Cara Meredakan Rasa Gelisah di Tengah Pandemi

Oleh Liputan6.com pada 15 Sep 2020, 01:11 WIB
Diperbarui 19 Sep 2020, 02:52 WIB
Menolaknya Melalui Pesan Singkat atau Panggilan Telepon
Perbesar
Ilustrasi Mengetik Pesan Credit: pexels.com/Kaboompics

Liputan6.com, Jakarta – Tidak ada yang kata nyaman dalam situasi penuh ketidakpastian. Perasaan insecure atau khawatir yang berlebihan kerap jadi situasi yang mulai banyak dibicarakan, khususnya saat masih pandemi. Meskipun sudah diterapkan new normal, tapi memilih tetap beraktivitas di rumah dan keluar seperlunya jadi hal yang bisa kamu terapkan demi menghindari penularan.

Perasaan itu terasa wajar, dan hal tersebut juga dialami banyak orang. Dilansir dari Good Therapy, tidak ada penyebab pasti seseorang merasa insecure terhadap diri maupun kehidupannya.

Mulai dari faktor ekonomi seseorang, lingkungan, dan hubungan sosial bisa menyebabkan seseorang alami rasa insecure. Berikut tips meredakan insecure yang bisa kamu terapkan.

Batasi konsumsi berita

Tak ada yang salah dengan membatasi diri dari terpaan berita Corona. Kamu juga harus memilah-milah menerima informasi. Pastikan kamu mendapat informasi dari lembaga dan media yang terpercaya.

Apabila mengalami cemas di tengah ketidakpastian, itu sesuatu yang normal. Karena hampir semua orang mengalami hal yang sama. Justru perasaan cemas, membuat kita waspada dan kepedulian untuk berkontribusi melakukan hal apapun agar pandemi lekas berakhir.

Kamu juga bisa mengimbangi konsumsi berita dengan konten-konten yang kamu suka. Jadi nggak gampang kepikiran soal yang buruk-buruk.

Buat rutinitas berbeda

Suka tidak suka, self quarantine mengubah banyak rutinitas kita. Biasanya jam 8 udah menuju kantor, sekarang masih di kasur (bangunnya 10 menit sebelum meeting, misalnya).

Biasanya buka kulkas cuma dua kali sehari, sekarang 20 kali sehari padahal isi kulkas sama saja. Kamu perlu membuat rutinitas baru supaya otak lebih aktif. Buat to do list dan bangun komitmen untuk melakukannya.

Bikin proyek

Mumpung karantina, kamu bisa lebih fleksibel mengatur waktu. Buatlah satu atau beberapa project kecil yang jadi passion kamu. Buatlah yang sederhana saja tapi tetap menarik.

Proyek kecil seperti berkebun, membuat vlog, atau apapun yang jadi kesukaan kamu. List apa yang kamu butuhkan, dan buat. Jika sudah selesai, centang atau coret dari daftar project. Hal itu bisa menimbulkan kepuasan batin tersendiri.

Rekam momen-momen seru project kamu dengan Oppo Reno4. Karena Reno4 dibekali kamera belakang beresolusi 48 MP, 8 MP, 2 MP, dan 2 MP. Kamera selfie Reno4 juga udah disematkan fitur Ultra Steady Video 3.0. Ditambah algoritma Electronic Image Stabilization membuat rekaman video saat berjalan atau lari nggak shacking.

Ultra Steady Video 3.0 juga dirancang mempermudah pengguna untuk menangkap video yang stabil dari sebuah aktivitas berintensitas tinggi seperti berjalan, berlari atau bersepeda. Jadi gambar yang diambil tetap stabil tanpa perlu gimbal tambahan. Bisa produktif banget olahraga sambil ekspresikan kreativitas dengan mobile photography.

ilustrasi nonton film
Perbesar
Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Hubungi orang terdekat

“Self quarantine terasa menyiksa karena aku ekstrovert.”

Acara nongkrong bisa diganti pakai platform digital. Sekarang banyak banget medsos yang dilengkapi fitur video call. Menghubungi orang terdekat juga jadi obat manjur untuk mengalihkan kita dari pikiran-pikiran negatif selama karantina. Karena sejatinya kita adalah makhluk sosial.

Untuk kualitas video call yang hakiki, gunakan iPhone 11. iPhone 11 memiliki dua kamera belakang (wide, ultra wide), dari sebelumnya hanya satu di iPhone XR. Ponsel iPhone 11 memiliki layar liquid Retina HD sebesar 6,1 inci. Ukurannya sangat pas dalam genggaman, nggak terlalu besar atau terlalu kecil.

Dengan baterai sebesar 3110 mAh, iPhone 11 akan bertahan hingga 17 jam penggunaan normal, dan 10 jam pemutaran video yang terus-menerus. Ponsel iPhone 11 cocok banget buat kamu yang rutinitasnya pemakaian smartphone untuk komunikasi atau sosial media.

Itu tadi tips mengatasi rasa insecure yang berlebihan. Oppo Reno4 dan iPhone 11 buat gadget produktif dan kreativitasmu dijual di store Erafone. Enaknya beli di Erafone barang #PastiTerjamin original dan bergaransi TAM. Jadi kalau kenapa-kenapa bisa ditangani dengan baik.

Belanja di Erafone, daftar member Eraclub aja! Setiap belanja produk di semua retail Erajaya Group, kamu bisa dapat point dan sejumlah penawaran menarik lainnya. Pointnya juga bisa dipakai buat belanja,

Kalau malas ke store, tinggal belanja di www.eraspace.com. Ada 3 Shopping Option yang bisa kamu pilih. Belanja online dengan pengiriman reguler lewat JNE atau langsung dikirim instant courier dari store terdekat dengan EraXPress. Kamu juga bisa belanja online dan langsung ambil barangnya di toko terdekat dengan layanan ClickNPickup.

Kamu juga bisa datang langsung ke store Erafone.. Store Erafone juga menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran Pemerintah. Erafone menerapkan sanitasi terhadap produk saat proses pengiriman maupun belanja langsung sehingga produk aman digunakan. Atau untuk pemesanan juga bisa dilakukan melalui nomor WA resmi Erafone. Info lebih lanjut kunjungi official instagram @erafonestores.