Sukses

LPPMS Hadirkan Pendidikan Kecakapan Kerja Spa Therapy

Kerja sama ini merupakan langkah yang patut untuk disyukuri serta dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Liputan6.com, Jakarta – Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Mooryati Soedibyo (LPPMS) yang berdiri sejak 2003 menjadi pilihan bagi mereka yang ingin memiliki keterampilan di bidang kecantikan. Dalam setiap tahunnya, tak kurang dari 250 hingga 300 orang bergabung dengan LPPMS. Lembaga ini pun telah menghasilkan bibit-bibit baru potensial di bidang kecantikan, yang kini menjadi stylist maupun terapis di berbagai tempat.

Selama ini pemerintah melalui Direktorat Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah memberikan dukungan dan kepercayaan penuh kepada LPPMS sebagai Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) untuk dapat mentransfer ilmu dan keterampilan bagi mereka yang tidak mendapat kesempatan untuk belajar secara formal, sehingga bisa menjadi bekal untuk dapat berkarya sendiri.

Dukungan tersebut terselenggara melalui Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) yang merupakan program layanan pendidikan dan pelatihan yang berorientasi pada pengembangan keterampilan kerja sesuai dengan kebutuhan industri, diberikan kepada peserta didik agar memiliki kompetensi di bidang keterampilan tertentu yang dibuktikan dengan sertifikat kompetensi untuk bekerja dan terserap di dunia usaha dan industri (DU/DI).

Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) , Bingar Egidius Situmorang dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia atas dukungannya melalui program Pendidikan Kecakapan Kerja untuk mencerdaskan dan meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di LPPMS ini. Kerja sama ini merupakan langkah yang kami apresiasi dan patut untuk disyukuri serta dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) siap mendukung melalui pendidikan keterampilan Tata Kecantikan melalui tenaga tenaga yang professional dan terlatih dengan produk produk Mustika Ratu yang berbahan alami, aman, sehat dan halal guna mengisi pengembangan kurikulum tata kecantikan serta pelatihan bagi para peserta didik LPPMS dengan menyesuaikan kondisi tuntutan industri terkini.”

Egidius menambahkan bahwa “ PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) sangat mendukung dalam peningkatan kecerdasan serta memberikan keterampilan kepada seluruh anak anak Indonesia agar mampu mandiri dan berkarya sehingga kelak menjadi tenaga tenaga kerja yang terampil dan siap bekerja.

Inilah Komitmen Mustika Ratu, turut membina generasi muda melalui ketrampilan, pendidikan serta memberikan kesempatan luas untuk dapat bersaing baik ditingkat nasional maupun internasional dan terus menciptakan generasi-generasi muda yang cerdas, inovatif, bercita-cita untuk maju serta bertanggungjawab.”

Tahun ini, LPPMS memberikan Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) Spa Therapy Level II, yang dibuka pada Kamis, 8 Oktober 2020 di Ruang Kelas LPPMS, Graha Mustika Ratu. Pimpinan LPPMS dan Ketua Pelaksana Pendidikan Kecakapan Kerja, Yuniastuti K. Putri menjelaskan bahwa, “Pembukaan PKK ini menjadi awal pelaksana program link and match dari Kemendikbud. Materi yang diberikan bagi peserta sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri (DU/DI), sehingga diharapkan lulusannya bisa langsung terserap.

Dalam program Spa Therapy, para peserta didik akan mendapatkan kursus lengkap seperti spa konsep, anatomi, sanitasi & hygiene, body massage, body scrub, body mask, foot & hand therapy, aromatherapy, thermal therapy, hydrotherapy, dan relaxation. Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan mampu memahami peran menjadi seorang terapis spa yang berkualitas, berdaya saing dan profesional dalam melaksanakan tugasnya kepada pelanggan.

Selama ini, lulusan LPPMS telah disalurkan ke beberapa pihak yang bekerja sama seperti Taman Sari Royal Heritage Spa dan Mustika Ratu. Selain itu, lulusan LPPMS juga banyak yang berkarya membuat usaha spa secara mandiri. Hal Ini menunjukkan bahwa kualitas lulusan LPPMS tidak diragukan lagi.”

Dalam program PKK Spa Therapy ini tentunya juga didukung oleh para pengajar profesional. Selama mengikuti kursus, peserta akan dipinjamkan alat praktik yang menunjang pendidikannya. Bukan hanya itu, peserta juga akan mendapat berbagai kesempatan menarik. Seperti mengikuti kompetisi beauty therapy nasional dan internasional, mendapatkan kesempatan bekerja sebagai terapis spa di berbagai spa eksklusif baik di dalam maupun luar negeri.

Tak hanya itu, LPPMS juga memiliki kursus berstandar internasional yang bekerja sama dengan CIDESCO internasional. Peserta didik akan mendapat gelar diploma CIDESCO sekaligus menjadi anggota CIDESCO seksi Indonesia. Mereka juga berpeluang mengikuti CIDESCO International Competition dan overseas working permit.

Peserta bisa berasal dari kalangan manapun, baik pemula, profesional di bidang kecantikan, sampai ahli kecantikan dengan lulusan tata kecantikan kulit atau beautician. LPPMS juga menjamin para pengajar merupakan tenaga ahli, contohnya dokter ternama, profesional di bidang kecantikan, dan tenaga ahli kecantikan lulusan CIDESCO.

Director of Spa & Wellness Taman Sari Royal Heritage Spa, Kusuma Anjani menambahkan bahwa “Taman Sari Royal Heritage Spa merupakan pihak yang bekerja sama dengan LPPMS untuk menerima lulusan kursus ini.

Kami sudah bertahun-tahun mendapatkan terapis spa yang handal. Kami telah membuktikan bahwa lulusan-lulusan LPPMS mampu beradaptasi dengan sangat baik di dunia kerja, dapat bekerja secara profesional dan bertanggung jawab.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini