Sukses

Gal Gadot Bakal Perankan Cleopatra, Simak Kostum Mewah Pemeran Sebelumnya

Berbagai aktris berlatar belakang berbeda sebelumnya juga telah memerankan Cleopatra dengan penampilan kostum yang fantastism.

Liputan6.com, Jakarta - Berita menggembirakan baru saja datang dari pemeran sekuel Wonder Woman, Gal Gadot. Ia dilaporkan akan memerankan sosok ratu mesir legendaris, yakni Cleopatra. Aktris 35 tahun itu akan kembali bekerja sama dengan sutradara, Patty Jenkins, dalam film terbaru garapan Paramount Motion Picture Group tersebut.

Melalui unggahan di Instagram-nya, aktris asal Israel itu mengungkap, rumor ia akan memerankan sosok Cleopatra adalah benar adanya. Bersama dengan unggahan lukisan Cleopatra, Gal Gadot mengatakan akan membawakan cerita lain dari Cleopatra yang belum pernah didengar dunia.

Aktris yang menyandang gelar Miss Israel 2004 itu mengatakan, akan menyampaikan cerita Cleopatra dari sudut pandang wanita untuk pertama kalinya, baik di belakang dan di depan kamera. "Kami sangat senang karena dapat mengumumkan hal ini di Hari Anak Perempuan Internasional,” lanjutnya dalam unggahan pada Minggu, 11 Oktober 2020.

Namun, sebagian warganet meragukan dirinya yang berkebangsaan Israel bakal sukses memerankan karakter Cleopatra yang diklaim berkebangsaan Yunani. Bahkan, sebagian orang berpendapat bahwa pemeran Cleopatra seharusnya berkulit hitam.

Sebelum diperankan Gal Gadot, berbagai film Cleopatra telah menghiasi industri hiburan dunia dengan berbagai aktris multitalenta dengan latar belakang berbeda. Dua aktris ini merupakan pemeran Cleopatra yang cukup terkenal di eranya. Siapa saja mereka?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Claudette Colbert – Cleopatra 1934

Aktris senior Amerika keturunan Perancis ini sempat terkenal di era kejayaannya pada tahun 1930-an sebagai peran utama dalam film bertajuk Cleopatra 1934. Film ini kemudian meraih lima nominasi Oscar, dan memenangkan kategori film dengan sinematografi terbaik.

Penampilan dan kostum yang dikenakan dalam film sebagai interpretasi kesan glamor dari era Mesir kuno saat itu cukup kontroversial. Kostum yang dibuat desainer Vicky Williams ini banyak menggunakan warna emas, hitam, dan putih. Konsep eksotis dan megah ditonjolkan dengan penampilan kostum yang cukup terbuka. Tapi, detail pernak-pernik emas dengan aksesori ikut dipadupadankan untuk menggambarkan kesan elegan dari penampilan sosok Cleopatra.

Sayangnya, kostum Claudette Colbert pada film yang disutradarai Cecil B. DeMille ini bayak yang tak muat, sehingga proses syuting mengalami beberapa penundaan karena perbaikan kostum. Perancang kostum Vicky Williams bahkan meninggalkan proyek tersebut karena ia merasa ketidakteraturan dalam produksi telah membuatnya frustasi, mengutip Flavorwire, Selasa (13/10/2020).

3 dari 3 halaman

Elizabeth Taylor – Cleopatra 1963

Film Cleopatra karya Joseph L. Mankiewicz dikenal sebagai produksi terbaik dalam sejarah film. Ini menjadikannya film termahal yang pernah dibuat pada era itu. Elizabeth Taylor, aktris berdarah Inggris-Amerika digandeng sebagai pemeran utama, dan mendapat bayaran fantastis, yakni 1 juta dolar AS, menjadikannya aktris dengan bayaran termahal kala itu.

Taylor memegang rekor 65 pergantian kostum dalam film tersebut. Anggaran untuk gaun mewahnya, yang mana terbuat dari kain emas 24 karat, dan perhiasan kepalanya diklaim mencapai hampir 195 ribu dolar AS, atau Rp2,8 miliar jika mengikuti laju inflasi saat ini. Hal itu menjadikan busana rancangan desainer Irene Sharaff, Renie Conley, dan Vittoro Nino Novarese itu diklaim sebagai kostum termahal yang pernah ada untuk satu aktris.

Berdasarkan laporan Vanity Fair, ketiga desainer kostum tersebut juga memenangkan Academy Award untuk interpretasi mereka terhadap pakaian kekaisaran Mesir. Sebagian besar kostum yang dikenakan Taylor sangat menonjolkan lekuk pinggang mungilnya, serta belahan dada yang cukup lebar.

Meski hampir mengakibatkan kebangkrutan pada rumah produksi, film Cleopatra 1963 sukses besar dengan raihan sembilan nominasi Oscar, dan memboyong empat piala. Proses produksi pun terbilang kontroversial dengan beragam skandal dan rumor yang terjadi antar aktor. (Brigitta Valencia Bellion)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.