Sukses

Inovasi Desain Kursi Bioskop yang Diklaim Bisa Cegah Penularan Covid-19

Bentuk kursi bioskop dibuat tanpa celah sehingga tidak ada penumpukan kotoran.

Liputan6.com, Jakarta -  Salah satu tempat hiburan yang belum kunjung dibuka karena dampak pandemi Covid-19 adalah bioskop. Di Indonesia, rencana pembukaan bioskop masih maju-mundur, mengingat terus bertambahnya kasus penularan virus corona baru setiap hari.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah mengkaji membuka kembali operasional bioskop di masa adaptasi kenormalan baru. Dari hasil kajian bersama tim ahli dan Satgas Penanganan Covid-19, potensi penyebaran virus di bioskop relatif lebih kecil karena minim komunikasi dan tempat duduk diatur satu arah.

Di beberapa negara, bioskop sudah kembali buka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sebagai respons, sebuah lembaga berbasis di di London, Inggris, LAYER, telah membuat konsep kursi khusus untuk bioskop.

Tempat duduk ini diklaim bisa mencegah penyebaran Covid-19. Pihak perancang mengatakan telah membuat desain yang diklaim mengikuti perubahan di masa kenormalan baru.

Salah satunya adalah lampu UV di belakang setiap kursi dan bilik yang telah disterilisasi sehingga dapat membunuh virus.

Dilansir dari laman Hypebeast, Rabu, 2 September 2020, jok kursi tersebut terbuat dari kain antibakteri, antijamur, dan antivirus yang disusun dari benang oksida berbahan tembaga.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meja Kecil

Bentuk kursi bioskop ini dibuat tanpa celah, mencegah adanya penumpukan kotoran. Selain itu, desain ini juga memudahkan proses pembersihan kursi.

Layar pelindung semi-transparan ditempatkan di sanderan kepala untuk membuat batasan antara penonton lain. Selain itu, sandaran kursi juga dilengkapi tampilan LED yang dapat menunjukkan nomor kursi untuk menghindari kebingungan penonton.

Perbedaan lain dengan kursi bioskop pada umumnya, tempat menaruh makanan dan minuman tak lagi berada di sandaran tangan. Rancangan baru ini dilengkapi meja kecil di depan kursi untuk menempatkan gelas dan popcorn.

Dengan masih belum meredanya pandemi, bukan tidak mungkin banyak pemilik bioskop tertarik menggunakan kursi model baru ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.