Sukses

Pria Jepang Turunkan Berat Badan hingga 71,5 Kg, Tampilan Barunya Sampai Tak Dikenali

Berat badan awal pria Jepang itu mencapai 140 kilogram.

Liputan6.com, Jakarta - Penurunan berat badan bisa menjadi pengalaman hidup yang menakjubkan bagi siapapun yang melewatinya. Segala peluh dan usaha akhirnya berbuah. Hal itu pula yang dialami YouTuber Jepang dengan akun bernama Ruibosu.

Setahun lalu, berat badan pria itu mencapai 140 kilogram. Ia memulai perubahan gaya hidup pada September 2019. Perjalanan 'diet terakhir dalam hidupnya' itu didokumentasikan lewat video selama beberapa bulan ke depan.

Setelah sebelas bulan berlalu, tampilan Ruibosu berubah drastis seiring berat badan yang turun hingga 71,5 kilogram. Berat badannya kini adalah 68,5 kilogram. Persentase lemak tubuhnya juga turun dari 42,9 persen menjadi 18,6 persen saja.

Dalam video yang diunggahnya pada 12 Agustus 2020, Ruibosu memperlihatkan transformasi bentuk tubuhnya. Pipinya yang tembam menghilang, wajah dan badannya sekarang bak model, nyaris tak dikenali.

Menurut SoraNews24, dikutip dari laman AsiaOne, Selasa (1/9/2020), pria Jepang itu berlatih sesuai kondisi tubuhnya, termasuk plank dan sit up. Setelah semakin stabil, ia beralih ke latihan beban dan kickboxing hingga bisa menurunkan berat badan lebih signifikan lagi.

Disiplin Ruibosu terhadap olahraga tak diragukan, termasuk tetap berlatih di musim hujan di atap tempat tinggalnya. Dikombinasikan dengan pengaturan diet, ia berhasil mencapai tujuannya menurunkan berat badan sekitar lima kilogram setiap bulan.

Ruibosu sempat berbagi satu video yang menampilkan menu makanannya untuk 200 hari pertama. Ia menyantap buah-buahan, dan memakan ayam dan nasi hampir setiap hari.

Lewat Twitter, ia membalas cuitan follower-nya yang mengungkapkan bahwa diet yang dijalani bukan tanpa perjuangan. Ia mengakui sulit mengontrol nafsu makannya. "Itu sangat sulit, khususnya pada dua bulan pertama," cuitnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelan-Pelan Saja

Ruibosu mengatakan karena ia terbilang lebih gemuk dari orang normal, ia harus mencapai titik di mana harus menurunkan berat badan. Namun, ia tak menyarankan orang lain untuk berlebihan melakukannya dan menganjurkan menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

Ketekunan dan transformasi yang mengejutkan dipuji banyak warganet. Mereka tercengang melihat pria itu yang berubah seolah menjadi orang berbeda.

Sementara, praktisi kesehatan secara umum menganjurkan agar seseorang yang hendak menurunkan berat badan, mengerjakannya dalam ritme pelan tetapi konsisten. Penurunan berat badan yang direkomendasikan berkisar 0,45kg--0,9kg per minggu. Pasalnya, penelitian menunjukkan mereka yang mengurangi berat badan secara pelan dan teratur, cenderung lebih bisa menjaga berat badan ideal dalam jangka panjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.