Ini Lokasi Wisata Alam #DiIndonesiaAja yang Patut Kamu Kunjungi Usai Pandemi

Oleh Reza pada 27 Agu 2020, 10:00 WIB
Diperbarui 27 Agu 2020, 10:00 WIB
Raja Ampat
Perbesar
Raja Ampat

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang enggak mau traveling usai pandemi ini? Selain demi menyenangkan hasrat, traveling bisa membuat kita fresh kembali dan siap kembali beraktivitas.

Tidak usah ke luar negeri, cukup  #DiIndonesiaAja karena negeri kita ini punya segalanya. Mau traveling ke gunung, pantai dan laut, Indonesia memiliki beragam wisata alam yang eksotis.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa wisata alam yang patut kamu kunjungi usai pandemi.

Kawah Ijen

Kawah Ijen atau biasa dikenal dengan fenomenanya blue fire bisa menjadi salah satu tujuan kamu usai pandemi. Pemandangan yang indah dan udara yang sejuk menjadi salah satu penarik banyak orang mengunjungi tempat ini.

Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Ingat film Laskar Pelangi? Salah satu adegan memperlihatkan keindahan pantai Tanjung Tinggi. Pantai Tanjung tinggi diapit oleh dua semenanjung, yaitu tanjung Kelayang dan tanjung Pendam. Keistimewaan dari pantai berpasir putih ini adalah ratusan batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung dan juga di laut di depan pantai.

Bromo

Siapa yang tak kenal dengan Gunung Bromo. Keindahan landscape gunung tersebut serta pada pasir yang luas menjadi keindahan alam khas pegunungan. Kamu bisa melihat perbukitan yang menghijau dengan rumput savana, atau mengelilingi lautan pasir, hingga menikmati  dari puncak gunung yang menakjubkan.

Baluransunrise

Taman Nasional Baluran memiliki kekayaan fauna yang dikelompokkan ke dalam beberapa ordo, yaitu mamalia 28 jenis, aves 189 jenis, selain juga terdapat pisces, dan beberapa binatang yang masuk dalam ordo reptilia. Dari beberapa jenis binatang yang diketahui, 47 di antaranya merupakan binatang langka yang dilindungi undang-undang.

Pantai Nihiwatu, Sumba

Sumba menjadi destinasi favorit bagi wisatawan 2 tahun terakhir ini. salah satu pantai yang menarik perhatian adalah Pantai Nihiwatu. Pantai ini masuk dalam 17 besar World’s 100 Best Beaches In The World oleh CNN pada 2016 lalu. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih, air super jernih, dan panorama matahari terbenam yang cantik.

2 dari 2 halaman

Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Taman Nasional Wakatobi berada pada wilayah "Coral Triangle" atau wilayah segitiga terumbu karang, yaitu wilayah yang memiliki keanekaragaman terumbu karang dan keanekaragaman hayati laut lainnya tertinggi di dunia. Wakatobi memiliki 750 dari total 850 spesies koral yang ada di dunia.

Bunaken, Sulawesi Utara

Taman Nasional Bunaken termasuk dalam International Heritage yang menjadi favorit para penyelam. Bunaken terkenal dengan underwater great walls atau biasa disebut hanging walls yang merupakan dinding-dinding karang besar berbentuk vertikal dan melengkung ke atas.

Rinjani

Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat merupakan gunung favorit bagi pendaki karena keindahan pemandangannya. Salah satu daya tarik terbesar Rinjani adalah Danau Segara Anak dengan warna biru lautnya.

Pantai Pink, Komodo

Selama pandemi mungkin pantai ini menjadi salah satu bucket list wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Pantai yang berada di cekungan bagian selatan Pulau Komodo memiliki warna pink di pantai ini berasal dari batuan koral yang hancur di lautan.

Raja Ampat, Papua

Raja Ampat sangat dipuji para traveler dunia, bahkan keindahannya pun diungkapkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo beberapa waktu lalu. Raja Ampat merupakan rumah bagi 540 jenis karang, lebih dari 1.000 jenis ikan karang dan 700 jenis moluska. Keindahan perbukitan dan laut yang luas membuat siapa takjub akan pemandangannya.

Nah, kalau sudah begitu, kamu tinggal pilih destinasi wisata mana yang akan kamu kunjungi. Ingat, di masa adaptasi kebiasaan baru tetap jaga protokol kesehatan selama menjelajah destinasi wisata yang akan kamu kunjungi.

Biar kamu dapat referensi, cek informasi lebih lanjut di link ini.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Lepas Gengsi, Jemput Rezeki