Sukses

6 Merek Es Durian Kekinian, Penggemar Raja Buah Wajib Coba

Es durian bertransformasi menjadi beragam sajian dessert yang menggoda selera. Siapa mau coba?

Liputan6.com, Jakarta - Aromanya yang khas dan menyengat membuat sebagian orang sama sekali tidak ingin menyentuh buah durian. Namun, raja buah asal Asia Tenggara ini tetap saja menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang unik dan nikmat untuk disantap beramai-ramai.

Berbagai jenis durian dapat ditemukan di wilayah Indonesia yang berbeda-beda pula. Di antaranya lahun dari Kalimantan, durian Mimang dari Banjarnegara, durian petruk asal Jawa Tengah, dan masih banyak jenis lainnya.

Meskipun baunya cukup menyengat hidung, bahkan saat sebelum dipotong, hal itu tidak mengurangi kecintaan penggemarnya untuk berburu ragam sajian buah berduri itu. Tak heran, banyak pula varian sajian kuliner berbahan dasar durian yang dikreasikan untuk memuaskan para penggila durian, mulai dari pancake durian,  surabi durian, kebab durian, hingga yang paling menyegarkan, yakni es sop durian.

Seiring berkembangnya zaman, para pegiat bisnis kuliner berkreasi dengan berbagai sajian es duren yang menggugah selera penggemar si raja buah. Berikut adalah enam merek varian es durian kekinian yang disajikan dengan berbagai cara unik dan patut dicoba.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. King Durian

Minuman rasa durian dari King Durian menawarkan sensasi segar dan nikmat yang tentunya cocok bagi para penggemar si raja buah tersebut. Jus durian yang melimpah, dengan tambahan kental manis dan buah durian utuh di atasnya, tentu akan membuat pecinta durian di sekitar Jakarta akan puas dengan sajian satu ini.

Dari penampilannya saja, Anda sudah akan dimanjakan, terlebih lagi rasa legit dan segar dari buah duriannya itu. Mereka juga menghadirkan varian es durian yang dikombinasikan dengan legitnya buah alpukat, dan menu lainnya dengan harga 20 ribu hingga 40 ribuan saja. Untuk tahu lebih lanjut, kunjungi Instagram @kingdurian_jkt.

2. Belah Doeren

Varian kuliner durian dari Belah Doeren saat ini sangat terkenal di kalangan food blogger dan penggemar durian. Mereka menyediakan ragam menu berbahan dasar durian yang unik dan berbeda dari biasanya. Menu utama mereka adalah es krim durian yang dapat dinikmati dalam ukuran cup besar dengan harga 80 ribu rupiah saja.

Selain itu, mereka juga menyediakan menu kue soes durian, brownies durian, pancake durian, mille crepes cake durian, dan beragam menu berbahan durian lainnya yang tak kalah menggugah selera. Semua varian menu durian itu dapat diperoleh dengan harga delapan ribu hingga 300 ribu rupiah. Belah Doeren juga hadir di beberapa cabang, seperti di Jakarta, Bandung, Cimahi, Kopo, dan Lembang Park & Zoo. Info lebih lanjut dapat diperoleh dari Instagram @belahdoeren.

3 dari 4 halaman

3. Kebab Durian Becek

Bagaimana tidak viral? Varian es duren kali ini terbilang cukup unik dan berbeda dari biasanya. Pasalnya, es durian dinikmati dalam balutan kulit kebab yang empuk. Kebab Durian Becek menawarkan beragam varian kebab durian, termasuk es durian di dalamnya. Harganya pun cukup terjangkau, yakni berkisar antara Rp15 ribu hingga Rp20 ribu saja.

Ada lima varian rasa yang ditawarkan, yaitu Kebab Durian Original, rasa Oreo, isian es krim, rasa Ovomaltine, dan varian es durian becek andalannya. Saat ini, mereka sudah memiliki sebanyak 33 outlet Kebab Durian Becek di Sumatera dan Jawa saja, termasuk menyediakan layanan pesan-antar melalui ojek online. 

4. Durian Runtuh Purbalingga

Merek es durian kali ini tengah viral dan menjadi incaran para penggemar durian di Yogyakarta. Pasalnya, mereka baru saja membuka usaha es durian tersebut pada Minggu, 4 Oktober 2020 lalu. Memasuki pekan kedua pembukaannya, antrean pembeli pun sudah mengular untuk mencicipi es durian satu ini.

Tak heran, banyak food blogger yang berdatangan untuk mencicipi segarnya es dengan daging durian yang melimpah tersebut. Menunya terbilang sederhana, yakni es durian original dengan harga Rp20 ribu, dan ada pula es durian degan, yang diberi topping daging kelapa serta susu kental manis cokelat. 

4 dari 4 halaman

5. Duren Babeh

Es durian kali ini juga tak kalah menggiurkan. Pasalnya, Duren Babeh menawarkan konsep es durian yang berbeda dari biasanya dengan ragam topping kekenian yang digemari masyarakat. Beberapa menu andalannya adalah dengan topping cookies, dalgona coffee, cornflakes, fruitloops, choco crunch, pudding, dan masih banyak lagi.

Selain es buah dengan ragam varian, Duren Babeh juga menghadirkan jus durian original yang tak kalah menyegarkan, dan dapat dinikmati dengan cara yang lebih praktis, yakni dalam sajian botol minuman. Harga menunya pun berkisar Rp20 ribuan saja. Untuk saat ini, Anda hanya bisa menemukan outlet mereka di Tegal, Brebes, dan Purwokerto. 

6. Dapoer Duren Palembang

Tak kalah unik dan menarik, es sop durian dari Palembang ini juga patut dicicip di siang hari yang terik. Uniknya, mereka menawarkan beragam topping kekinian dalam es sop duriannya, seperti biskuit lotus, buah-buahan, sereal, keju, almond, es krim, dan lainnya.

Untuk Anda yang tidak telalu menyukai durian tapi tetap ingin mecobanya, sop durian satu ini adalah pilihan yang tepat. Penjualnya mengombinasikan beragam topping sesuai keinginan konsumen. Info lebih lanjut dapat dilihat melalui Instagram @dapoer_durenplg. (Brigitta Valencia Bellion)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.