Sukses

4 Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Taman di Jakarta Saat PSBB Transisi

Jalan-jalan selama 20 menit di alam terbuka atau taman, dapat menurunkan tingkat stres serta meningkatkan mood dan kegembiraan.

Liputan6.com, Jakarta -  Untuk melepas penat dan rasa jenuh selama masa pandemi, tak ada salahnya jalan-jalan ke taman. Sejumlah taman di Jakarta sudah mulai dibuka kembali untuk umum selama masa PSBB transisi.

Ada banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan saat jalan-jalan ke taman. Namun jangan lupa, saat berkunjung ke taman, tentunya Anda harus mematuhi prosedur dan protokol kesehatan.

Dilansir dari laman instagram @temantaman.jkt pada 15 Oktober 2020, setidaknya ada empat kegiatan yang bisa dilakukan di taman pada masa pandemi dan PSBB transisi di DKI Jakarta.

1. Olahraga

Olahraga di luar ruangan membawa banyak manfaat seperti memperoleh vitamin D, menghirup udara segar dan membakar lebih banyak kalori. Di taman, Anda bisa berolahraga dengan jogging atau jalan santai sambil menikmati rimbunnya pepohonan dan udara segar bebas polusi.

2. Nature Therapy

Nature Therapy atau disebut juga Ekoterapi, dimaksudkan untuk meningkatkan kesehatan mental dan fisik seseorang, khususnya dengan kehadiran individu dalam alam atau lingkungan luar. Untuk mengusir jenuh dan kepenatan, ternyata sekadar jalan-jalan selama 20 menit di alam terbuka atau taman, dapat menurunkan tingkat stres serta meningkatkan mood dan kegembiraan.

3. Cuci mata

Setelah lama berdiam di rumah akibat pandemi yang mengharuskan Anda melakukan physical distancing atau jaga jarak, berada di luar ruangan atau menyatu dengan alam pastinya akan lebih menyegarkan mata. Di taman, Anda bisa melihat pemandangan yang asri dan memanjakan mata.

4. Hunting foto

Setelah menikmati alam, Anda juga dapat mendokumentasikan kondisi dan momen di taman yang didatangi atau memotret flora dan fauna. Ada banyak spot atau sudut-sudut taman yang dapat dijadikan latar foto yang bagus dan Instagramable.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

16 Taman Sudah Dibuka

Di Jakarta ada beberapa taman kota yang sudah dibuka kembal di masa PSBB transisi ini. Di Jakarta Pusat ada Taman Lapangan Banteng, di Jakarta Barat ada Taman Cattleya, Taman Green Garden dan Taman Jalur Hijau Kosambi.

Di Jakarta Utara ada Taman Sungai Kendal, Taman Sarang Bango dan Taman Bintaro, sedangkan di Jakarta Timur ada Taman Delonix, Taman Apung, Taman PPA dan Taman Piknik. Terakhir, di Jakarta Selatan, ada Taman Mataram, Taman Kebagusan I, Taman Tabebuya, Taman Swadarma dan Tama Gandari Tengah.

Meski belum semua taman, nantinya akan lebih banyak yang dibuka. Dengan catatan, para pengunjung wajib mematuhi prosedur serta protokol kesehatan.

⁣⁣⁣⁣Taman kota yang dibuka dipilih berdasarkan ketentuan seperti tidak berada di zona merah, memenuhi prosedur tetap, dan akses mudah dijangkau. Pengunjung tiap taman sendiri maksimal 25 persen dari kapasitas normal tiap taman. Patuhi protokol dan prosedur yang dapat dilihat pada poster di setiap taman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.