Gaun Pengantin Putri Beatrice Bakal Dipajang di Kastil Windsor

Oleh Putu Elmira pada 08 Sep 2020, 11:01 WIB
Diperbarui 08 Sep 2020, 17:10 WIB
Putri Beatrice
Perbesar
Penyebab Putri Beatrice dianggap melanggar aturan kerajaan. (Foto: Instagram/ Kensingtonroyalss).

Liputan6.com, Jakarta - Para penggemar kerajaan bakal memiliki kesempatan untuk melihat lebih dekat gaun-gaun istimewa akhir September ini. Salah satunya adalah gaun pengantin yang dikenakan Putri Beatrice ketika mengikat janji suci dengan Edoardo Mapelli Mozzi pada 17 Juli 2020 lalu.

Seperti yang diketahui, Putri Beatrice menikah dan tampil dalam balutan gaun pengantin yang dipinjamkan sang nenek, Ratu Elizabeth II. Dilansir dari laman People, Selasa (8/9/2020), gaun tersebut akan dipamerkan di Kastil Windsor pada 24 September mendatang, demikian istana mengumumkan pada Senin, 7 September 2020.

Putri Beatrice meminjam kepada Ratu Elizabeth II gaun era 60-an yang dirancang oleh Norman Hartnell ketika ia menata ulang pernikahannya di tengah masa pandemi corona Covid-19. Awalnya, pernikahan bakal dilaksanakan pada Mei lalu.

Kebaktian pada Juli lalu berlangsung hanya beberapa meter dari rumah keluarga Putri Beatrice di Royal Lodge, Windsor Great Park. Prosesi pernikahan ini dilakukan secara privat karena pandemi dan hanya sedikit tamu yang hadir.

Gaun pengantin itu jadi isyarat menyentuh dari Ratu Elizabeth II untuk Beatrice. Momen ini sekaligus jadi tanda cinta Ratu yang begitu mendalam pada sang cucu di hari bahagianya. Kedua pengantin dan ibunda mereka, termasuk Sarah Ferguson, hanya memiliki waktu sekitar dua minggu untuk menyelesaikan acara pernikahan.

Sementara, Beatrice mengikuti saudaranya, Putri Eugenie yang memamerkan gaunnya ke publik. Gaun pengantin Eugenie dipajang di Kastil Windsor (seperti milik Meghan Markle) sekitar empat bulan setelah pernikahannya pada Oktober 2018.

Gaun pengantin Beatrice terbuat dari ivory peau de soie taffeta dengan rok yang di-trim dengan satin duchesse ivory. Gaun ini dikatakan oleh Royal Collection sebagai contoh dari "siluet crinoline khas Hartnell dan kecintaan pada perhiasan.

Hal tersebut seperti terlihat pada sulaman tangan geometris dalam kristal dan diamantés di atas korset, pinggang dan pinggul. Ini diperbarui untuk Putri Beatrice oleh personal assistant and dresser Ratu, Angela Kelly, dan couturier Stewart Parvin.

2 dari 3 halaman

Dipinjamkan Ratu Elizabeth

Acara pernikahan Putri Beatrice dan Edoardo Mapelli Mozzi digelar di Royal Chapel of All Saints di Royal Lodge, Windsor, Inggris, Sabtu (18/7/2020). (Photo: Benjamin Wheeler/Royal Communications of Princess Beatrice and Edoardo Mapelli Mozzi via AP)
Perbesar
Acara pernikahan Putri Beatrice dan Edoardo Mapelli Mozzi digelar di Royal Chapel of All Saints di Royal Lodge, Windsor, Inggris, Sabtu (18/7/2020). (Photo: Benjamin Wheeler/Royal Communications of Princess Beatrice and Edoardo Mapelli Mozzi via AP)

The Royal Collection, yang bertanggung jawab atas pameran ini, menjelaskan bahwa siluet full-skirted "dilembutkan untuk memberikan bentuk yang lebih kontemporer dan disederhanakan, dan rok dalam serta petticoat dibuat ulang dan diikat dengan tulle sutra".

Lengan pendek dari triple organza ditambahkan ke tali pengikat dan disulam dengan diameter vintage agar sesuai dengan desain bordir Hartnell yang asli. Setiap perubahan yang dilakukan pada gaun itu dapat dibalik.

Sepatu pernikahan Valentino Beatrice dan replika buket pengantinnya juga akan ditampilkan. Ratu pertama kali mengenakan gaun taffeta untuk makan malam kenegaraan di Kedutaan Besar Inggris di Roma selama Kunjungan Kenegaraan pada 1961.

Ratu memakainya lagi untuk pemutaran perdana film Lawrence of Arabia di London pada tahun 1962 dan untuk Pembukaan Parlemen Negara pada 1966. Pertunjukan pernikahan berlangsung dari 24 September--22 November 2020 dan tiket harus dipesan sebelumnya.

 
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker
Perbesar
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓