Sukses

Tips Hindari Overwork Saat Kerja di Rumah

Saat produktivitas mencapai puncaknya, kamu bahkan bisa menuntaskan banyak deadline.

Liputan6.com, Jakarta – Saat PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dimulai rasanya sulit untuk bekerja di rumah. Kini kita mulai terbiasa dan mulai menemukan pola dan metode kerja yang sesuai. Bahkan banyak dari kamu mungkin juga merasa lebih nyaman work from home.

Saking nyamannya sampai lupa waktu. Kerja keras boleh, tapi jangan sampai overwork juga. Menurut studi yang dilakukan Stanford University 2014, orang yang bekerja hingga 75 jam per minggu hasilnya bakalan sama dengan orang yang kerja 56 jam per minggu. Is it worth it?

Faktanya, overwork tidak bikin produktif, malah buang-buang tenaga dan waktu. Supaya kerja lebih efisien, berikut tips yang bisa kamu coba saat bekerja di rumah.

Tentukan jam produktif

Mungkin terdengar tricky. Tapi setiap orang punya waktu produktif yang berbeda-beda. Kamu pasti paham kapan waktu-waktu paling produktif diri sendiri.

Dengan mengikuti jadwal berdasarkan waktu produktif ini, kamu bisa lebih efektif menyelesaikan pekerjaan. Saat produktivitas mencapai puncaknya, kamu bahkan bisa menuntaskan banyak deadline.

Kamu juga bisa membuat jadwal kerja sesuai jam kantor biasa. Buat to do list dan pasang alarm supaya kamu terlatih untuk disiplin.

Jangan lupa team work

Saat ada pekerjaan atau project yang dikerjakan bersama rekan tim, pastikan ada pembagian yang jelas dan adil. Pembagian tugas yang jelas akan membuat kerja lebih efektif dan efisien sehingga kamu terhindari dari lembur.

Kalau ada project, tentukan waktu untuk meeting dan pembagian tugas. Pastikan kamu juga memahami job desk dan instruksi sejelas-jelasnya.

Alokasikan waktu untuk chill

Kalau sudah mengatur waktu untuk kerjaan berikut jam istirahatnya, kamu harus disiplin. Saat jamnya istirahat, kamu sebaiknya berhenti dan rileks sejenak. Lakukan kegiatan lain untuk recharge tenaga dan semangat kerja.

Streaming series favorit, misalkan. Nggak ada salahnya memisahkan gadget urusan kantor dan pribadi. Hal ini baik supaya kamu nggak mudah terdistraksi saat mengerjakan salah satunya.

Chill sambil nonton series, enaknya pakai speaker JBL. Produk speaker dari JBL sangat beragam dan biasanya produk-produk JBL memiliki desain yang sangat unik dan berwarna.

Speaker JBL menghadirkan fitur koneksi wireless untuk beragam jenis perangkat. Dengan adanya fitur koneksi wireless ini maka lebih mudah bagi anda untuk menggunakan speaker dalam kondisi apapun dimanapun juga.

Bikin mini project

Ini gunakan waktu rileks, sambil santai kamu bisa kepikiran kegiatan seru lain di luar kerjaan kantor. Sehingga menjalani hari bisa lebih menyenangkan dan bersemangat. Nggak melulu fokus deadline kerjaan.

Entah itu berkebun, memasak, berolahraga, pokoknya sesuatu yang positif dan bisa kamu kerjakan selama di rumah. Abadikan kegiatan atau mini project-mu dengan smartphone Vivo. Mau pakai kamera belakang atau selfie, Vivo nggak pernah main-main soal kualitas kamera.

Nggak mau ribet editing video di laptop, smartphone Vivo juga bisa dipakai buat edit konten foto atau video untuk media sosial. Karena dilengkapi spesifikasi mumpuni, baterai besar, dan teknologi fast charging untuk dokumentasi project seru di rumah.

Demi menghindari overwork, penggunaan waktu harus lebih efektif dan efisien selama kerja di rumah. Sebisa mungkin kamu menghindari aktivitas nirfaedah yang tak ada hubungannya sama kerjaan. Kalau ingin belanja gadget, beli online saja.

Sambil makan siang atau menikmati waktu senggang, kamu bisa pantengin event online Erafone Fair. Erafone juga berkomitmen menjual produk bergaransi resmi, jaminan keamanan, dan pengalaman extraordinary dalam belanja online. Karena saat berbelanja kamu bisa dapet informasi produk yang kamu mau lewat diskusi dan product knowledge.

Ada 3 Shopping Option yang bisa dipilih saat belanja di Erafone. Belanja online dengan pengiriman reguler lewat JNE atau langsung dikirim kurir instan dari store terdekat dengan EraXPress.

Kamu juga bisa belanja online dan langsung ambil barangnya di toko terdekat dengan layanan ClickNPickup. Erafone juga g menawarkan pilihan belanja dengan pemesanan melalui nomor WA resmi Erafone. Info lebih lanjut, cek instagram @erafonestores.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini