Sukses

Dimainkan di Situs Trowulan, Piano Senilai Rp2,5 Miliar Sabet Rekor MURI

Concert Grand Piano SR1928 The Awakening, piano persembahan Saniharto, arsitek Raul Renanda, serta musisi Aksan Sjuman ini berhasil mencetak rekor MURI.

Liputan6.com, Jakarta - Piano karya anak bangsa yang diberi tajuk "Concert Grand Piano SR1928 The Awakening" berhasil mencuri atensi. Piano seberat satu ton ini dimainkan di Candi Gapura Bajang Ratu, Situs Trowulan, Jawa Timur pada Sabtu, 3 Oktober 2020.

"Piano ini didesain oleh Raul Renanda. Untuk kualitas suaranya kami bekerja sama dengan musisi Aksan Sjuman, di mana beliau yang memilih partisi-partisi dari piano tersebut," kata Merysia Enggalhardjo selaku Director of Marketing & Sales PT Saniharto Enggalhardjo, saat dihubungi Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Merysia mengatakan, pembuatan piano menggunakan beberapa bahan terbaik, termasuk Macassar Ebony Veneer dan Mahogany Solid. Berapa harga piano ini? "Harganya saat ini Rp2,5 miliar," katanya.

Piano ini memiliki panjang 2,75 meter. Keunikan lain adalah pada tampilan futuristik dan sistem piano yang dapat bermain sendiri dan dikendalikan secara wireless oleh perangkat tablet.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Liputan6.com, konser di situs Trowulan sendiri mengusung tema "The Birth Of Nusantara". Konser ini menampilkan pianis Ananda Sukarlan selaku brand ambassador Saniharto, Rangga Suryanata, dan Finna Kurniawati.

Konser dengan piano megah ini juga menghadirkan dua pemenang Ananda Sukarlan Award (ASA) 2016, yakni Gabriella Prisca Handoko dan Ayunia Indri Saputro. Tak ketinggalan soprano Mariska Setiawan, yang juga pemenang Kompetisi Tembang Puitik Ananda Sukarlan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Raih Rekor MURI

Piano bernilai fantastis ini turut mencetak pencapaian apik. Bersamaan dengan gelaran pertunjukan piano di Trowulan, dilaksanakan pula Seremonial Penyerahan Piagam Muri oleh Muri Indonesia di Situs Candi Trowulan tepatnya di Candi Gapura Bajang Ratu.

Rekor MURI diberikan pada "Sjuman+Renanda SR1928 The Awakening Concert Grand Piano" dengan Saniharto's Craftmanship sebagai objek rekor dengan tajuk rekor sebagai "Piano Terbesar di Indonesia".

Sebelumnya, piano ini tampil dalam rangkaian konser bertajuk "Rapsodia Nusantara & Kejayaan Nusantara". Konser tersebut diinisiasi oleh Direktorat Perfilman, Musik dan Media Baru dari Ditjen Kebudayaan RI Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, di Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta pada 29 Agustus 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.