Sukses

Lewat Aplikasi Android, Roniwong Cetak Banyak Orang Sukses

Ia bermimpi untuk bisa berhasil menciptakan orang-orang sukses dari aplikasi Android yang ia ajarkan.

Liputan6.com, Jakarta – Banyak cara untuk meraih keberhasilan. Jalan menuju sukses seringkali harus melewati proses yang berdarah-darah. Mungkin terkesan berlebihan, tapi pada akhirnya proses tak akan mengkhianati hasil.

Seperti pengalaman pria asal Tegal, Roniwong, mentor aplikasi Android.Usai melewati fase jatuh bangun, kini ia telah menemukan passionnya. Roniwong menjadi sosok yang dipercaya banyak orang sebagai mentor Android. Roniwong berhasil mengajari lebih dari 100 orang untuk bisa menghasilkan pundi-pundi hanya dari aplikasi Android.

Berkatnya, mereka kini bisa berpenghasilan lebih dari Rp 10 juta per bulan.Menariknya, kegiatan tersebut ia lakukan secara sukarela alias ia tidak meminta bayaran sama sekali. Hal itu karena Roni memiliki prinsip: Bukalah jalan rejeki orang lain, maka rejekimu akan terbuka lebar.

"Sejak perjalanan dari tahun 2012 alhamdulillah saya ajarin orang tentang android dan tidak ada satu pun yang saya mintain bayar," ungkapnya. Ia memiliki mimpi untuk bisa berhasil menciptakan orang-orang sukses dari aplikasi Android yang ia ajarkan.

Kemampuannya ini ia pelajari secara otodidak hingga menjadi profesional.Bermula sebagai pemburu lowongan pekerjaan, pada 2010, Roni bertolak ke Karawang untuk menjemput rezeki. Di sana, ia diterima sebagai sales di sebuah pabrik cat. Namun sayang, keterbatasan transportasi membuatnya harus mundur dari pekerjaan itu.

Hal itu ternyata tak menyurutkan semangatnya. Sembari melamar pekerjaan, ia membantu bersih-bersih di salah satu Masjid di Karawang. Suatu ketika, ia menyaksikan acara di televisi dengan narasumber seseorang dengan cerita yang inspiratif yang juga sukses memotivasi Roni untuk maju.

"Manfaatkan apa yang kamu punya," menjadi kalimat ajaib yang mempu membangkitkan semangatnya mengembangkan diri. Saat itu, ia teringat hanya memiliki komputer dan koneksi internet.Memanfaatkan dua sarana itu, ia mengeksplore keterampilannya belajar komputer lewat Google. Semua ia lakukan secara otodidak dan hanya mengandalkan akses internet.

Tiga bulan tinggal di Karawang, ia sudah menghasilkan uang sejumlah Rp 1,3 juta per bulan dari blogspot. Ia memanfaatkan segala peluang dari blogspot tersebut, termasuk pasokan iklan. Bulan ke lima, Roni mulai terdaftar di forum ads.id.

Dari situ ia mulai memperdalam ilmu dan relasi. Ia berani menjalin relasi dengan forum yang di huni orang-orang manca negara alias bule. Namun sayang, lagi-lagi ia harus kehilangan pekerjaannya. Kantornya terpaksa tutup karena permasalahan teknis.

Roni tak tinggal diam, ia tetap menjalin hubungan baik dengan relasi bulenya.Pertama kali kenal Android, ia belajar di forum bule warior pada tahun 2012. Dari sana, skill Roni semakin meningkat hingga ia bisa menjadi mentor lewat aplikasi Android.

Hal yang mengejutkan lagi, ia mengaku semua tim yang mengerjakan aplikasi Android ini hampir semua hanya lulusan SD. Penghasilan yang mereka dapat dari Google, lewat aplikasi Andorid ini, digunakan untuk kemakmuran timnya dan disumbangkan ke pondok pesantren sekitar.

Lewat kemampuan dan pencapaiannya, hati Roniwong terketuk membantu siapa saja yang ingin belajar aplikasi Android secara gratis. Ia melakukan ini semua, tak lain untuk membuat anaknya bangga memiliki ayah yang dermawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.