Sukses

Pengusaha Muda asal Bandung Sukses Berdayakan Masyarakat Desa

Saat ini Nicky membangun ekosistem para pengrajin di lebih dari 40 desa di Pulau Jawa khususnya Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta – Belakangan ini semakin banyak bermunculan pengusaha muda yang mampu menuai sukses di berbagai bidang usaha. Salah satunya adalah Nicky Sonjaya pengusaha muda dari Kota Bandung. Ia menjalankan aktivitas bisnisnya sangat peduli dalam membangun dan mempertahankan ekosistem pengrajin di wilayahnya yaitu di Majalaya Kabupaten Bandung.

Kita semua tahu dampak dari Covid-19 sangat besar terutama pada sektor pelaku usaha kecil atau UMKM termasuk pengrajin yang harus bisa bertahan dengan tetap membuat kerajinan homemade seperti keset anyam, lap pel, cempal dan kerajinan lainnya.

Nicky Sonjaya dengan nama usahanya casiber houseware telah berkontribusi sejak tahun2014 ikut membantu memberdayakan masyarakat memanfaatkan kain sisa dari pabrik untuk menjadi sebuah produk yang bernilai jual tinggi dengan memilih warna dasar yang cerah hingga bahan yang menyerap.

Dengan begitu, para pengrajin masih bisa bertahan dalam menghadapi Covid-19, sampai saat ini Nicky membangun ekosistem para pengrajin di lebih dari 40 desa di Pulau Jawa khususnya Jawa Barat.

Dengan sistem membantu dalam pengadaan bahan baku dan memberikan edukasi bagaimana cara membuat produk yang bagus,unik dan bernilai, sehingga jika produk tersebut sudah jadi maka Nicky membelinya kembali untuk didistribusikan olehnya.

"Selama ini kendala para pengrajin adalah mereka membuat suatu produk yang asal jadi saja, sehingga susah untuk menjualnya. Dengan adanya edukasi dan arahan, maka saat ini mereka sudah tidak ada lagi permasalahan dalam pengadaan bahan baku ataupun penjualannya, sehingga bisa bertahan di tengah Covid-19," papar Nicky dalam keterangan tertulisnya.

Dalam mendistribusikan produk-produk kerajinan tersebut Nicky Sonjaya menggabungkannyadengan produk serbet yang diproduksi sendiri olehnya agar terbentuk sebuah diversifikasi produk yang beraneka ragam sehingga membuat pembeli senang karena banyak pilihanya.

Dan hasil dari perjalanan kerja keras tersebut sampai saat ini produk produknya nya sudahterdistribusi keberbagai Wilayah di Indonesia dan Asia.Selain itu Nicky Sonjaya juga aktif di sebuah Organisasi sebagai Pengurus Cabang HIPMI Kota Bandung.

Bukan itu saja, Nicky Sonjaya juga sering berbagi pengalamannya di media sosial. Seperti di akun Instagramnya yaitu @nickysonjaya. Ia berpesan kepada para pelaku usaha bahwa sebagai pengusaha kita harus mempunyai mental yang kuat, tetaplah bergerak dan jangan pernah berhenti dengan kondisi apapun.

“Karena disetiap kejadian seperti Covid-19 ini pasti ada makna dan hikmah yang sangat bernilai, jadi teruslah bergerak dan tebarlah manfaat sebanyak banyaknya,” tutup Nicky.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.