Ramaikan Akhir Pekan, Teater Keliling Gelar Drama Musikal Virtual Putri Mandalika

Oleh Dinny Mutiah pada 26 Agu 2020, 22:02 WIB
Diperbarui 26 Agu 2020, 22:02 WIB
Festival Pesona Bau Nyale 2020 di Lombok
Perbesar
Festival Pesona Bau Nyale 2020 di Lombok . foto: dok. Kemenparekraf

Liputan6.com, Jakarta - Masa adaptasi kebiasaan baru memaksa pekerja seni agar lebih kreatif dalam berkarya. Berangkat dari momen tersebut, Teater Keliling Indonesia bakal menggelar drama musikal virtual berjudul Putri Mandalika.

Putri Mandalika merupakan cerita rakyat dari Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Tokoh utama itu dikisahkan sebagai seorang putri kerajaan yang dicintai seluruh rakyatnya. Bukan hanya karena paras yang cantik, ia juga berhati lembut dan tidak egois. 

Satu waktu, Putri Mandalika harus memilih satu pangeran di antara ribuan pangeran yang ingin menikahinya. Pilihan ini menjadi tanggung jawab besar yang harus dihadapi sang putri karena akan berdampak pada orang lain.

Akhirnya, ia memutuskan untuk memberikan dirinya bagi semua orang karena tidak ingin merugikan orang banyak. Ia pun berubah wujud menjadi cacing nyale.

"Kami percaya bahwa pementasan seni teater selalu membawa pesan kemanusiaan, di mana perjalanan manusia penuh warna-warni. Pengorbanan Putri Mandalika ini masih dirayakan tiap tahunnya di pantai daerah Lombok pada Festival Bau Nyale. Hal ini menjadi daya tarik untuk kita nikmati bersama di pementasan Putri Mandalika," ungkap Dolfry Inda Suri dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Senin, 24 Agustus 2020.

Pementasan karya Dolfry Inda Suri dan Aldiansyah FA, serta disutradarai Rudolf Puspa, itu akan berlangsung pada Sabtu, 29 Agustus 2020, pukul 16.00 WIB. Pertunjukan itu bisa disaksikan penonton secara live streaming melalui kanal Youtube Indonesia Folk Tales (http://tiny.cc/IDFolkTalesShow).

2 dari 3 halaman

Hiburan Rakyat

Ramaikan Akhir Pekan, Teater Keliling Gelar Drama Musikal Putri Mandalika
Perbesar
Poster drama musikal Putri Mandalika. (dok. Instagram @id.folktales/ https://www.instagram.com/p/CEQz3ISgVVv/?igshid=hp3hjq00tbvh/Brigitta Valencia Bellion)

Pementasan yang memanfaatkan teknologi green screen itu dapat disaksikan sebagai hiburan akhir pekan keluarga dari rumah atau di mana pun Anda berada. Pementasan itu hasil kolaborasi Teater Keliling dengan Detail Initiative EO dan Visual Rangers, serta didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Tak hanya membangkitkan kembali cerita rakyat dengan nilai budaya yang kental, pementasan ini juga akan menampilkan keindahan alam Lombok, tempat cerita itu berasal. Detail Initiative EO dalam unggahan akun Instagram @id.folktales menyampaikan nilai budaya dan pendidikan dalam drama musikal Putri Mandalika diharapkan berdampak baik bagi anak-anak Indonesia saat ini yang jarang terpapar cerita rakyat.

Detail Inisiative menyebutkan alasan lain diadakannya pementasan virtual ini adalah sebagai bentuk hiburan rakyat di masa pandemi. "Kami berharap keluarga di Indonesia bisa mendapatkan hiburan tanpa harus keluar rumah," tulis akun @id.folktales, Selasa, 25 Agustus 2020. (Brigitta Valencia Bellion)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓