Sukses

Festival Kreatif Lokal 2020, Sinergi Kemenparekraf dan Adira Finance Dukung Ekonomi Kreatif

Festival Kreatif Lokal 2020 digelar guna mendorong pertumbuhan juga meningkatkan daya saing UMKM pelaku ekonomi kreatif.

Liputan6.com, Jakarta - Guna mendorong pertumbuhan juga meningkatkan daya saing pelaku usaha UKM ekonomi kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif turut mendukung gelaran Adira Finance, Festival Kreatif Lokal 2020. Acara ini diharapkan memberi dampak positif pada perekonomian Tanah Air.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Liputan6.com, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio menyebut, kegiatan ini wujud nyata sinergi yang baik antara Kemenparekraf dan pihak swasta. Hal ini dalam upaya membantu meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha ekonomi kreatif.

"Diharapkan dengan kerja sama ini dapat turut mengembangkan potensi ekonomi kreatif sesuai sumber daya khas di masing-masing daerah sehingga dapat menjadi salah satu pembangun struktur perekonomian daerah serta menjadi daya tarik tersendiri dalam kaitannya dengan mengundang wisatawan dalam maupun luar negeri," kata Wishnutama.

Di masa pandemi Covid-19, dikatakan Wishnutama, semua pihak dihadapkan dengan tantangan berat sehingga harus lebih kreatif dalam mencipta peluang. Untuk itu, pemerintah mendukung produk lokal di negeri sendiri.

Bersama dengan banyak kementerian atau lembaga, pemerintah telah menginisiasi gerakan nasional "Bangga Buatan Indonesia". Kemenparekraf jadi yang pertama memulai kampanye itu dengan menghadirkan gerakan #BeliKreatifLokal.

"Dengan transformasi ke digital, pemasaran yang dilakukan UKM akan berjalan lebih cepat dan jangkauannya lebih luas. Sehingga dapat mempercepat perputaran siklus ekonomi, memperbaiki daya beli masyarakat, dan pada akhirnya mendorong kebangkitan ekonomi pascapandemi," kata Wishnutama.

Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli menyebut, pandemi Covid-19 telah berimbas pada sektor usaha. Kondisi ini mendorong untuk bangkit juga berkolaborasi dalam menghadapi kesulitan ekonomi.

"Sejalan dengan visi kami yaitu menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan, #FestivalKreatifLokal adalah wujud kepedulian kami untuk membangun pelaku usaha UKM dan generasi muda agar bersama-sama bangkit membangun perekonomian Indonesia," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sinergi dari Beragam Pihak

Festival Kreatif Lokal 2020 adalah salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka ulang tahun Adira Finance ke-30, meliputi dua program acara yaitu Kreatif Lokal Award dan Konser Kreatif Lokal. Kreatif Lokal Award merupakan apresiasi nyata Adira Finance bagi individu pelaku wirausaha yang telah menunjukkan prestasi kinerja mengagumkan dan memberdayakan masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan kreativitas.

Kreatif Lokal Award merupakan ajang pemilihan calon UKM terbaik yang berasal dari 1000 UKM dari binaan Kemenparekraf RI, konsumen Adira Finance, dan masyarakat umum. Ajang ini mencari 18 brand pemenang dari enam kategori bidang ekonomi kreatif yang dilombakan yaitu Kuliner, Fashion, Kriya, Fotografi, Video, dan Pertunjukan.

Selain model usaha dengan total ratusan juta rupiah, para pemenang akan mendapatkan business coaching, program pendampingan bersama dengan Kemenparekraf RI, lapak online ekslusif di Bukalapak, serta paparan di media mengenai produk dan usaha mereka. Para pelaku UKM kreatif dapat mendaftarkan sebagai peserta dengan mengunjungi microsite Festival Kreatif Lokal 2020 di alamat bit.ly/festivalkreatiflokal.

Pengumuman pemenang Kreatif Lokal Award akan diadakan pada bulan November 2020 bertepatan dengan HUT Adira Finance ke-30. Acara Kreatif Lokal Awarding Night tersebut akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti creative conference dari pembicara ternama, pakar di bidang industri kreatif dan pembicara internasional.

Di penghujung Festival Kreatif Lokal 2020, bakal ada Konser Kreatif Lokal bulan Januari 2021, dengan rangkaian kegiatan terdiri dari Live Streaming event, Online Bazzar mengangkat produk para pemenang award, Online Workshop & Talkshow dengan ikon kreatif sesuai dengan kategori. Ada pula konser amal bersama artis ternama Indonesia untuk menarik donasi bagi pelaku UKM yang terkena dampak pandemi.

Penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2020 turut didukung berbagai pihak, baik dari Pemerintah maupun swasta. Pihak swasta yang turut mendukung Festival Kreatif Lokal 2020, yakni MUFG, Adira Insurance, Adira Finance Syariah, Anteraja, Prasetiya Mulya-ELI dan Daniel Tumiwa selaku Business Growth Facilitator.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.