Sukses

Potret Kehidupan di Wuhan yang Kembali Normal

Keseharian perlahan kembali ke Wuhan, pusat episentrum asli COVID-19, sementara perjuangan melawan penyebaran virus corona baru masih dilakukan di banyak negara.

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit orang kembali memenuhi jalan-jalan Wuhan. Lewat sebuah video yang dibagikan South China Morning Post, baru-baru ini, artis jalanan bahkan sudah menggelar pertunjukan, seiring denyut kehidupan berangsur normal.

Di antara banyak orang di jalan-jalan Wuhan, beberapa sudah dengan nyamannya tak lagi memakai masker. Seolah kurang dari setahun lalu, tak ada wabah mematikan yang melumpuhkan kota di Provinsi Hubei, Tiongkok tersebut.

"Satu juta kematian (akibat COVID-19), bila dibandingkan dengan total populasi dunia, tentu tak bisa dikatakan banyak. Tapi, angka ini tak mendiskreditkan bahwa mereka adalah ayah, ibu, saudara, istri, anak, suami, kolega, keluarga dari seseorang," kata penduduk Wuhan, Hu Lingquan.

Kembali ke Januari, dunia sempat tak percaya pada aturan pembatasan wilayah di Wuhan. Pemerintah Tiongkok melawan penyebaran virus corona baru dengan aturan jaga jarak yang ketat dan pelaksanaan tes secara massal.

"Melihat kondisi sekarang dari perspektif Tiongkok, (berbagai negara) dalam keadaan buruk. Mungkin mereka tak pernah menganggap betapa serius kondisi ini," sambung Hu.

Menurut An An, warga Wuhan lainnya, sejak pertama menyebar secara tiba-tiba, orang di Wuhan sudah memahami betapa serius dan berbahayanya virus ini. "Mungkin setiap negara, termasuk penduduk lokal Wuhan, tak pernah membayangkan penyebarannya bisa ke seluruh dunia," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembukaan Secara Bertahap

An menyambung, hidup sudah mulai kembali normal di Wuhan, dan warganya telah berkegiatan sebagaimana sebelum pandemi. "Hidup di Wuhan sudah mulai tenang sekarang," imbuhnya.

Sejak Mei, menurut South China Morning Post, memang sudah tak ada kasus baru yang dilaporkan di Wuhan. Berkaca dari situ, aturan bepergian sampai pembatasan kapasitas di tempat tertentu pun mulai dilonggarkan.

Mulai dari pesta sampai festival lokal telah diselenggarakan di Wuhan. Awalnya, langkah pencegahan tetap dilakukan dengan pembukaan secara bertahap. Sejak awal April, Wuhan memang sudah mencabut larangan bepergian antarwilayah, penanda longgarnya aturan pembatasan wilayah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.