Staycation di Hotel Lebih Nyaman, Jangan Lupa Perhatikan 5 Hal Ini

Oleh Gilar Ramdhani pada 31 Agu 2020, 13:05 WIB
Diperbarui 31 Agu 2020, 13:05 WIB
Staycation
Perbesar
Credit: Shutterstock.

Liputan6.com, Jakarta Di era kenormalan baru, staycation di hotel menjadi alternatif liburan yang ampuh untuk mengatasi kebosanan dan juga kejenuhan. Suasana hotel yang menarik dan kamar tidur yang berbeda bisa mengembalikan lagi mood kamu sekaligus menghibur keluarga tercinta.

Namun untuk memutuskan staycation di hotel, ada beberapa pedoman yang harus kamu ketahui terlebih dahulu dan nantinya benar-benar dipraktekkan.

Berikut ini beberapa pedoman saat staycation di hotel untuk liburan yang nyaman, aman dan menyenangkan #DiIndonesiaAja.

1. Cara Check-in Hotel

Sesampainya di hotel ikuti protokol kesehatan yang tersedia. Mulai dari penggunaan masker, pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Selalu terapkan jaga jarak apabila sedang dalam antrian melakukan check in. Ketika pihak hotel meminta untuk mengisi formulir, pastikan mengisi data dengan lengkap termasuk terkait deklarasi perjalanan.

Jika saat pengecekan suhu tubuh diatas 37,3 derajat celcius, pihak hotel memiliki protokol untuk meminta kamu segera mencari pertolongan medis dan mendapatkan izin medis sebelum check in di hotel.

2. Cara Memesan Makanan

Beberapa hotel sudah mengijinkan para tamu untuk menikmati makanan di hotel sesuai standar operasional prosedur (SOP) saat kenormalan baru. Taati SOP dengan baik, jaga jarak dengan tamu lain baik kursi, saat mengantri makanan dan mencuci tangan di wastafel. Meskipun pihak hotel selalu menjaga peralatan makan, tak ada salahnya lagi, kamu kembali memberikan dengan tisu maupun kain lap yang tersedia.   Meski restoran hotel sudah dibuka normal, kamu tetap bisa memesan makanan untuk disantap di dalam kamar hotel. Cara ini tentu lebih bebas dan nyaman. Piring-piring bekas makanan bisa kamu letakkan di depan pintu kamar dan menghubungi pihak cleaning service untuk segera dibereskan.

3. Ekstra Menjaga Kebersihan

Suasana baru, perlengkapan baru dan pemandangan baru dari hotel memang ampuh untuk membuat pikiran dan tubuh ini lebih santai. Tapi jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan pribadi.

Tetap lengkapi diri dengan membawa masker, hand sanitizer dan selalu jaga jarak ketika keluar dari kamar hotel. Saat masuk kembali ke dalam kamar, jangan lupa untuk cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir.

2 dari 2 halaman

4. Fasilitas Umum Hotel

Staycation
Perbesar
Credit: Shutterstock.

Sama seperti restoran, beberapa hotel yang telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat telah membuka kembali fasilitas umum hotel seperti kolam renang atau gym. Pada fasilitas ini pihak hotel menetapkan batasan jumlah tamu yang diperkenankan berada dalam lingkungan kolam renang maupun tempat gym. Jadi, kamu harus sabar-sabar menunggu dan mengikuti aturan jika memang sedang tidak diperbolehkan masuk.

Jika kamu untuk sekadar nyaman berendam, alternatif lain bisa memesan kamar dengan fasilitas bathtub atau mungkin sekalian pesan villa dengan private pool. Itu tentu lebih nyaman dan menyenangkan.

5. Layanan Transportasi

Jika kamu harus banget keluar kamar dan hotel untuk keperluan tertentu seperti jalan-jalan, pergi ke minimarket, ATM maupun tujuan lain dengan transportasi pastikan untuk tidak lalai dengan protokol kesehatan. Karena menjaga kesehatan pribadi sama dengan menjaga kesehatan orang lain, begitu juga sebaliknya.

Untuk staycation di hotel pastikan juga membawa tambahan masker untuk cadangan, hand sanitizer sendiri hingga mungkin bawa face shield.

Kalau sudah paham dengan pedoman di atas, Yuk tentukan tanggal staycation dan booking hotelnya sekarang. Setelah itu jangan lupa list destinasi atau landmark-landmark yang bisa  dikunjungi supaya staycation semakin berkesan.

Beberapa tempat wisata di Ibukota Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Banyuwangi, Bali dan kota-kota lain sudah mulai dibuka kembali. Tentu saja seluruh tempat wisata yang buka ini tetap harus mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Buat kamu yang di DKI Jakarta bisa berkunjung ke kawasan Kota Tua, Ancol, dan Taman Mini Indonesia Indah. Untuk daerah Bandung dan sekitarnya, bisa mengunjungi Farm House Lembang, The Great Asia Africa hingga Ranca Upas.

Untuk kamu di wilayah Jawa Timur dapat berkunjung ke Jatim Park, Taman Safari Prigen, Museum Angkut, Gunung Bromo hingga Taman Wisata Kawah Ijen. Sementara untuk yang di Bali bisa kembali menikmati suasana pantai Kuta, Garuda Wisnu Kencana, Tanah Lot, Danau Beratan hingga Taman Jinja.

Kalau sudah lihat destinasi di atas, pasti kamu sudah gak sabar ingin segera liburan staycation dan jalan-jalan. Kamu yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Semua yang indah dan menarik ada di Indonesia. Berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Untuk inspirasi staycation, liburan dan jalan-jalan lainnya, kamu juga bisa kunjungi juga link ini.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaSaja!

Lanjutkan Membaca ↓