Sukses

Lomba Balap Sepeda Dunia Bisa Ditonton Langsung di Rumah dengan Stadion Global

Teknologi ini memungkinkan penggemar Tour de France untuk menyaksikan balapan dari rumah mereka sendiri.

Liputan6.com, Jakarta – Sejak pandemi corona Covid-19 muncul di awal tahun 2020, berbagai event berskala internasional dari beragam industri dengan sangat terpaksa harus dibatalkan atau ditunda. Dapat dibayangkan berapa kerugian yang dialami oleh penyelenggara semua event, baik dari industri musik, teknologi, olahraga, perfilman dan industri lainnya. Menimbang situasi yang belum cepat normal kembali, kondisi penyelenggaraan acara-acara tersebut harus dengan cepat disesuaikan agar tidak terjadi mati suri dalam dunia event internasional.

Salah satu event olahraga dunia bergengsi yang juga mengalami imbasnya adalah Tour de France, ajang perlombaan bersepeda yang berbasis di Paris, Perancis, yang telah dilangsungkan sejak tahun 1903. Walau tidak dibatalkan, namun event tahunan ini juga mengalami penundaan, di mana baru dapat diadakan pada 29 Agustus 2020 dan akan berakhir pada 20 September 2020.

Untungnya, walau sedikit tertunda karena dampak Covid-19, event ini tetap dapat dilangsungkan karena dengan sigap. Amaury Sport Organization (ASO) bersama dengan NTT Ltd. sebagai mitra teknologi, dengan menghadirkan Tour de France 2020 agar dapat dinikmati langsung di rumah penonton dengan pengalaman ‘stadion global’.

Teknologi ini memungkinkan penggemar Tour de France untuk menyaksikan balapan dari rumah mereka sendiri dan mereka diharapkan akan mendapatkan pengalaman unik dan tetap merasakan sensasi seperti berada di venue acara dengan ‘stadion global’ virtual.

Secara teknis, 70 karyawan NTT dari lima benua beroperasi secara remote untuk mendukung perlombaan dengan mengembangkan ‘Zona Virtual Teknis’ yang menyatukan berbagai teknologi sehingga menghadirkan pengalaman virtual event Tour de France dari jauh untuk pertama kalinya. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan para staf yang bekerja, mendukung berlangsungnya balap sepeda tersebut dan sekaligus memberikan pengalaman yang lebih baik bagi penggemarnya.

Untuk menciptakan ‘stadion global’ digital bagi penggemar Tour de France 2020 yang tidak bisa berada di venue acara tahun ini, NTT dan A.S.O telah memanfaatkan kemampuan analitik data mereka yang canggih dan secara real-time. Data dan analitik itu ditampilkan secara langsung di berbagai saluran termasuk:

Aplikasi Augmented Reality Data (AR) terbaru:

Selain rekaman balapan langsung, aplikasi ini memberikan pilihan dengan cara unik kepada pengguna untuk melihat dan berinteraksi dengan data balapan dan pemandangan lintasan Tour de France yang menakjubkan secara langsung. Untuk pertama kalinya, penggemar dapat menikmati besarnya acara dalam bentuk 3D dari rumah mereka.

Dengan pemandangan langit yang belum pernah ada sebelumnya, mereka dapat melihat pengendara di antara pegunungan, lembah, sungai, dan danau, dan mereka memiliki akses ke data interaktif balapan secara langsung sambil mereka dapat merasakan sensasi seperti benar-benar melihat balapan dari helikopter.

Data tambahan untuk siaran langsung televisi: NTT Ltd. dan A.S.O memberikan wawasan dan visualisasi data baru sebagai bagian dari siaran langsung televisi. Dengan hal ini, maka memberikan cara baru untuk melihat dan memahami balapan, dan performa setiap tim.

Saluran sosial @letourdata: Data yang dibagikan di saluran @letourdata memungkinkan penggemar untuk mengetahui apa yang terjadi dengan balapan, meskipun mereka sedang dalam perjalanan. Ini juga memberikan wawasan yang lebih dalam tentang kinerja pengendara sepeda, strategi tim mereka, dan prediksi yang dihasilkan dari #NTTPredictor.

Game resmi 'Tour de France Fantasy': Gamifikasi balapan meningkatkan pengalaman para penggemar, dengan prediksi pembelajaran mesin yang disediakan oleh #NTTPredictor di setiap tahapan. Dengan demikian, penggemar dapat membenamkan diri dalam pengalaman Tour de France, bersaing dengan penggemar yang memiliki pemikiran yang sama.

 

Pusat Balapan Tour de France: Platform pelacakan langsung Tour de France juga telah dikembangkan kembali sepenuhnya untuk tahun 2020 agar dapat meningkatkan pengalaman pengguna, dan memanfaatkan layanan platform cloud yang canggih. Race Center 2.0 memberikan pengalaman layar kedua, dengan menampilkan data balapan utama, telemetri pengendara langsung, dan wawasan lainnya termasuk prediksi balapan dan komentar yang diberikan saat balapan berlangsung.

Layanan kolaborasi terkelola dari NTT Ltd. ini memungkinkan tim dukungan teknologi global untuk berkomunikasi dan memberikan pendekatan desain yang aman sehingga memungkinkan pengelolaan ancaman untuk dilakukam secara real time, dengan memastikan adanya keamanan yang ketat.

Perlu diketahui bahwa pengalaman ini merupakan yang pertama kali di bidang olah raga manapun, termasuk untuk Tour de France. Hal ini dijelaskan oleh Ruth Rowan, Chief Marketing Officer, NTT Ltd,  “Segala sesuatu yang sebelumnya dilakukan secara fisik telah dipindahkan ke lingkungan yang dapat dipantau dari jarak jauh. 

Olahraga memiliki kekuatan untuk menginspirasi masyarakat dan kami ingin agar publik dapat menikmati ajang bergengsi ini meskipun penonton tidak bisa berada tepat di tepi lintasan jalan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Kolaborasi kami dengan A.S.O. telah menunjukkan bahwa ketika kita bekerjasama, kita dapat menemukan solusi untuk melakukan hal-hal yang hebat. Dengan inovasi ini berarti penggemar dapat melihat balapan dengan cara yang berbeda, benar-benar lebih dekat dengan aksi yang dilakukan dan lebih banyak orang dapat menikmatinya secara aman dibandingkan sebelumnya."

Untuk 40.000 karyawannya, NTT Ltd. juga telah meluncurkan Tour de France Hackfest – yaitu sebuah kompetisi di mana siapapun dari seluruh bisnis dapat menyarankan inovasi masa depan untuk perlombaan guna mendukung terciptanya stadion terbesar dunia yang terhubung. Inisiatif ini telah mendorong karyawan-karyawan untuk berpikir secara berbeda dan juga telah menghasilkan budaya inovasi pada perusahaan.

“Pendekatan yang kami ambil di Tour de France tahun ini telah merevolusi cara penyelenggaraan acara olahraga di masa depan. Kami menggunakan teknologi untuk membawa pengalaman penggemar ke level berikutnya. Tantangan baru yang telah kami atasi dalam mempersiapkan balapan tahun ini adalah dengan menginspirasi tim kami untuk mengembangkan lebih banyak ide-ide fantastis guna menarik generasi baru penggemar yang paham digital,” lanjut Rowan.

Mengomentari terkait lima tahun kerjasama dengan NTT, Yann Le Moenner, Chief Executive, A.S.O mengatakan, “Selama lima tahun terakhir, kami telah membangun Tour de France bersama NTT Ltd. dan kami telah melanjutkan perjalanan transformasi digital kami dalam keadaan yang unik tahun ini.

Orang telah melihat manfaat dari olahraga bahkan selama pandemi ini. Banyak orang berolahraga selama lockdown dan sekarang bahkan lebih banyak orang bersepeda untuk bepergian. Kami dapat menggunakan teknologi untuk memastikan pengalaman penggemar yang didapatkan lebih dari sebelumnya.

Perubahan ini bagus untuk dunia. Misalnya, jika kami dapat menggunakan Tour de France sebagai platform untuk mempercepat bersepeda di kota, kami dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dan mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.