Sukses

Cerita Inspiratif Anak Driver Ojol Berhasil Dapat Beasiswa Kuliah

Anak driver ojol tetap semangat dan bertekad untuk kuliah di jurusan Teknik Mesin.

Liputan6.com, Jakarta -  Bagi sebagian orangtua, pendidikan anak sangat penting. Mereka biasanya ingin anaknya bisa mengecap pendidikan yang lebih tinggi dari mereka. Sayangnya, ada kalanya kondisi dan situasi tak memungkinkan para orangtua menyekolahkan anak-anak hingga tingkat yang paling tinggi seperti kuliah di perguruan tinggi.

Masalah biaya biasanya jadi masalah paling umum yang dihadapi tiap orangtua, apalagi biaya pendidikan terutama perguruan tinggi semakin lama semakin tinggi. Namun kisah yang diunggah pemuda bernama Dzikru Rahman di TikTok mungkin bisa jadi inspirasi untuk tidak menyerah dengan keadaan ketika ingin meraih cita-cita.

Cerita seorang anak driver ojol berhasil mendapatkan beasiswa sukses bikin haru warganet. Melalui video yang viral itu, Dzikru menceritakan tentang dirinya yang berhasil lolos seleksi program beasiswa yang diadakan perusahaan tempat ayahnya bekerja.

Dzikru adalah anak seorang driver ojek online (ojol). Ayahnya tiap hari bekerja keras mencari rezeki dengan mengantar penumpang atau membawakan barang pesanan. Hubungan Dzikru dan ayahnya terlihat sangat dekat. Setiap ayahnya akan berangkat kerja, Dzikru akan membantu menyiapkan bekal minuman.

Dia juga sering membantu membersihkan sekaligus merawat sepeda motor ayahnya. Dzikru memang hobi dalam bidang otomotif, terutama sepeda motor.  Karena itulah Dzikru sangat ingin bisa kuliah di jurusan Teknik Mesin. Namun karena kondisi keluarganya, dia hanya bisa memendam hasrat untuk kuliah sesuai keinginannya.

Meski begitu, Dzikru bukan tipe anak yang mudah menyerah. Semangat dan tekadnya untuk kuliah di jurusan Teknik Mesin tak pernah pudar. Satu hari, ayahnya memberitahukan bahwa ada program beasiswa untuk anak-anak driver ojol.

Peluang tersebut tidak disia-siakan oleh Dzikru. Ayahnya langsung mendaftarkan sang anak di program tersebut. Usai mengurus segala persyaratan, Dzikru mengikuti serangkaian tes dan lolos melewati beberapa tahap seleksi. Ia pun sangat berharap bisa lolos karena ingin mengejar mimpi kuliah di Teknik Mesin sekaligus teringat kata-kata ayahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warganet Ikut Terharu

"Pokoknya kamu harus bisa kuliah ya, soalnya bapak kan gak kuliah," bunyi pesan sang ayah pada Dzikru.  Saat hari pengumuman seleksi. Dzikru dan keluarga menanti momen tersebut dengan harap-harap cemas.

Tanpa disangka, dia berhasil lolos program beasiswa dari perusahaan ojek online tempat ayahnya bekerja. Ia akan menempuh kuliah di Politeknik Negeri Jakarta. Dziku dan keluarganya pun menunjukkan ekspresi senang dan bahagia.

Dzikru sangat berterima kasih kepada kedua orangtuanya yang selalu membantu dirinya. Dia juga berjanji untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. "Makasih bapak & ibu. Aku janji gak menyiakan kesempatan kuliah ini," tulis Dzikru di TikTok pada 30 September 2020.

Video tersebut sudah dilihat lebih dari 83 ribu kali dan mendapat lebih dari 14 ribu likes serta lebih dari 2.000 komentar. Banyak warganet yang merasa terharu dengan kisahnya dan banyak pesan positif yang bisa diambil dari perjuangan keluarga tersebut. Youtuber Rachel Venna bahkan ikut berkomentar. "Alhamdulillah, selamat yaa!" tulisnya memberi selamat pada anak driver ojol itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.