Penggemar Jimin BTS Galang Dana untuk Bantu Ibu Tunggal di Arab Saudi

Oleh Asnida Riani pada 08 Sep 2020, 20:01 WIB
Diperbarui 08 Sep 2020, 20:01 WIB
Jimin BTS (Big Hit Entertainment via Soompi)
Perbesar
Jimin BTS (Big Hit Entertainment via Soompi)

Liputan6.com, Jakarta - Momen ulang tahun idol favorit tentu bisa diisi dengan ragam kegiatan menarik oleh para penggemar. Namun, membantu sesama jadi pilihan para penggemar Jimin BTS asal Arab Saudi.

Pemilik nama lengkap Park Ji-min ini bakal merayakan ulang tahun ke-25 pada 13 Oktober mendatang. Mengutip laman allkpop, Selasa (8/9/2020), sebagai bagian dari proyek ulang tahun Jimin, basis penggemarnya, SAUDIJIMIN, telah menggalang donasi atas nama sang idol.

Dana yang terkumpul dilaporkan sebesar 21 ribu dolar AS atau setara Rp311 juta dan bakal disumbangkan demi meringankan kesulitan finansial ibu tunggal beranak tiga yang tak disebutkan namanya. Bantuan itu termasuk di dalamnya adalah pembayaran sewa rumah.

Jumlah donasi tersebut dipaparkan terkumpul setelah dibuka selama tiga hari lewat situs web pemerintah setempat, Jood. Kegiatan bermisi sosial ini nyatanya bukanlah event satu-satunya yang digerakkan para penggemar Jimin BTS.

Masih dalam rangka selebrasi ulang tahun sang idol, penggemar dari berbagai negara telah menyusun segudang acara penggalangan dana. Beberapa idenya berupa donor darah dan mengumpulkan uang untuk anak pengidap kanker.

Para penggemar Jimin BTS pun telah secara regular berdonasi dalam upaya penanggulangan COVID-19, melawan kebakaran hutan di Australia, serta pemulihan banjir di Korea Selatan. Juga, pengadaan produk kebersihan bagi perempuan yang tinggal di daerah tertinggal di Cina.

2 dari 3 halaman

Terpengaruh Kepribadian Jimin BTS

Jimin BTS
Perbesar
Memiliki kemiripan seperti Pangeran Eric di The Little Mermaid. Salah satu personil boy group BTS, Jimin seringkali dianggap cocok untuk memerankan sosok Pangeran Eric. (Liputan6.com/IG/bighit_exhibition)

Di samping momen yang sudah disebutkan, yang paling baru, para penggemar Jimin BTS juga membantu korban insiden ledakan di Beirut, Lebanon, lewat donasi. Menurut laporan Koreaboo, kabar pengumpulan donasi ini awalnya disebarkan lewat media sosial.

Tak berapa lama dibuka, donasi untuk para korban ledakan Beirut, Lebanon pun kembali diperbarui. Lewat kicauan, beberapa basis penggemar menyertakan screenshot bukti transfer ke lembaga terkait yang nantinya akan menyalurkan bantuan.

Rantai kebaikan ini terus diperpanjang, dan disebutkan berawal dari kepribadian Jimin. Selama bertahun-tahun, sang idol telah turun tangan memberi donasi di berbagai sektor. Musim dingin lalu, ia kedapatan mengganti meja dan kursi SMA dan berdonasi bagi pelajar berpendapatan rendah.

Infografis Dahsyatnya Ledakan di Beirut Lebanon
Perbesar
Infografis Dahsyatnya Ledakan di Beirut Lebanon (Liputan6.com/Triyasni)
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓