Sukses

Video Viral Wanita Promosikan Kelebihan Nikah Muda, Tuai Pro Kontra

Video promosi nikah muda itu membuat warganet terbelah.

Liputan6.com, Jakarta -  Menikah memang hak setiap orang yang sudah cukup umur. Ada yang memilih menikah di usia yang sudah matang dan dewasa, ada juga yang memilih untuk menikah muda. Tiap pilihan tentu punya konsekuensi masing-masing.

Belakangan, banyak warganet yang membagikan pengalaman nikah muda yang menurut mereka terasa menyenangkan. Termasuk seorang kreator TikTok bernama @antikfurqan. Wanita berhijab ini menjelaskan bahwa nikah muda bisa membuatnya lebih mudah mendapatkan pahala dan tak perlu khawatir dengan masalah rezeki.

"Nikah muda, gampang banget dapat pahalanya, Bikin kopi buat suami aja auto dapet pahala, apalagi bikin keturunan," tulisnya pada video tersebut.

"Masalah rejeki gak usah khawatir dong karena pas nikah, pintu-pintu rejeki terbuka lebih banyak," sambungnya.  Untuk urusan pulang malam, dirinya tak perlu lagi khawatir karena sudah sah menjadi pasangan yang halal dan bisa bebas untuk tidur di mana saja.

Video ini pun viral dan sudah dilihat oleh lebih dari 9,7 juta kali. Bahkan, video yang mendapatkan lebih dari 887 ribu likes ini sempat diunggah ulang di berbagai media sosial lain seperti Twitter dan Instagram.

Beragam komentar dari warganet pun membanjiri unggahan yang menuai pro kontra ini. Banyak warganet yang tak setuju dengan unggahannya, karena menikah tak semudah itu.

"Stop glorifying nikah muda. Yang mengkampanyekan biasanya influencer yang udah kaya dan berkecukupan, sedangkan kebanyakan audience nya sebaliknya. Sad truth," komentar akun @purepaw2ointmen. 

"Memang segera halal itu baik, tapi alangkah baiknya halal ketika mental dan finansial udah matang," timpal akun @NovaAyuR. Meski begitu, tak sedikit juga yang sependapat dengannya tentang nikah muda.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernikahan di bawah Umur

"Nggak memihak ke siapa-siapa. Temanku nikah muda sekarang lagi hamil, rumah tangganya adem ayem kok. Bapak ibu mereka juga dari keluarga biasa nggak kaya-kaya banget, tapi emang si cowoknya udah kerja sejak lulus sama nikah di umur 22 tahun," komentar pemilik akun @LilingAN_.

Beberapa bulan lalu, media sosial juga sempat heboh dengan kanal Youtube yang mengunggah video tentang pernikahan di bawah umur. Akun Youtube Adhiguna dan Sabrina yang punya lebih dri 75 ribu subscriber itu mengunggah tiga video mengenai alasan mereka menikah muda.

Video yang dibagi dalam tiga episode tersebut diberi judul 'Adhiguna dan Sabrina: Dilema Menikah Saat SMA'. Konten tersebut menuai protes karena dianggap mempromosikan pernikahan anak. Adhiguna diketahui mempersunting Sabrina yang baru berusia 16 tahun dan saat ini sedang hamil.

Menanggapi kontennya banyak dibanjiri dengan kritikan, Adhiguna dan Sabrina memberikan penjelasan melalui unggahan video mereka di Youtube. Keduanya memberi penjelasan dalam video yang berjudul "7 Pertimbangan Sebelum Berani Nikah Muda’.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.