Sukses

6 Destinasi Wisata Anti-Mainstream di Korea Selatan Rekomendasi Kadek Arini

Travel blogger Kadek Arini membagikan rekomendasi wisata anti-mainstream di Korea Selatan yang juga lekat akan sentuhan budayanya.

Liputan6.com, Jakarta - Pesona Korea Selatan kian meningkat lewat suguhan K-Drama dan K-Pop yang mendunia. Destinasi  wisata yang menarik, makanan yang menggugah selera, dan gemerlapnya dunia entertainment membuat banyak orang semakin ingin mengunjungi Negeri Ginseng.

Sayangnya, tahun ini tentunya cukup mengecewakan bagi mereka yang telah merencanakan liburan ke Korea Selatan, dan tak sedikit yang menundanya akibat pandemi Covid-19. Namun, tahun ini dapat menjadi saat yang tepat untuk kembali merencanakan berlibur di tahun depan.

Untuk mengobati rasa rindu warga Indonesia pada pariwisata Korea Selatan, Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta mengadakan Muslim Friendly Korea Festival. Kegiatan yang diselenggarakan secara daring sejak 16--18 Oktober 2020 ini menampilkan beragam talk show seputar wisata Korea, khususnya yang ramah wisatawan Muslim.

Salah satu rangkaian acaranya adalah talk show bertajuk Let's Fall in Love bersama travel blogger Indonesia, Kadek Arini. Ia bercerita bahwa Korea Selatan jadi salah satu negara favoritnya untuk berlibur dan telah berlibur ke sana sebanyak empat kali.

"Musim gugur itu menurut aku waktu yang tepat untuk jalan-jalan ke Korea, enggak terlalu dingin atau terlalu panas, sayangnya tahun ini lagi pandemi," ungkapnya dalam acara yang diselenggarakan pada Jumat, 16 Oktober 2020.

Menurutnya, banyak hal menarik yang dapat ditemui di Korea Selatan, mulai dari tempat wisata, makanan khas, hingga budayanya yang kental. Namun, Kadek mengatakan bahwa sesungguhnya banyak sekali tempat-tempat wisata dan ragam kegiatan anti-mainstream. Ia pun membagikan beberapa tempat yang wajib dikunjungi di Korea Selatan, berikut beberapa di antaranya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Ihwa Mural Village

Berjarak sekitar 30 menit dari pusat kota Seoul, lokasi unik satu ini patut dikunjungi. Ihwa Muras Village adalah suatu wilayah yang sepanjang jalan dan rumahnya dihiasi ragam mural menarik. Meskipun jalanannya kecil, tempat ini sangat menarik dan berbeda dari suasana perkotaan.

Selain itu, banyak pula homemade coffee shop dan semua sisi jalanannya pun sangat Instagramable. "Para penyuka kopi dan pemburu foto artsy wajib ke sini," tutur Kadek.

2. Naksan Area

Tidak jauh dari lokasi sebelumnya, Naksan Area terletak sekitar 40 menit dari Seoul. Wilayah ini merupakan dataran tinggi yang secara umum dimanfaatkan sebagai taman kota.

Jika Anda ingin menikmati pemandangan kota Seoul dari atas, tempat ini adalah pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Anda juga dapat berjalan santai sambil menikmati pemandangan di sekitar area ini.

3 dari 4 halaman

3. Jeonju Hanok Village

Berjarak sekitar tiga jam dari Seoul, tempat ini cocok bagi Anda yang menyukai suasana tradisional di Korea. Pasalnya, Jeonju Hanok Village adalah satu wilayah tertua yang menjadi desa wisata di Korea, arsitekturnya pun masih asli. Pengunjung juga dapat menginap dan menikmati pemandangan perbukitan, banyak pula makanan kaki lima, dan pasar tradisional.

Selain itu, jika beruntung dan berkunjung pada April, akan ada pula Jeonju Music Festival. Acara ini adalah festival musik terbesar di sana, yang menghadirkan berbagai penyanyi, pemusik, hingga tarian tradional dan modern. Jika menyukai budaya Korea, pengunjung dapat mengikuti berbagai kerajinan tangan, dan ada pula bazar food trucks.

4. Haslla Art World

Terletak di Pyeongchang, dataran tinggi yang paling terkenal untuk bermain ski saat musim dingin. Haslla Art World berjarak sekitar 3,5 jam dari Seoul, dan merupakan taman seni yang besar, yang didirikan oleh beberapa seniman asli Korea.

Pengunjung juga dapat menginap di hotel dengan pemandangan laut. Cocok untuk wisatawan yang ingin suasana liburan yang menenangkan.

"Hotelnya juga artsy, karena setiap kamar itu didesain dengan tampilan yang berbeda, bahkan furniturnya dijadikan art display," kata Kadek.

4 dari 4 halaman

5. Seongyojang House

Berjarak 3,5 jam dari Seoul, Seongyojang House adalah lokasi wisata yang dikelilingi rumah tradisional kelas atas, atau perumahan bangsawan zaman dulu, khususnya di era Joseon. Saat berkunjung, Anda juga dapat dimanjakan dengan upacara minum teh yang akan memberi pengalaman berlibur berbeda.

6. Kim Yujeong Station

Tempat yang berjarak sekitar dua jam dari Seoul ini adalah rel kereta zaman dulu yang difungsikan kembali menjadi area wisata. Di sana ada beberapa kereta kecil yang dapat dikayuh seperti sepeda dan berjalan di atas rel yang tersedia.

Tempat ini kembali terkenal setelah dijadikan tempat syuting reality show terkenal, Running Man. Kadek Arini juga mengatakan bahwa pemandangan alam di sekitarnya sangat indah dan menenangkan. Selain itu, dikatakan Kadek, Korea Selatan sangat aman untuk dijelajahi seorang diri.

"Untuk yang backpacker atau solo traveller, Korea itu aman, kok. Info transportasinya juga lengkap, lalu sudah banyak referensi dari traveller lain yang juga bisa diikuti, dan di Seoul juga banyak yang bisa bahasa Inggris. Intinya, harus punya rencana perjalanan dan lakukan riset sebelum pergi," tutupnya. (Brigitta Valencia Bellion)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.