Sukses

Kereta Wisata Hanamasu Siap Beroperasi di Hokkaido, Tawarkan Tur Sejarah pada Perjalanan Perdana

Kereta wisata Hanamasu itu akan menggantikan sejumlah kereta wisata yang pensiun di Hokkaido.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan kereta api Jepang, Hokkaido Railway Co meluncurkan kereta api ekspres multiguna khusus. Peluncuran kereta api tersebut menandai ulang tahun ke-140 jalur kereta api di pulau utama paling utara di Jepang, Senin, 31 Agustus 2020.

Kereta ekspres Hamanasu, dinamakan sesuai bunga mawar Ramanas, simbol Hokkaido. Kereta tersebut akan berfungsi sebagai kereta wisata, seperti dilansir dari Kyodo News, Selasa, 1 September 2020.

Dengan bagian depan kereta yang dicat dengan warna merah jambu. Gerbong depan kereta terdiri lima gerbong dilengkapi dengan ruang santai, kompartemen pribadi yang dilengkapi dengan meja "kotatsu" berpemanas dengan lantai cekung dan tempat untuk menjual makanan khas setempat.

Empat gerbong lainnya dapat mengangkut hingga sekitar 800 penumpang. Semua kursi dilengkapi dengan soket listrik dan koneksi internet nirkabel tersedia di semua gerbong.

Sebagai bagian dari rencana untuk merayakan peringatan 140 tahun kereta api Hokkaido, gerbong baru akan memulai debutnya pada 17 Oktober 2020. Pada debutnya itu akan ada tur grup bertema sejarah pengangkutan bijih besi dan batu bara dari tambang ke pelabuhan.

"Kami berharap kereta ini akan melayani warga dan penggemarnya sebagai pengingat sejarah perkeretaapian lokal," kata juru bicara kereta api Hokkaido.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hamanasu dan Lavender

Selain sebagai kereta wisata, kereta tersebut akan berfungsi sebagai kereta ekspres reguler dan menawarkan pelayanan khusus. Kereta baru tersebut menggantikan kereta wisata Crystal Express yang dihentikan pada September 2019 dan Kereta Api North Rainbow Express, yang akan pensiun dalam beberapa tahun, dilansir dari Asahi Shimbun, Selasa, 1 September 2020.

Kereta tersebut direnovasi dari beberapa unit diesel ekspres seri 261 yang digunakan untuk Super Tokachi dan layanan lainnya. Dua kereta lima gerbong, yang disebut Hamanasu dan Lavender, diproduksi dengan total perkiraan biaya empat miliar yen atau Rp556 miliar.

Jika Hamanasu akan beroperasi Oktober 2020, Lavender akan memulai perjalanannya sekitar April 2021. Bagi mereka yang berkunjung ke Hokkaido, tentu jadi pengalaman menarik bisa naik Hamanasu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.