Sukses

Burger Tak Membusuk Meski Disimpan Lebih dari 20 Tahun, Apa Tanggapan McDonalds?

Dalam video TikTok, seorang perempuan pamerkan burger dan kentang goreng yang tak busuk, meski disimpan selama 20 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang nenek menyimpanan makanan McDonalds sejak 1996 menjadi viral di TikTok. Nenek tersebut memperlihatkan bagaimana makanan tersebut tak membusuk.

Pengguna TikTok @aly.sherb merekam neneknya membuka kantong berisi kentang goreng dan burger dari makanan cepat saji, yang dibeli lebih dari 20 tahun. Makanan yang disimpan dalam kantong aslinya kemudian dibungkus lagi dalam kotak sepatu itu terlihat seperti baru, dilansir dari Metro, Rabu, 2 September 2020.

Dalam klip tersebut, nenek Aly mengeluarkan barang-barang itu dan menunjukkan kemasan Nascar 1996. Uniknya, kotak tersebut tidak ada jamurnya.

Kata sang nenek, burgernya masih utuh setelah disimpan sekian lama. Namun, nenek tersebut tak mengungkapkan apa yang membuatnya menyimpan makanan itu, tapi mengatakan burgernya tetap dalam kotak di lemari sejak sebelum Aly lahir.

Sambil memegang keripik, nenek berkata. "Kentang gorengnya sepertinya mungkin jatuh ke bawah kursi Anda sebulan yang lalu yang tidak pernah membusuk atau rusak," katanya.

Roti burger tak dijamuri, dagingnya tak pernah membusuk, dan bahkan tak pernah hancur. Video TikTok telah ditonton lebih dari empat juta kali, membuat orang terpesona dengan bagaimana makanan tak membusuk selama bertahun-tahun.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respons McDonald's

Tapi ini bukan pertama kalinya makanan McDonald's diawetkan selama bertahun-tahun. David Whipple, seorang pria dari Utah, juga menyimpan burger di rumahnya sejak 1999, meski pada awalnya secara tak sengaja.

Setelah membeli makanan dan meninggalkannya di saku mantel, David lupa tentang burgernya dan tidak memakai mantelnya selama beberapa waktu. Beberapa tahun kemudian, dia melihat burger itu masih ada di dalam kantong dan tak membusuk.

Ia lalu memutuskan untuk menyimpannya di dalam kaleng untuk melihat berapa lama bisa bertahan. Setelah 20 tahun, tak terlihat tanda-tanda makanan itu berjamur, dagingnya pun tampak normal.

McDonald's telah menanggapi klaim selama bertahun-tahun bahwa makanan mereka tak terurai. Dilansir Metro, situs web mereka mengatakan, agar membusuk memerlukan kondisi tertentu, khususnya kelembapan. Tanpa kelembaban yang cukup,  baik di dalam makanan itu sendiri atau lingkungan, bakteri dan jamur mungkin tak tumbuh dan oleh karena itu, tidak mungkin terjadi pembusukan.

"Jadi, jika makanan sudah atau menjadi cukup kering, kecil kemungkinannya tumbuh jamur atau bakteri atau membusuk. Makanan yang disiapkan di rumah yang dibiarkan kering dapat melihat hasil yang serupa," tulisnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.