Sukses

5 Tips Mengatur Waktu Demi WFH yang Lebih Baik

Hindari bekerja di atas kasur. Tempatilah sudut ruangan di rumah yang kira-kira paling nyaman untuk kerja atau belajar.

Liputan6.com, Jakarta – Time is money, waktu adalah uang, begitulah orang sukses berkata. Sejatinya mengatur waktu kerja adalah seni yang harus dimiliki setiap orang. Tidak ada cara yang pasti untuk mengatur waktu. Namun menentukan skala prioritas adalah unsur penting mengatur jadwal sehari-hari.

Terlebih saat work from home (WFH) di masa pandemi seperti sekarang ini. Tak jarang kita dituntut untuk lebih produktif dan lihai mengatur waktu. Belum lagi kalau satu hari banyak meeting project penting.

Menghindari keteteran, berikut tips ampuh mengatur waktu saat work from home supaya lebih efektif.

Bangun lebih pagi

Mentang-mentang kerja di rumah, kita bisa bangun 5 menit sebelum online meeting. Sebaiknya hal seperti ini dihindari. Karena bangun tidur langsung kerja nggak bikin kamu lebih produktif, malah bikin kepala pusing. Hal ini disebabkan mata yang belum siap menerima paparan cahaya gawai.

Sebelum conference call, sebaiknya kamu bangun lebih pagi. Awali hari dengan segelas air mineral dan mandi. Sediakan waktu juga untuk sarapan dengan kadar protein yang lebih tinggi. Supaya kamu tidak mudah lapar!

Tentukan spot kerja

Hindari bekerja di atas kasur. BIG NO! Tempatilah sudut ruangan di rumah yang kira-kira paling nyaman untuk kerja atau belajar. Boleh juga menambahkan pernak pernik lucu seperti lampu belajar, foto-foto, tanaman hias, atau bahkan cemilan sehingga belajar pun bisa lebih menyenangkan.

Kerja maksimal saat puncak produktivitas

Kadang tidak ada sesuatu yang sulit, yang sulit adalah memulainya. Seperti olahraga, kerja juga membutuhkan pace. Saat awal-awal berlari misalkan, kamu mungkin merasa terengah-engah di awal. Tapi semakin lama berlari, kamu menemukan irama dan menuju peak speed saat running. Bahkan kalau kalau peak, capeknya justru hilang.

Saat menemukan puncak produktivitas, kamu bisa menyelesaikan banyak tanggung jawab, lho. Tugasmu adalah memulai dan keep doing aja dulu! Tidak kerasa, kerjaan udah beres. Yang penting ada niat untuk memulai.

Supaya kerja makin produktif efektif dan efisien kamu juga bisa pakai tablet dengan tambahan stylus dan smart keyboard untuk mengerjakan banyak hal.

Mulai dari bikin presentasi, membaca dokumen, corat-coret notes selama meeting, jadi bisa melengkapi device selama work frome home. Mulai dari Samsung Galaxy Tab, Apple iPad atau tablet Huawei MatePad. Jadi ada device pelengkap produktivitas untuk kerja atau bikin konten.

Salah satu fitur yang bikin makin produktif adalah perekaman audio saat mencatat di layar. Ketika harus buka notes lagi, kamu bisa memutar rekaman suara selama meeting. Jadi kalau lupa konteks soal materi yang dicatat, tinggal putar rekaman meeting. Easy right?

Tired? Get rest!

Namanya kerja di mana pun itu pasti butuh rehat. Saat istirahat kamu bisa mengisi waktu dengan makan siang sambil streaming film atau series seru dengan tablet dari Samsung.

Selain memiliki layar lega, Samsung Galaxy Tab ini juga sudah disematkan speaker ganda besutan AKG yang menjanjikan kualitas suara yang bikin nyaman gendang telinga. Selain itu juga ditanamkan teknologi Dolby Atmos 3D surround sound untuk pengalaman audio yang lebih punchy.

Supaya nonton film jadi lebih powerful lagi kamu bisa mengkoneksikan tablet dengan speaker JBL atau Harman Kardon. Selain dibekali suara menggelegar, keduanya juga punya desain unik yang cocok jadi aksesoris di living room atau kamarmu.

Tetapkan waktu khusus untuk special project

Bukan berarti project satu penting yang lainnya nggak. Tapi memang tidak jarang kita dihadapkan kerjaan yang butuh perhatian khusus dan treatment-nya juga spesial. Tak ada salahnya kamu menetapkan waktu atau jam tertentu untuk mengerjakannya. Apalagi saat pekerjaan tersebut membutuhkan koordinasi dari rekan setim.

Demi WFH yang lebih baik, sudah saatnya kamu investasi ke laptop dengan spesifikasi mumpuni kayak Huawei MateBook. Alih-alih menempatkan kamera di bagian bezel, Matebook memasang kamera ke tombol fungsi keyboard.

Untuk melindungi privasi, tombol power Huawei MateBook juga sudah dilengkapi fingerprint. Jadi nggak sembarangan orang bisa mengoperasikan laptop kamu.

Tak jarang saat WFH kita bisa lebih sibuk daripada kerja di kantor. Yang repot, kalau ingin belanja tapi tak ada waktu keluar rumah. Apalagi di momen seperti sekarang, yang mana kita mesti menghindari keramaian. Untungnya sekarang udah serba online! Jadi belanja juga bisa dilakukan sembari kerja. Jadi lebih hemat waktu dan kerja jadi lebih produktif.

Sambil istirahat kerja, kamu bisa pantengin exhibition gadget online di Erafone Fair. Erafone juga berkomitmen menjual produk bergaransi resmi, jaminan keamanan, dan pengalaman extraordinary dalam belanja online. Karena saat berbelanja kamu bisa dapet informasi produk yang kamu mau lewat diskusi dan product knowledge.

Ada 3 Shopping Option yang bisa dipilih saat belanja di Erafone. Belanja online dengan pengiriman reguler lewat JNE atau langsung dikirim kurir instan dari store terdekat dengan EraXPress. Kamu juga bisa belanja online dan langsung ambil barangnya di toko terdekat dengan layanan ClickNPickup. Erafone juga g menawarkan pilihan belanja dengan pemesanan melalui nomor WA atau akun Instagram resmi Erafone.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini