Sukses

Suka Gowes? Simak Sederet Tips Bersepeda di Masa Pandemi

Menjaga jarak hingga mengenakan masker saat bersepeda menjadi cara untuk pencegahan transmisi corona.

Liputan6.com, Jakarta - Popularitas bersepeda seketika melesat kala masa pandemi corona Covid-19 melanda Tanah Air. Tak memandang usia, dari anak-anak muda hingga mereka yang berusia lanjut pun mantap gowes dengan beragam jenis sepeda.

Terkait fenomena tersebut, experienced cyclist Chaidir Akbar menyampaikan, masa pandemi mengajarkan banyak orang untuk memiliki kesadaran lebih terhadap pentingnya kesehatan. Terkhusus pada apa saja hal yang membuat imunitas tubuh lebih baik lagi.

"Salah satunya sepedaan ini. Sepedaan adalah olahraga yang jika dilakukan low dan medium-intensity, maka akan memberikan hal-hal tersebut, sehingga imunitas kita lebih jadi lebih baik," kata Chaidir dalam bincang daring PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride, Senin, 24 Agustus 2020.

Masa pandemi membuat beragam hal menjadi berubah, terlebih pada poin soal menjaga kesehatan dan kebersihan diri juga lingkungan. Untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru ini, maka tidak kalah penting pula penerapan beberapa hal saat akan bersepeda.

Dikatakan Chaidir, yang pasti di masa pandemi bersepeda memang berbeda dari masa normal. Mengingat kini telah banyak panduan yang dikeluarkan oleh lembaga-lembaga tertentu.

"Termasuk dari termasuk dari Pemerintah Daerah DKI. Yang pertama selalu menjaga jarak dengan orang lain," jelasnya.

Penting pula ketika bersepeda di luar rumah, perlu untuk diperhatikan bersama siapa saja Anda bersepeda. Hal tersebut juga merujuk jika pesepeda memiliki grup sepeda.

"Kalau misalnya bikin grup sepeda, grup sepedanya yang itu-itu saja jangan gonta-ganti, supaya terisolasi," tambah Chaidir.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pakai Masker hingga Istirahat Cukup

Selain itu, tips bersepeda di masa pandemi lainnya adalah penggunaan masker. "Kalau misalnya kita berhenti sepedaan, ngobrol-ngobrol pakai terus maskernya," lanjutnya.

Salah satu hal penting lainnya yang disampaikan Chaidir adalah menjaga intensitas. "Yang pasti jaga intensitasnya supaya kita sepedaan itu tetap di low-intensity atau maksimal di medium-intensity itu yang akan membuat imunitas kita semakin kuat," kata Chaidir.

"Jangan lupa perhatikan asupan nutrisinya, minumnya, dan istrirahat yang cukup, itu yang suka kita lupa," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.