Punya Banyak Barang Tak Terpakai? Donasi Jadi Solusi Mudah dan Bermanfaat

Oleh Henry pada 07 Sep 2020, 22:02 WIB
Diperbarui 07 Sep 2020, 22:02 WIB
Donasi Jadi Solusi Mudah dan Bermanfaat Punya Banyak Barang Tak Terpakai
Perbesar
Donasi Jadi Solusi Mudah dan Bermanfaat Punya Banyak Barang Tak Terpakai. (dok.Instagram @sedekahbarangberkualitas/https://www.instagram.com/p/CCDZFPAAnXX/Henry)

Liputan6.com, Jakarta -  Akibat pandemi corona Covid-19, kita mungkin lebih banyak berada di rumah. Momen ini bisa digunakan untuk membersihkan rumah termasuk membereskan dan menyortir barang-barang yang sudah jarang atau tidak terpakai lagi.

Semangat membersihkan barang-barang di rumah agar terlihat lebih rapi mungkin akan timbul di saat ini karena rasa jenuh yang melanda. Tak jarang, ketika sedang membersihkan sesuatu tempat Anda akan menemukan barang yang sudah lama tak terpakai namun masih layak untuk digunakan.

Anda mungkin saja Anda bingung apakah barang tersebut harus kembali disimpan atau lebih baik dibuang begitu saja. Tapi sebelum Anda berpikir untuk membuangnya, akan lebih baik lagi jika barang Anda yang sudah tak terpakai namun masih bisa digunakan itu disalurkan atau didonasikan kepada mereka yang lebih membutuhkan.

Kini sudah banyak tempat donasi barang yang bersedia menampung barang layak pakai Anda. Nantinya, barang-barang tersebut akan didistribusikan ke pihak lain yang membutuhkan.

Contohnya adalah 'Sedekah Barang Berkualitas' yang merupakan salah satu bentuk unit usaha dari Yayasan Amal Khair Yasmin, lembaga yang membangun berbagai unit usaha dengan tujuan memperoleh keuntungan untuk membiayai program-program sosial. Yayasan yang berdiri sejak 1998 itu didirikan oleh Haidar Bagir, Rahmad Riyadi, Zaim Saidi dan Yayasan Penerbit Mizan di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan.

Mereka mempunyai visi Social Enterprise yaitu untuk pengembangan model pendidikan gratis berkualitas. Di 'Sedekah Barang Berkualitas', Anda bisa mendonasikan apa pun barang yang tak terpakai di rumah.

"Kami menerima donasi pakaian layak pakai, sepatu, buku, furnitur, barang elektronik, mainan anak, kendaraan, dan sebagainya. Donasi bisa dikirim via jasa ekspedisi, ojek online dan jika donasi banyak bisa kami jemput," terang Icha, selaku admin dari program Sedekah Barang Berkualitas, dalam pesan elektronik pada Liputan6.com, Senin (7/9/2020).

2 dari 3 halaman

Menyumbang itu Mudah

Donasi Jadi Solusi Mudah dan Bermanfaat Punya Banyak Barang Tak Terpakai
Perbesar
Donasi Jadi Solusi Mudah dan Bermanfaat Punya Banyak Barang Tak Terpakai. (dok.Instagram @sedekahbarangberkualitas/https://www.instagram.com/p/CEThpD4g0MQ/Henry)

"Biasanya kita meminta foto barang donasi dan menanyakan kondisi barang yang akan disumbangkan. Untuk penerimaan pakaian, sepatu, tas, mainan, barang pecah belah kami terima yang masih layak pakai. Tapi untuk barang elektronik jika rusak namun masih memiliki nilai jual bisa kami terima," lanjut mereka.

Barang-barang tersebut nantinya akan dijual kembali di toko Barbeku (Barang bekas berkualitas) Yasmin. Hasil penjualannya digunakan untuk membiayai pendidikan gratis untuk anak yatim dan duafa. Paradigma yang berusaha mereka kembangkan adalah menyumbang itu mudah, dan tidak hanya dengan uang tetapi juga bisa dalam bentuk barang.

Kegiatan serta penerimaan hasil donasi barang-barang bekas bisa dipantau di akun Instagram @sedekahbarangberkualitas. Jika Anda berminat untuk mendonasikan barang-barang bekas yang masih bisa dipakai bisa menghubungi nomor telepon 021-7490932 atau nomor WhatsApp 0812-1159-4700 dan laman nyaman.id.

Barang-barang milik Anda pun dapat dikirim langsung ke toko Barbeku Yasmin atau Yayasan Amal Khair Yasmin di Jl. Purnawarman Blok A No.37 RT 005 RW 16 Bukit Cirendeu Kelurahan Pisangan, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten. 15419.

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker
Perbesar
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓