Sukses

Sejarah Panjang Cincin Aquamarine Milik Meghan Markle Warisan Putri Diana

Cincin aquamarine itu pertama kali dikenakan Meghan Markle saat resepsi pernikahannya dengan Pangeran Harry.

Liputan6.com, Jakarta - Kisah Meghan Markle maupun Putri Diana selalu menarik perhatian. Utamanya penampilan dari atas sampai bawah, termasuk aksesori yang mereka kenakan, seperti cincin.

Para penggemar kerajaan tentu memperhatikan beragam hal saat Meghan Markle dan Pangeran Harry menikah pada Mei 2018 lalu. Meghan mengenakan cincin biru besar di jari manis tangan kanannya, dilansir dari Express, Senin (31/8/2020).

Melihat itu, mereka segera mengidentifikasikannya sebagai cincin aquamarine dan berlian warisan Putri Diana. Beberapa orang mungkin terkejut melihat Meghan memakainya.

Cincin seharga 100 ribu pound sterling atau Rp1,9 miliar itu memiliki sejarah yang menarik, khususnya terkait dengan perceraian orangtua Pangeran Harry, Putri Diana dan Pangeran Charles.

Alexandra Michell, Gemologist Prestige Pawnbrokers dari Channel 4’s Posh Pawn mengungkapkan bahwa nama Aquamarine adalah terjemahan dari bahasa Latin yang berarti air laut. Itu terlihat dari warnanya yang biru kehijauan yang kuat.

"Cincin itu sudah dikagumi sejak abad ke-2 SM, cocok untuk semua warna kulit, dan mengandung legenda serta takhayul. Aquamarine yang paling dicari berasal dari tambang Santa Maria yang sekarang telah habis di Minas Gerais, Brasil," kata Alexandra.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Koleksi Pribadi Putri Diana

Aquamarine adalah sebuah batu populer dari periode Art Deco, serta tahun 1940-an. Contoh indahnya dapat dilihat dari permata ini dalam semua kemegahannya, dengan potongan-potongan yang dirancang oleh rumah mode terkenal, antara lain seperti Cartier, Faberge, dan Tiffany's. "Saat ini, Aquamarine adalah favorit terkuat di kancah mode musim panas," jelasnya.

Cincin itu bukanlah permata kerajaan, tetapi sepotong koleksi pribadi Putri Diana. Perhiasan itu kemudian diserahkan kepada Pangeran William dan Harry setelah kematian ibu mereka itu.

"Cincin aquamarine yang menakjubkan ini pertama kali muncul di jari Putri Diana pada akhir 1990-an, ketika Putri Diana menugaskan Asprey untuk membuatnya menggunakan batu yang dihadiahkan kepadanya oleh teman baiknya, Lucia Flecha de Lima," lanjut Alexandra.

Putri Diana memilih aquamarine yang cocok dengan gelang aquamarine dan pearl five strand-nya, yang merupakan hadiah dari keluarga kerajaan. Faktanya, aquamarine adalah salah satu permata favorit Ratu Elizabeth II.

"Ketika Putri Diana meninggal dunia, cincin itu diserahkan kepada Pangeran Harry, yang memberikannya kepada Meghan. Dia memakainya untuk resepsi pernikahan mereka pada 2018 sebagai penghormatan terhadap mendiang ibu mertuanya," tutur Alexandra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.