Sukses

Cotton Day Kembali Digelar untuk Dorong Transformasi Industri Tekstil Pasca Pandemi

U.S. Cotton Trust Protocol menetapkan standar baru untuk kapas yang ditanam secara lebih berkelanjutan.

Liputan6.com, Jakarta – Guna mendukung Bisnis Garmen di Indonesia dan Global, Cotton Council International (CCI) memperkenalkan beberapa program yang dapat membantu pelaku industri dalam menghadapi berbagai tantangan industri. Di tengah pandemi, CCI juga terus berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan bisnis garmen, baik secara global maupun di Indonesia melalui berbagai inisiatif.

Salah satunya adalah U.S. Cotton Trust Protocol®. Dalam proses pengawasan rantai pasokan yang semakin ketat dan permintaan yang terus meningkat akan transparansi dan keberlanjutan, U.S. Cotton Trust Protocol menetapkan standar baru untuk kapas yang ditanam secara lebih berkelanjutan.

U.S. Cotton Trust Protocol merupakan pelengkap program-program keberlanjutan yang sudah dibuat sebelumnya dan didesain untuk sejalan dengan lingkungan pembudidayaan massal kapas Amerika Serikat. Tujuan dari program ini adalah untuk membuktikan, mengukur, dan memverifikasi kredensial keberlanjutan yang terus meningkat dari kapas AS.

Gary Adams selaku National Cotton Council (NCC) President juga mengatakan, pihaknya saat ini terus mendukung pertumbuhan bisnis garmen, baik secara global maupun di Indonesia. Adams menjelaskan, pihaknya memiliki program U.S. Cotton Trust Protocol sebagai wujud dukungan bagi para pelaku industri garmen tersebut. Menurutnya, program ini merupakan pelengkap program keberlanjutan yang ada yang dirancang dari bawah ke atas agar kompatibel dengan lingkungan pertanian massal kapas AS

Dengan bergabung dengan program ini, anggota dapat membuktikan, mengukur, dan memverifikasi bahwa mereka membeli serat yang diproduksi secara berkelanjutan dan berkualitas, dan bahwa rantai pasokan dari lapangan ke pabrik bebas dari risiko lingkungan dan sosial.

Hal ini telah dibuktikan melalui melalui Field to Market, diukur dengan Fieldprint Calculator, dan diverifikasi dengan Control Union Certifications yang dilengkapi dengan teknologi terbaik saat ini. Trust Protocol telah ditambahkan ke dalam daftar 36 serat dan bahan pilihan yang direkomendasikan Textile Exchange yang dapat dipilih oleh lebih dari 170 brand dan peritel yang berpartisipasi sebagai bagian dari program Material Change Index dari Textile Exchange.

16.000 perkebunan kapas di Amerika Serikat telah berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan selama beberapa dekade. Selama 35 tahun terakhir, produksi kapas A.S. telah menggunakan 82% lebih sedikit air per bal dan 38% lebih sedikit energi, mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 30% dan mengurangi penggunaan lahan per bal sebesar 31%.

Kedepannya Trust Protocol juga memiliki tujuan yang ambisius untuk 2025. Menjelang tahun 2025, Trust Protocol bertujuan memasukkan lebih dari separuh produksi ke dalam program keberlanjutannya. “Peningkatan efisiensi penggunaan lahan sebesar 31%, pengurangan kehilangan tanah sebesar 44%, penurunan efisiensi air sebesar 82%, energi sebesar 38%, dan emisi gas rumah kaca sebesar 30%.

Jadi, ada rekam jejak di mana kami berada ' Kami pernah, tapi kami tahu, sebagai industri, itu tidak cukup. Kami juga perlu melihat ke depan. Dan, sebagai sebuah industri, kami bersatu untuk menetapkan tujuan nasional untuk perbaikan terus-menerus. ”Kata Gary Adams.

“Dan saat kami bergerak dari tahun 2015, yang mewakili data terakhir yang kami miliki, kami ingin melihat ke tahun 2025, dan, semoga, melihat peningkatan 13% lebih lanjut dalam efisiensi penggunaan lahan, 30% peningkatan karbon tanah, 50% tanah. pengurangan kehilangan, pengurangan air 18%, dan pengurangan gas rumah kaca 39% yang sangat selaras dengan kesepakatan iklim Paris. Jadi, itulah tujuan-tujuan yang kami miliki untuk perbaikan terus-menerus ke depan." kata Adams.

COTTON USA Solutions bagi industri tekstil

Bruce Atherley selaku Executive Director CCI juga mengatakan saat ini CCI memberikan solusi bagi pabrik dan pabrik. Program ini merupakan ide inovatif yang menawarkan kepada pabrik pemintalan pandangan mendalam tentang bagaimana rekan praktisi industri melakukan bisnis dan meningkatkan produktivitas.

Pelaku industri garmen di Thailand, Vietnam, Indonesia, dan Turki dapat mengikuti program pertukaran pengetahuan ini. "Selama dua setengah tahun terakhir, seperti yang Anda ketahui, kami telah membuat tim konsultasi baru yang terdiri dari pakar pemintalan dari seluruh dunia dengan satu tujuan, membantu pabrik menghasilkan lebih banyak keuntungan.

Kami memiliki pepatah di CCI, bahwa memintal kapas bukanlah tentang membuat benang. Memintal kapas adalah tentang menghasilkan uang. " kata Atherley. CCI memiliki lima penawaran untuk COTTON USA Solutions™. Lima solusi tersebut adalah Mill Studies, Technical Seminar, Mills Exchange Program, One-on-One Mills Consults, dan Mill Mastery Course.

Mill Exchange Program tahun lalu telah dilakukan di 7 negara dengan puluhan peserta. Riset yang dilaksanakan oleh Yehia Elmogahzy dan David Sasso untuk Cotton Council International memberikan gambaran bahwa perusahaan yang mengikuti Mill Exchange Program mengalami efisiensi sebesar 18.5% terkait biaya produksi dan pemrosesan serat kapas AS.

Dalam Mill Exchange Program, partisipan akan diundang untuk mengikuti ikut tur ke fasilitas pabrik yang telah memiliki kapasitas dalam melakukan produksi sehingga dapat memperlihatkan setiap proses mereka, dari gudang ke tempat pemintalan yang nantinya dapat diaplikasikan ke bisnis mereka di negaranya masing-masing.

Mill Mastery Course adalah solusi dimana CCI bermitra dengan begitu banyak pabrik di seluruh dunia, CCI telah mengumpulkan pengetahuan-pengetahuan penting yang akan dibuat menjadi kursus, buku teks, atau keduanya untuk para pelaku industri.

Dalam program Virtual Mill Doctor (one-on-one mill consult) yang akan dimulai bulan Agustus, tim teknis dari CCI dapat melakukan kunjungan virtual jarak jauh dan membuat rekomendasi untuk membantu meningkatkan efisiensi, menurunkan biaya. Tim teknis CCI tiga tahun lalu hanya terdiri dari satu orang. Sekarang, CCI memiliki delapan orang di tim kami yang berlokasi di banyak negara di seluruh dunia.

Selain seminar yang telah rutin dilakukan di berbagai negara termasuk Indonesia, CCI juga memiliki perpustakaan untuk Mill Studies yang memiliki banyak sekali informasi dan pengetahuan mengenai Mill. Lima solusi dari CCI sedang diuji coba pada bulan September, siap untuk diterapkan pada bulan Oktober. Kelima penawaran ini gratis untuk pemegang lisensi COTTON USA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.