Sukses

7 Jenis Bunga Cantik yang Bisa Dimakan

Tak hanya mempercantik, bunga-bunga yang disebut edible flower itu juga memberikan aroma pada sajian.

Liputan6.com, Jakarta - Edible flower atau bunga yang bisa dimakan makin sering terlihat dalam sejumlah sajian. Warna-warna terang yang dimilikinya makin mempercantik tampilan makanan maupun minuman. Selain itu, bunga juga bisa memberikan aroma ke dalam hidangan.

Tapi, tak setiap bunga termasuk edible flower. Pengetahuan terkait itu diperlukan agar tak salah menyantapnya. Kalaupun Anda menemukan yang mirip, pastikan bunga tersebut dibudidayakan secara organik. Pasalnya, edible flower biasanya disantap mentah tanpa melalui proses memasak menggunakan panas, seperti dicampurkan dalam salad atau didinginkan bersama es batu.

Ketika hendak memasak atau menggunakan edible flower, bersihkan terlebih dulu dengan mencucinya di mangkuk besar berisi air dingin. Selanjutnya, biarkan mengering di atas tisu dapur. Anda bisa menggunakannya segera tau menyimpannya di dalam kulkas hingga seminggu asalkan ditempatkan dalam kontainer hampa udara yang dilapisi tisu lembab.

Dari sederet bunga yang ada, apa saja yang termasuk edible flower? Berikut enam di antaranya seperti dilansir dari Southern Living, Jumat, 18 September 2020.

1. Bunga Borage

Bunga biru cantik yang mirip bintang itu berasal dari tanaman borage. Rasanya sedikit mirip mentimun sehingga banyak yang menggunakannya sebagai salah satu campuran salad sejak era Elizabeth I. Bunga borage juga cocok untuk ditambahkan ke dalam minuman lemon karena menyegarkan.

 

 

2. Bunga Calendula

Dikenal pula sebagai saffronnya orang miskin, bunga marigold yang kekuningan seperti semburat senja memang terasa seperti saffron. Utamanya setelah ditumis di minyak zaitun untuk melepaskan aromanya. Itu pula cara untuk membuat infusi minyak calendula. Sementara, kelopak marigold yang tidak dimasak memiliki rasa yang lebih lembut dan sedikit pedas.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Bunga Kembang Sepatu

Siapa sangka bunga kembang sepatu hanya cantik untuk menghiasi halaman rumah? Bunga ini ternyata memiliki aroma mirip cranberry sehingga cocok untuk dicampurkan dalam teh maupun dessert, seperti tart. Celupkan tunas bunga kembang sepatu ke dalam gelas, biarkan tamu Anda melihatnya mengembang di depan mata mereka.

 

4. Bunga Lavender

Aromanya manis dan sekilas seperti parfum membuatnya cocok ketika ditaburkan di atas dessert seperti kue cokelat. Anda juga bisa menggunakan lavender yang masih kuncup di atas es krim vanila. Sensasinya unik.

 

 

3 dari 3 halaman

5. Bunga Mawar

Siapa yang tak mengenal mawar? Bunga satu ini memiliki aroma yang cukup lembut dan buah-buahan. Dengan kekayaan aroma itu, bunga mawar cocok jadi tambahan untuk berbagai makanan dan minuman, mulai dari sup dan salad, hingga teh, selai, dan berbagai dessert lezat.

 

 

6. Nasturtium

Bunga cantik berwarna-warni mungkin paling sering Anda lihat untuk mempercantik tampilan makanan. Rasanya sedikit pedas seperti merica, tetapi juga mirip dengan selada air. Dengan begitu, ia sangat tepat untuk jadi isian lumpia Vietnam. Anda juga bisa menggunakannya dalam mousse asam atau carpaccio daging sapi (sejenis daging iris yang disajikan mentah).

6. Bunga Violet

Violet memiliki rentang warna beragam, dari pastel hingga cerah. Memiliki rasa manis dan aroma bunga, violet cucuk untuk segalanya, mulai dari salad hingga minuman dingin. Mereka sangat cantik ketika dikristalisasi dan ditaruh di atas kue krim atau camilan manis lainnya. (Vriskey Herdiyani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.