Titik-Titik Terlarang Menaruh Kaktus di Dalam Rumah Menurut Ilmu Feng Shui

Oleh Asnida Riani pada 01 Okt 2020, 04:01 WIB
Diperbarui 01 Okt 2020, 04:01 WIB
Tanaman Kaktus
Perbesar
Ilustrasi tanaman kaktus untuk di dalam rumah. (dok. pexels/Scott Webb)

Liputan6.com, Jakarta - Kaktus bisa jadi tanaman indoor favorit banyakt orang. Perawatan yang relatif mudah dan beragam bentuk kaktus merupakan sederet alasan yang mendukungnya.

Tetapi, urusan penempatan tanaman kaktus, sebagaimana aksen lain, harus selaras dengan tampilan ruangan secara keseluruhan. Keharmonisan ini sendiri bisa dilihat dari berbagai sisi, termasuk menurut kacamata feng shui.

Mengutip laman New Strait Times, Rabu, 30 September 2020, jika tiba-tiba merasa gugup, gatal, dan mudah tersinggung, terutama setelah membeli beberapa kaktus dan meletakkannya di dalam rumah, Anda disarankan melakukan riset singkat tentang jenis tanaman itu. Lalu, cari tahu juga apakah tanaman tersebut ternyata 'mengganggu' Anda.

Menurut prinsip dasar Feng Shui, menempatkan tanaman kaktus di ruang keluarga, kamar tidur, atau pintu masuk membuatnya jadi sumber energi negatif. Ya, tanaman kaktus dipercaya membawa feng shui buruk jika ditempatkan di tempat yang salah.

Bila umumnya tanaman membawa energi positif ke rumah Anda, kaktus bisa jadi pengecualian. Meski termasuk tanaman dengan energi pelindung yang kuat, duri kaktus dianggap sebagai masalah.

Dengan tekstur tajam, duri kaktus terlihat seperti ribuan anak panah kecil yang menembakkan energi ke ruang sekitarnya. Itulah mengapa kaktus tak boleh ditempatkan di ruang keluarga, kamar tidur, atau pintu masuk.

2 dari 3 halaman

Sebaiknya Ditaruh di Mana?

Tanaman Kaktus
Perbesar
Ilustrasi tanaman kaktus untuk di dalam rumah. (dok. pexels/Elle Hughes)

Ruang keluarga adalah tempat untuk bersantai. Dengan menempatkan tanaman kaktus di sana, Anda mungkin terus-menerus 'tertusuk' ujung runcingnya yang tajam sehingga menimbulkan segala macam gangguan.

Lalu, kamar tidur adalah tempat Anda menemukan kenyamanan dan kedamaian beristirahat. Anda tentu tak ingin segala bentuk energi negatif mengganggu ketenangan tidur Anda. Jika memiliki tanaman kaktus di kamar tidur, Anda mungkin akan tertusuk sesekali.

Dapur adalah tempat memasak makanan dan menyiapkan minuman untuk keluarga, juga tamu. Menempatkan kaktus di dapur kemungkinan akan merusak rasa karena mengeluarkan energi negatif yang dapat ditransfer ke makanan dan akhirnya pada orang yang memakan makanan tersebut.

Jangan letakkan tanaman kaktus terlalu dekat dengan pintu masuk atau pintu utama. Anda ingin area ini sebebas mungkin untuk mendapatkan energi baru yang menyegarkan masuk ke dalam rumah.

Sebagai ganti, tempatkan tanaman kaktus Anda di tempat dengan aliran udara yang baik. Penempatan feng shui yang baik untuk tanaman kaktus melindungi orang dari pancaran energi negatif duri kaktus ke segala arah.

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker
Perbesar
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓