturan dan pemandangan di sini, Omah Kayu jadi opsi menarik untuk dijadikan tempat berburu foto. Akses menuju tempat ini pun sudah sangat bersahabat dengan panorama cantik di kanan-kirinya, serta mencicip sepenggal nuansa kota Batu.

Wisata Malang Raya
Perbesar
Taman Langit Gunung Banyak, Batu, Malang Raya. (dok. Instagram @iin.noviyanti.52/https://www.instagram.com/p/CGMnZLxD34I/)

2. Berburu Spot Foto Kekinian di Taman Langit Gunung Banyak

Masih di kawasan yang sama, bila Anda adalah tipe pelancong yang doyan pergi ke destinasi dengan spot foto kekinian, jangan sampai melewatkan Taman Langit Gunung Banyak. Ada banyak opsi latar belakang foto di sini.

Di beberapa titik, Anda pun akan sekaligus menikmati panorama cantik khas perbukitan Malang Raya. Puas berfoto dan sejenak duduk untuk menikmati segar udara pun tentu bukan ide yang buruk.

3. Coban Putri, Cantiknya Air Terjun Bertingkat

Wisata Malang Raya
Perbesar
Coban Putri, Batu, Malang Raya. (dok. Instagram @ki_seki/https://www.instagram.com/p/CGQ8slig0DK/)

Sudah jadi rahasia umum bahwa Malang Raya adalah rumah dari sederet air terjun atau dalam bahasa setempat, coban. Salah satu yang direkomendasikan adalah Coban Putri, tempat di mana Anda bisa menikmati panorama air terjun bertingkat.

Konon, air terjun ini pernah jadi tempat pemandian Putri Ken Dedes dari Kerajaan Singasari di Jawa Timur. Itulah mengapa air terjun ini dinamakan Coban Putri. Anda juga bisa berburu spot foto menawan yang berada di area Coban Putri.

4. Lebih dari Pesona Air Terjun di Coban Rais

Wisata Malang Raya
Perbesar
Batu Flower Garden, Coban Rais, Batu, Malang Raya. (dok. Instagram @batuflowergarden.cobanrais/https://www.instagram.com/p/CGL3dIcJx55/)

Wisata air terjun yang jadi spot liburan favorit warga Malang adalah Coban Rais. Di sini, Anda bisa melihat pemandangan hijau pegunungan nan menyegarkan mata, serta air terjun setinggi kurang lebih 20 meter yang berada di lereng Gunung Panderman.

Selain menikmati indahnya pemandangan di sekitar air terjun, Anda juga bisa bersantai di pinggir kolam sambil menghirup udara sejuk guna menenangkan pikiran. Sebelum menikmati keindahan Coban Rais, Anda harus melewati jalan setapak di tengah hutan sejauh tujuh km dengan jarak tempuh 15--30 menit.

Di tengah perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan hutan yang bikin rasa lelah karena perjalanan tak terasa. Setelah puas bermain di area Coban Rais, Anda bisa mampir ke beberapa objek wisata lain didekatnya, seperti Bukit Bulu, Rumah Hobbit, dan Batu Flower Garden.

5. Terkesima Keindahan Alam di Goa Pinus

Wisata Malang Raya
Perbesar
Goa Pinus, Batu. (dok. Instagram @sunjayaliem/https://www.instagram.com/p/CF1vw2Pp0YR/)

Suasana tenang nan nyaman akan terasa begitu Anda memasuki area wisata ini. Deretan pohon pinus yang berjajar rapi juga siap memanjakan mata.

Nama Goa Pinus sendiri berasal karena adanya gua kecil di sekeliling hutan pinus yang dulu dijadikan lahan penambangan pasir. Gua sedalam lima meter dengan ketinggian satu meter ini jadi ikon dan daya tarik di sini.

Selagi berwisata alam di sini, jangan sampai lupa berfoto-foto. Anda bisa menemukan banyak spot foto menarik berlatar belakang panorama alam menawan.

6. Puas Bermain Air di Mata Air Sumber Sirah

[Bintang] Malang
Perbesar
Mata Air Sumber Sirah, Malang. (shodiqin165/Instagram)

Beranjak ke Malang, Anda bisa mampir ke Mata Air Sumber Sirah yang sumber airnya alami dari pergunungan. Saat sampai di mata air ini, Anda akan disambut telaga alam berisi air luar biasa jernih.

Kejernihan sumber air ini membuat tanaman hijau, serta ikan-ikan kecil di dalam telaga terlihat jelas. Anda bisa mengajak si kecil untuk bermain air di mata air yang memiliki kedalaman berbeda, mulai dari 0,8--1,5 meter.

7. Menyaksikan Keunikan Pantai Tiga Warna

[Bintang] Malang
Perbesar
Pantai Tiga Warna, Malang. (cmctigawarna/Instagram)

Salah satu destinasi wisata incaran pelancong di Kabupaten Malang adalah Pantai Tiga Warna. Sesuai namanya, pantai ini menyuguhkan keindahan gradasi warna air lautnya, dari biru tua, biru kehijauan, hingga crystal clear.

Kombinasi warna indah inilah yang jadi daya tarik melihat langsung pantai ini. Selain dapat melihat keindahan gradasi air laut yang unik, masih banyak aktivitas seru lain di Pantai Tiga Warna. Termasuk di dalamnya snorkeling, berkunjung ke Clungup Mangrove Conservation (CMC), dan menikmati indahnya matahari terbenam.

8. Ragam Atraksi di Coban Talun

[Bintang] Jawa Timur
Perbesar
Coban Talun, Batu, Jawa Timur. (yunitaairul/Instagram)

Sudah lama sejak Coban Talun destinasi pilihan keluarga di kota Batu. Sampai ke air terjun dengan ketinggian 75 meter ini memang harus sedikit usaha. Anda harus berjalan di antara rerimbunan hutan.

Tapi, tenang saja, selama menuju ke sini, keindahan alam beserta kicauan burung, serta udara yang sangat segar siap menemani. Masih berada di area Coban Talun, Anda bisa menemukan kebun bunga yang sangat cantik.

Di sini juga ada penginapan untuk Anda yang berencana tinggal lebih lama. Uniknya, bentuk penginapan di area Coban Talun ini terinspirasi dari sangkar burung merpati yang membuat bentuknya kian menarik perhatian.

9. Melihat Langsung Pesona Coban Rondo

Bila Anda cari tempat wisata alam yang lengkap, Coban Rondo bisa jadi salah satu pilihan terbaik. Selain keindahan alam, area wisata ini juga dilengkapi berbagai opsi aktivitas yang bisa Anda pilih.

Sesuai namanya, atraksi utama di sini tentu air terjun setinggi 84 meter. Jernihnya air dan sejuknya udara pegunungan membuat air terjun ini banyak dikunjungi pelancong untuk melepas penat.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba aktivitas lain, termasuk yang menantang adrenalin, seperti river tubing, bermain paintball, atau outbond. Sempatkan juga mampir ke labirin raksasa yang masih berada di sekitar area Coban Rondo.

Infografis Kunci Utama Putus Rantai Covid-19
Perbesar
Infografis Kunci Utama Putus Rantai Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓