9 Bahan Alternatif Sampo yang Ada di Dapur, dari Teh hingga Kuning Telur

Oleh Putu Elmira pada 05 Okt 2020, 07:01 WIB
Diperbarui 05 Okt 2020, 07:01 WIB
Ilustrasi Rambut
Perbesar
Ilustrasi rambut (dok. Pexels.com/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta - Mandi dan mencuci rambut adalah pilihan tepat sekaligus menyegarkan setelah beraktivitas seharian. Tak sedikit orang akan memilih produk kebersihan kulit dan sampo yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Dilansir dari laman Brightside, Minggu, 4 Oktober 2020, namun ternyata, beberapa bahan-bahan yang mungkin ada di dapur Anda dapat menjadi alternatif sampo. Adapun sebut saja seperti bahan alami seperti minyak kelapa hingga lidah buaya.

Lantas, apa saja bahan-bahan yang dapat jadi alternatif sampo? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti di bawah ini.

1. Baking Soda

Soda kue sebenarnya adalah exfoliant alami, yang berarti dapat mengangkat sel kulit mati dan kotoran. Bahan ini juga dapat mengurangi minyak berlebih dan membantu menghilangkan kulit kepala dari kulit kepala yang bersisik dan gatal.

2. Cuka Apel

Alternatif sampo lainnya, keasaman yang terkandung dalam cuka sari apel memperlambat pertumbuhan jamu yang kerap jadi penyebab rambut rontok. Bahan ini turut menyediakan mineral dan vitamin penting guna mendukung kekuatan, kilau dan kehalusan rambut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


3. Kuning Telur

Ilustrasi Kuning Telur
Perbesar
Ilustrasi kuning telur. (dok. Unsplash.com/Karina Zhukovskaya/@cocarinne)

3. Kuning Telur

Telur kaya akan protein dan vitamin serta bertindak sebagai surfaktan, yakni mengeluarkan kotoran di rambut Anda. Bahan ini juga berfungsi sebagai kondisioner untuk rambut kering. Secara keseluruhan, kuning telur akan membuat rambut Anda lembut, bersih, dan berkilau.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak khasiat anti-bakteri. Dapat memecah sel kulit mati dan efek anti-inflamasinya membuat bahan ini menjadi andalan untuk menghalau ketombe, menghilangkan minyak berlebih, melembapkan kulit, dan memperkuat helai rambut.

5. Air Lemon

Lemon adalah pembangkit nutrisi serta salah satu alternatif termurah dan termudah untuk sampo. Asam sitrat dalam lemon memiliki sifat antimikroba.

Karena pengatur pH-nya, lemon menjadi pembersih yang bagus, terutama untuk rambut yang berketombe. Bahan ini juga dapat bekerja sebagai pencerah alami.


6. Minyak Kelapa

Ilustrasi Minyak Kelapa
Perbesar
Ilustrasi minyak kelapa. (dok. Unsplash.com/Tijana Drndarski @izgubljenausvemiru)

6. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat digunakan dalam berbagai hal, dari menghapus riasan hingga berfungsi sebagai pelindung matahari. Dikemas dengan vitamin, bahan ini merangsang pertumbuhan rambut, menyelamatkannya dari kekeringan, dan melindungi Anda dari pengaruh lingkungan yang negatif. Minyak kelapa juga mencegah rambut rontok dan berguna saat merawat ketombe.

7. Teh

Berkat kafeinnya, teh mendorong aliran darah, hidrasi kulit, dan pengiriman oksigen ke dalam tubuh Anda. Semua hal tersebut secara langsung meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut.

 

8. Minyak Zaitun

minyak zaitun
Perbesar
ilustrasi minyak/copyright unsplash.com/Roberta Sorge

Bahan ini dikenal kaya nutrisi dan memiliki banyak kualitas pelembut dan dapat sebagai pelembap alami. Minyak ini menenangkan lapisan rambut luar dan memberikan kilau.

9. Tea Tree Oil

Minyak ini telah lama digunakan untuk mengatasi masalah kulit, termasuk ketombe. Bahan ini menghilangkan sel-sel mati, minyak berlebih, dan sisa-sisa produk lainnya, dan membersihkan pori-pori serta membantu kulit Anda bernapas. (Vriskey Herdiyani)

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker
Perbesar
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya